-->

iklan banner

Contoh Soal Osn Ekonomi Sma Tingkat Kabupaten/Kota Dan Pembahasannya Bab 7

Pada artikel serpihan 7 ini pendidikanekonomi.com akan membahas beberapa pola soal OSN Ekonomi Sekolah Menengan Atas dalam Bahasa Inggris, menyerupai halnya pada artikel bagian 6 yang lalu. Beberapa pola soal tersebut kami ambilkan dari “Soal Seleksi Olimpiade Sains Tingkat Kabupaten/Kota 2010 Bidang Ekonomi”.

Kami akan mengambil 2 soal yang berkaitan dengan bahan Permintaan dan Penawaran. Kami akan membahas satu per satu, tiap satu soal eksklusif diikuti dengan pembahasannya. Adapun 2 soal tersebut yaitu sebagai berikut:

Soal Pertama

Pembahasan
Pertanyaan pertama tersebut di atas membahas perihal kurva permintaan, lebih terang lagi perihal pergeseran kurva permintaan. Inti pertanyaan di atas yaitu apa yang menjadikan peningkatan harga dari P0 ke P1?

Kata kunci dari soal di atas terletak pada pergeseran kurva undangan dari D1 ke D2 (bergeser ke kanan) yang pada jadinya menjadikan harga meningkat dari P0 ke P1. Kita tahu bahwa pergeseran kurva undangan disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya yaitu 1) Pendapatan, 2) Harga barang terkait, 3) Selera, 4) Ekspektasi, dan 5) Jumlah Pembeli.

Dari beberapa faktor tersebut yang masuk dalam pilihan balasan yaitu pendapatan (consumer income). Jika pendapatan konsumen meningkat (cetertis paribus) maka akan menjadikan kurva undangan bergeser ke kanan. Dengan demikian, balasan dari soal di atas yaitu (B) Increasing in Consumer’s Income (meningkatnya pendapatan konsumen).


Soal Kedua
The supply and demand of textile materials at Surabaya Show in the function below:
Qd = 180-20P
Qs = -20 + 5P
Based on those two functions, the equilibrium price of textile material in Surabaya is ....
A. 3
B. 5
C. 7
D. 8
E. 10

Pembahasan
Soal kedua berbicara mengenai fungsi undangan dan penawaran. Inti soalnya yaitu harga keseimbangan dari fungsi undangan dan fungsi penawaran tersebut. Harga dilambangkan dengan abjad P, sehingga kita akan mencari besarnya nilai P dari persamaan/formula tersebut.

Seimbang berarti Qs = Qd; kemudian kita aplikasikan pada 2 formula di atas.
Qd = Qs
180 - 20P = -20 + 5P
25P = 200
P = 200/25 = 8
Sehingga balasan dari soal di atas yaitu (D) 8

Demikian pembahasan mengenai pola Soal OSN Ekonomi Sekolah Menengan Atas tingkat Kabupaten/Kota dan Pembahasannya Bagian 7. Semoga sanggup bermanfaat, khususnya bagi siswa atau guru yang sedang membimbing siswa untuk persiapan olimpiade. Tunggu artikel pendidikanekonomi.com di bagian-bagian selanjutnya.

Sumber http://pend-ekonomi.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Contoh Soal Osn Ekonomi Sma Tingkat Kabupaten/Kota Dan Pembahasannya Bab 7"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel