-->

iklan banner

Pengertian Dan Fungsi Karburator Kendaraan

Seperti yang kita semua tau, tugas karburator pada motor itu sangatlah penting sebagai kawasan bercampurnya antara materi bahar dan udara yang nanti akan dimasukan keruang bakar oleh karburator melalui klep in untuk diledakan.

Salah satu aspek yang diharapkan semoga pembakaran didalam mesin sanggup terjadi yakni materi bakar. Proses pemasukan materi bakar dalam hal ini bensin kedalam ruang bakar diatur oleh komponen yang berjulukan karburator.


Pengertian Karburator

Karburator yakni komponen yang berfungsi melaksanakan karburasi bensin kedalam hembusan udara yang akan masuk kedalam ruang bakar.

karburator ini juga tidak sembarang memasukan materi bakar ke ruang bakar tapi juga mengabutkannya. yang mana artinya yakni mencampurkan bensin kedalam sejumlah udara secara homogen, tujuannya proses pengabutan ini supaya molekul bensin sanggup tersebar secara merata pada udara yang terhembus didalam intake manifold.



Prinsip Kerja Karburator

Prinsip kerjanya menyerupai yang kalian ketahui bahwa zat cair ataupun gas akan selalu mengalir ke area dengan tekanan lebih rendah.

Proses yang terjadi didalam karburator pun demikian, bensin sanggup masuk ke intake manifold alasannya tekanan didalam intake manifold lebih kecil dari pada didalam ruang penampung bensin didalam karburator.

Tekanan didalam intake tidaklah lebih rendah, perbedaan tekanan ini terjadi secara alami. Kalau kalian pernah membaca prinsip sayap pesawat terbang maka ini mungkin sanggup dibilang agak sama. yang menyatakan bahwa tekanan udara berkurang, apabila udara tersebut bergerak lebih cepat.

Didalam intake manifold ada udara yang mengalir kedalam ruang silinder mesin dengan kecepatan yang bervariasi (tergantung pembukaan gas). meski didalam ruang penampung bensin itu sama tekanannya dengan tekanan atmosfer, bensin tetap akan keluar.



Komponen karburator dan Fungsi 

 tugas karburator pada motor itu sangatlah penting sebagai kawasan bercampurnya antara baha pengertian dan fungsi karburator kendaraan

  • Mangkok Karburator yang berfungsi menyimpan bensin pada waktu belum digunakan.
  • Klep / Jarum Pelampung yang berfungsi mengatur masuknya bensin kedalam mangkok karburator.
  • Pelampung / float yang berfungsi mengatur semoga tetapnya bahan bakar didalam mangkok karburator.
  • Skep / Katup gas yang berfungsi mengatur banyaknya gas yang masuk kedalam silinder.
  • Main jet / needle jet yang berfungsi memancarkan bensin waktu motor digas besarnya diatur oleh terangkatnya jarum skep.
  • Jet needle yang berfungsi mengatur besarnya semprotan bensin dari main nozzle pada waktu motor di gas.
  • Main jet yang berfungsi memancarkan bensin ketika motor di gas tinggi.
  • Slow jet yang berfungsi memancarkan bensin ketika stasioner.
  • Throttle screw yang berfungsi setelan posisi skep sebelum di gas.
  • Air screw yang berfungsi mengatur banyaknya udara yang akan dicampur dengan bensin.
  • Choke valve yang berfungsi menutup udara luar masuk ke karburator sehingga gas menjadi kaya dipakai ketika start.


Cara menyetel Karbu :

  • Hidupkan dan panaskan  motor kurang lebih 3 menit.
  • Putar setelan gas yang ada dikarburator sampai putaran mesin menengah.
  • Langkah selanjutnya menyetel udara yang ada di bab bawah pada karburator dengan menggunakan alat Obeng (-) kecil.
  • Putar kekanan mentok putaran 360 derajat dan kembalikan kekiri sampai 2 – 3 putaran sampe ke temu putaran mesin yang paling stabil.
  • Kemudian kecilkan kembali setelan gas pada karburator kekiri sampai ditemukan posisi langsam dengan bunyi mesin yang stabil. 

Jenis karburator secara umum, hanya ada dua jenis yaitu ;


1. Tipe fixed venturi

Tipe yang pertama sesuai namanya, mempunyai lebar venturi yang tetap (fixed=tetap). Jenis Karburator ini sering dipakai pada mesin diatas 1000 cc, menyerupai kendaraan beroda empat dan sebagian dipakai juga pada motor.

Tipe fixed venturi, memerlukan sebuah katup gas dibawah venturi untuk mengatur kecepatan pedoman udara yang melewati venturi untuk mengatur RPM mesin.


2. Tipe variable venturi

Merupakan tipe karburator dengan ukuran venturi yang sanggup berubah, berbeda dengan tipe pertama tipe variable venturi ini tidak memakai katup gas. melainkan pengaturan kecepatan pedoman udaranya dilakukan oleh venturi pribadi dan ada satu pemanis komponen lagi berjulukan jarum skep.

Saat posisi mesin tidak digas, maka lebar venturi sangat kecil dan jarum skep karen bentuknya tirus (diameter pangkal lebih besar) otomatis akan menutup jalan masuk pilot jet, sehingga bensin tidak keluar dari pilot jet melainkan dari idle jet.


Untuk kalian yang ingin belajar servis karburator sendiri sanggup baca di sini. Demikian artikel perihal prinsip kerja karburator, semoga sanggup menambah wawasan kita semua.

Sumber http://gobengkel.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian Dan Fungsi Karburator Kendaraan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel