-->

iklan banner

Penjabaran Fungsi-Fungsi Administrasi Secara Rinci

Secara mendasar, fungsi menajemen itu dibagi menjadi 3, yaitu fungsi Planning, Organizing, dan Directing. Nah, lantaran dalam pelaksanaannya administrasi itu melibatkan banyak sekali proses dan juga banyaknya jenis hal yang perlu dikelola supaya perusahaan tersebut sanggup berjalan dengan optimal untuk mencapai tujuannya, fungsi administrasi yang tiga tadi perlu dijabarkan lagi.

Penjabaran ini dimaksudkan supaya pembagian kiprah dan wewenang menjadi lebih gampang dan jelas. Terkesan ribet dan bertele-tele. Tapi sesungguhnya, semakin rinci fungsi menajemen tadi dijabarkan, pelaksanaannya akan semakin mudah.

Penjabaran Fungsi-fungsi Manajemen

Planning

Berbagai batasan perihal planning dari yang sangat sederhana hingga dengan yang sangat rumit. Misalnya yang sederhana saja merumuskan bahwa perencanaan yaitu penentuan serangkaian tindakan untuk mencapai suatu hasil yang diinginkan. Pembatasan yang terakhir merumuskan perencanaan merupakan penetapan tanggapan kepada enam pertanyaan berikut :

  1. Tindakan apa yang harus dikerjakan?
  2. Apakah sebabnya tindakan itu harus dikerjakan?
  3. Di manakah tindakan itu harus dikerjakan?
  4. Kapankah tindakan itu harus dikerjakan?
  5. Siapakah yang akan mengerjakan tindakan itu?
  6. Bagaimanakah caranya melaksanakan tindakan itu?

Menurut Stoner, Planning yaitu proses memutuskan sasaran dan tindakan yang perlu untuk mencapai sasaran tadi.

Organizing

Organizing (mengorganisasikan) yaitu dua orang atau lebih yang bekerja sama dalam cara yang terstruktur untuk mencapai sasaran spesifik atau sejumlah sasaran.

Leading

Pekerjaan leading mencakup lima acara yaitu:

  • Mengambil keputusan
  • Mengadakan komunikasi semoga ada saling pengertian antara manajer dan bawahan
  • Memberi semangat, inspirasi, dan dorongan kepada bawahan supaya mereka bertindak
  • Memilih orang-orang yang menjadi anggota kelompoknya
  • Memperbaiki pengetahuan dan sikap-sikap bawahan semoga mereka terampil dalam perjuangan mencapai tujuan yang ditetapkan.

Directing/Commanding

Directing atau Commanding yaitu fungsi administrasi yang berafiliasi dengan perjuangan memberi bimbingan, saran, perintah, isyarat kepada bawahan dalam melaksanakan kiprah masing-masing, semoga kiprah sanggup dilaksanakan dengan baik dan benar-benar tertuju pada tujuan yang telah ditetapkan semula.

Motivating

Motivating atau acara kontribusi motivasi merupakan salah satu fungsi administrasi berupa kontribusi inspirasi, semangat dan dorongan kepada bawahan, semoga bawahan melaksanakan acara secara suka rela sesuai apa yang diinginkan oleh atasan.

Coordinating

Coordinating atau pengkoordinasian merupakan salah satu fungsi administrasi untuk melaksanakan banyak sekali acara semoga tidak terjadi kekacauan, percekcokan, kekosongan kegiatan, dengan jalan menghubungkan, menyatukan dan menyelaraskan pekerjaan bawahan sehingga terdapat kolaborasi yang terarahdalam upaya mencapai tujuan organisasi.

Controlling

Controlling atau pengawasan, sering juga disebut pengendalian yaitu salah satu fungsi administrasi yang berupa mengadakan penilaian, jikalau perlu mengadakan koreksi sehingga apa yang dilakukan bawahan sanggup diarahkan ke jalan yang benar dengan maksud dengan tujuan yang telah digariskan semula.

Reporting

Adalah salah satu fungsi administrasi berupa penyampaian perkembangan atau hasil acara atau kontribusi keterangan mengenai segala hal yang bertalian dengan kiprah dan fungsi-fungsi kepada pejabat yang lebih tinggi.

Staffing

Staffing merupakan salah satu fungsi manajemen berupa penyusunan personalia pada suatu organisasi semenjak dari merekrut tenaga kerja, pengembangannya hingga dengan perjuangan semoga setiap tenaga memberi daya guna maksimal kepada organisasi.

Forecasting

Forecasting yaitu meramalkan, memproyreksikan, atau mengadakan taksiran terhadap banyak sekali kemungkinan yang akan terjadi sebelum suatu rancana yang lebih niscaya sanggup dilakukan. sumber: Herugan

Demikianlah penjabaran dari fungsi-fungsi manajemen. Semoga membantu.


Sumber http://dee-belajar.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Penjabaran Fungsi-Fungsi Administrasi Secara Rinci"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel