-->

iklan banner

2 Cara Ampuh Besarkan Pengapian Cdi Motor

pengapian berfungsi untuk mengkremasi materi bakar dan udara yang masuk ke ruang kompresi, banyaknya materi bahar yang masuk dengan pegapian yang kecil menciptakan motor kurang bertenaga.

pada dasarnya CDI motor sudah mempunyai batasan tersendiri untuk besar kecilnya pengapian. laba yang didapat untuk besarnya pengapian diantaranya :

  1. tenaga pada motor akan bertambah
  2. umur busi akan lebih panjang
  3. tarikan motor akan semakin ringan
  4. pembakaran pada mesin lebih maksimal

keuntungan diatas akan didapat kalau pasokan materi bahar dan udara seimbang dengan bunga api. dan juga sudah melalukan bore up pada mesin motor. untuk motor yang masih standar bawaan dealer bukan berarti dilarang memcobanya.

beberapa cara untuk memperbesar pengapian diantaranya :

pasang kapasitor pada CDI motor

barang elektronik ini sudah banyak dibuktikan oleh mekanik jadul, memang terdengar menyerupai cara yang jadul. namun bukan berarti usang.

langkah pertama yang harus dipersiapkan yaitu kapasitor 4,7 mF/400 volt. 400 volt disamakan dengan output CDI, makin besarnya kapasitas makin besar juga output nya. harga kapasitor tersebut kisaran 8rb hingga 15rb di toko elektronik.

berikut gambar dan jenis kapasitor polar dan non polar

pengapian berfungsi untuk mengkremasi materi bakar dan udara yang masuk ke ruang kompresi 2 cara ampuh besarkan pengapian cdi motor

- untuk yang atas yaitu jenis kapasitor non-polar atau arus bebas yang sanggup dibolak balik.
-untuk yang bawah yaitu jenis kapasitor polar atau arus searah yang harus memilih kutub aktual dan negatifnya.

cara kerja kapasitor tersebut dengan menyimpan sementara muatan listrik dari cdi, pada ketika dibutuhkan maka akan dilepaskan muatan tegangan kapasitor tadi ke koil.


lihat gambar diatas, cara memasangnya terbilang sangat mudah, cari kabel cdi menuju koil kemudian lepaskan dulu kabel tersebut. sambungkan kaki kapasitor yang negatif ke kabel tadi kemudian yang positifnya disambungkan kabel yang menuju koil. untuk kapasitor yang tidak mempunyai negatif dan aktual sanggup bebas memasangnya. setelah disambung isolasi sambungannya biar tidak terjadi korsleting.

Upgrade bab dalam CDI

untuk yang ini sanggup dibilang tidak mengecewakan rumit alasannya yaitu kita harus membongkar cdi yang sudah di cor dengan resin fiberglass. maka dari itu cara ini harus dikerjakan untuk yang sudah hebat di bidang elektronik.

langkah pertama yang harus dilakukan yaitu mencopot cdi dari motor, setelah di copot bongkar bab dalam cdi nya.


pengapian berfungsi untuk mengkremasi materi bakar dan udara yang masuk ke ruang kompresi 2 cara ampuh besarkan pengapian cdi motor

seperti yang dilihat pada gambar diatas yaitu bab dalam cdi motor, nah lihat yang dilingkari merah pada gambar. itu yaitu trafo pada cdi, silahkan copot memakai solder.

setelah dicopot buka tembaganya dan lihat ukuran tembaga dan arah lilitan pada tembaga biar nanti ketika memasang tidak terjadi kesalan.


sesudah dibuka lilitan tembaganya, cari atau beli tembaga yang sama ukurannya dengan yang tadi tapi beli yang lebih panjang. tembaganya sanggup didapat ditoko elektronik.

mulailah melilit tembaga yang gres dan tambahkan jumlah lilitan tembaga dari sebelumnnya, tambahkan sesuai kebutuhan. seteleh akibat jangan lupa untuk melaksanakan cor dengan resin fiberglass pada bab cdi yang telah dibuka.

lakukan tes pada motor dan lihat jadinya apakah berhasil. setelah berhasil lanjut ke tahap ubah derajat kemiringan busi biar lebih maksimal, mungkin itu saja semoga cara diatas sanggup membantu.
Sumber http://gobengkel.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "2 Cara Ampuh Besarkan Pengapian Cdi Motor"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel