-->

iklan banner

Penggunaan Serat Polypropylene Untuk Meningkatkan Besar Lengan Berkuasa Tarik Belah Beton

BelajarSipil.com – Bangunan kontruksi yang terdapat di Indonesia pada umumnya memakai beton sebagai materi struktur utama. Hal ini dikarenakan beton mempunyai beberapa sifat yang menguntungkan diantaranya ialah materi baku beton yang gampang didapat, harga relatif murah, gampang dibuat sesuai kebutuhan dan tidak memerlukan biaya yang terlalu mahal untuk perawatannya Disamping mempunyai kelebihan, beton juga mempunyai kekurangan dalam penggunaannya yaitu beton mempunyai sifat yang getas sehingga mudah tidak bisa menahan tegangan tarik. Dalam perancangan struktur beton, tegangan tarik yang timbul jawaban pembebanan dipikul oleh baja tulangan. Masalah lain yang perlu diperhatikan ialah timbulnya retak – retak pada beton jawaban tegangan tarik tersebut.


 Bangunan kontruksi yang terdapat di Indonesia pada umumnya memakai beton sebagai baha Penggunaan Serat Polypropylene Untuk Meningkatkan Kuat Tarik Belah Beton

Beton


Penggunaan serat polypropylene telah terbukti sanggup meningkatkan dan memperbaiki sifat – sifat struktural beton, ( ACI Committee 544, 1982 ) serat polypropylene dapat memperbaiki sifat – sifat beton antara lain : daktilitas yang berafiliasi dengan kemampuan materi untuk menyerap energi, ketahanan terhadap beban kejut, ketahanan terhadap keausan, dan ketahanan terhadap efek susutan ( shrinkage ).


Permasalahan yang sering timbul pada dikala pembuatan beton ialah munculnya tanda-tanda keretakan yang disebabkan oleh tegangan tarik dikarenakan sifat beton yang getas. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui ukuran dan takaran yang optimum serat polypropylene pada adonan beton.


Dari hasil penelitian didapatkan bahwa untuk adonan beton mutu normal dan mutu tinggi mempunyai takaran penambahan polypropylene efektif pada 0,9 Kg/m3. Peningkatan berpengaruh tarik belah yang terjadi pada beton normal sebesar 3,17 % dibandingkan beton tanpa fiber dan pada beton mutu tinggi mengalami peningkatan sebesar 5,76 % dibandingkan beton tanpa fiber.


Untuk lebih jelasnya sanggup d0wnl0ad di sini.



Sumber https://www.belajarsipil.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Penggunaan Serat Polypropylene Untuk Meningkatkan Besar Lengan Berkuasa Tarik Belah Beton"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel