-->

iklan banner

Beasiswa Kuliah Di Luar Negeri [S1/S2/S3]: Daftar Lengkap

Beasiswa kuliah di luar negeri yang ditulis di sini merupakan beasiswa studi yang ditawarkan oleh pemerintah negara tujuan studi kepada mahasiswa dari Indonesia dan pendaftarannya dibuka tiap tahun. Beberapa negara telah menjalin kerjasama bilateral dengan Indonesia di bidang pendidikan. Kerjasama tersebut umumnya berupa pertolongan beasiswa penuh.


Hal ini tentu membuka peluang bagi warga Indonesia yang sedang mencari beasiswa kuliah di luar negeri. Beasiswa dari pemerintah negara tujuan studi bisa menjadi alternatif atau tujuan utama para mencari beasiswa. Beasiswa kuliah di luar negeri yang ditawarkan kadang tak hingga ke indera pendengaran kita, entah saking banyaknya yang beredar atau fokus kita, para pencari beasiswa yang hanya pada aktivitas beasiswa yang ditawarkan oleh pemerintah sendiri.







Postingan blog ini merilis daftar beasiswa kuliah ke luar negeri yang ditawarkan oleh negara daerah tujuan studi. Hanya beberapa negara saja yang ditulis. Di luar itu, ada lebih banyak lagi.


Sebenarnya, peluang mendapat beasiswa dari pemerintah setempat sama dengan peluang pengajuan beasiswa lainnya. Kelebihannya ialah beasiswa dari pemerintah negara tujuan studi biasanya didahului oleh kerjasama bilateral antar kedua negara.


Pelamar musti jeli melihat faktor ini sebagai taktik dalam proses seleksi. Misalnya, Indonesia dan Jerman melaksanakan penguatan kerjasama bidang pendidikan dengan orientasi memproduksi lebih banyak jumlah sarjana yang mempunyai basic ilmu sosial. Maka aktivitas studi yang berkaitan dengan ilmu sosial akan menjadi prioritas.


Mendapat beasiswa kuliah di luar negeri memang menjadi keinginan banyak orang. Membaca daftar beasiswa studi di bawah ini bisa menjadi langkah awal untuk menyusun taktik ke depan dalam rangka menjemput impian. Berikut daftarnya:


Beasiswa kuliah di luar negeri yang ditulis di sini merupakan  Beasiswa Kuliah di Luar Negeri [S1/S2/S3]: Daftar Lengkap


Daftar beberapa beasiswa kuliah di luar negeri


Monbukagakusho, Jepang


Beasiswa Monbukagakusho merupakan beasiswa yang ditawarkan oleh pemerintah Jepang (MEXT) kepada mahasiswa internasional melalui kementrian pendidikan, kebudayaan, olah raga, sains dan teknologi. Beasiswa ini telah dikembangkan semenjak 1954. Hingga ketika ini, pemerintah Jepang menargetkan lebih dari 300.000 mahasiswa internasional melanjutkan pendidikan tinggi di Jepang.


Tipe beasiswa Monbukagakusho sangat beragam. Jenis beasiswa yang biasa ditawarkan ke mahasiswa Indonesia ialah beasiswa dalam bentuk studi tingkat S1 dan S2. Ada pula beasiswa sekolah seorang andal yang mengorientasikan lulusannya untuk siap kerja di dunia industri teknologi. Beasiswa ini merupakan beasiswa penuh. Periode registrasi dibuka tiap tahun, biasanya sebelum pertengahan Mei. Proses pengajuan aplikasi dan seleksi awal dilakukan melalui kedutaan besar Jepang di Indonesia.






DAAD, Jerman


DAAD merupakan beasiswa yang ditawarkan oleh pemerintah Jerman kepada mahasiswa internasional terutama dari negara-negara berkembang termasuk Indonesia. Beasiswa ini mempunyai beberapa aktivitas yang ditawarkan mencakup banyak sekali jenjang level pendidikan tinggi. Pengajuan beasiswa tingkat S1 biasanya tidak bisa dilakukan secara individual, melainkan melalui kampus atau organisasi di Indonesia yang menjalin kerjasama dengan DAAD. Sedangkan beasiswa level pendidikan master ke atas bisa.


Beasiswa DAAD untuk jenjang pendidikan S2 dan yang lebih tinggi termasuk riset post-doktoral diberikan secara penuh. Umumnya, beasiswa ditawarkan kepada mahasiswa Indonesia sepaket dengan aktivitas studi atau tema riset yang spesifik. Tema tersebut bisa berkembang tiap tahun. Proses pengajuan aplikasi beasiswa ini seluruhnya diselenggarakan secara online.


Chevening, Inggris


Chevening ialah aktivitas beasiswa yang ditawarkan oleh pemerintah Inggris untuk studi level master (S2) selama setahun di Inggris. Beasiswa ini merupakan beasiswa penuh. Pelamar mempunyai kebebasan untuk menentukan bidang studi apa yang diminati dan studi di universitas mana di Inggris. Program beasiswa Chevening memberi peluang kepada mahasiswa dari Indonesia untuk menyebarkan kemampuan yang secara profesional dan akademik mumpuni, menyebarkan jejaring global dan membangun korelasi jangka panjang dengan negara Inggris.


Program Chevening dibuka tiap tahun, biasanya pada kisaran Agustus hingga Desember untuk masa studi tahun berikutnya. Kriteria pelamar bisa dibilang persis ibarat beasiswa pada umumnya, yaitu akta bahasa Inggris, ijasah pendidikan sebelumnya, surat rekomendasi, dan pengalaman kerja 2 tahun. Apabila pelamar lolos seleksi berkas, interview akan menjadi tahap terakhir dari proses seleksi. Semua proses seleksi dilakukan secara online.


Fulbright, Amerika Serikat


Fulbright ialah aktivitas beasiswa studi di Amerika untuk mahasiswa internasional yang ditawarkan tiap tahun, termasuk kepada mahasiswa dari Indonesia. Program Fulbright yang ditawarkan ke mahasiswa Indonesia biasanya berupa pertolongan beasiswa penuh atau pertukaran mahasiswa. Mayoritas pelamar beasiswa fulbright ialah mereka yang berencana studi tingkat master (S2) di universitas di Amerika.


Proses seleksi aktivitas beasiswa ini biasanya dibuka hingga sebelum pertengahan Februari. Di Indonesia, forum yang menyelenggarakan seleksi beasiswa ini ialah AMINEF (American Indonesian Exchange Foundation), berkantor di Jakarta. Seleksi berkas memakai hard copy yang dikirim via post ke AMINEF.






Erasmus, Eropa


Beasiswa Erasmus Mundus atau biasa disebut secara singkat Erasmus merupakan aktivitas beasiswa yang diselenggarakan oleh European Union (EU) untuk meningkatkan kualitas pendidikan tinggi melalui pertolongan bea studi dan kerja sama kerjasama akademis antara EU dan negara-negara di dunia termasuk Indonesia.


Tawaran beasiswa Erasmus kepada mahasiswa Indonesia biasanya berupa aktivitas studi atau courses, baik pada level master atau yang lebih tinggi di beberapa universitas di Eropa yang mempunyai joint programmes dengan Erasmus Mundus. Beasiswa diberikan secara penuh kepada peserta yang lolos seleksi. Deadline aplikasi biasanya pada kisaran Januari tiap tahun.


Swedish Institute, Swedia


Swedish Institute merupakan beasiswa yang ditawarkan oleh pemerintah Swedia kepada mahasiswa internasional untuk studi jenjang master di universitas di Swedia. Pelamar bebas menentukan universitas mana di Swedia beserta aktivitas studi apa yang diminati. Proses registrasi biasanya ditutup pada pertengahan Februari untuk periode studi di tahun yang sama.


Prosedur pengajuan beasiswa ini dilakukan secara online. Pelamar menentukan aktivitas studi dan universitas di Swedia yang diminati. Setelah itu, mengajukan beasiswa studi SI. Pengumunan seleksi dari universitas akan diikuti oleh pengumuman dari SI beberapa hari kemudian. Pada tahun 2015 beasiswa SI sempat ditiadakan, namun dibuka kembali ditahun berikutnya diikuti oleh penguatan kerjasama pendidikan antara kemenristekdikti dengan kementrian pendidikan tinggi Swedia.


Australia Awards, Australia


Australia Awards atau disingkat AAS merupakan aktivitas beasiswa internasional yang ditawarkan oleh pemerintah Australia. Kerjasama antara pemerintah Australia dan Indonesia diorientasikan untuk membuat pemimpin Indonesia masa depan melalui pertolongan peluang studi, riset dan pendidikan profesional. Penyelenggaraan AAS di Indonesia dilakukan oleh Coffey, perusahaan Tetra Teknologi di bawah pengawasan pemerintah Australia.


Pengajuan aplikasi beasiswa AAS biasanya dibuka pada kisaran Februari untuk periode studi di tahun yang sama. Proses pengajuan dokumen dilakukan secara online melalui OASIS, layanan aplikasi online untuk penyeleksian dokumen pelamar AAS. Lewat OASIS pelamar juga menentukan di universitas mana di Australia dan aktivitas studi apa yang diminati.






StuNed, Belanda


StuNed ialah aktivitas beasiswa studi di Belanda, dalam bentuk kuliah singkat atau aktivitas studi jenjang master (S2). Beasiswa StuNed yang ditawarkan ke mahasiswa indonesia bertujuan untuk membantu pembangunan Indonesian melalui peningkatan kualitas sumber daya manusia. StuNed merupakan beasiswa penuh yang dibuka pendaftarannya tiap tahun.


Penyelenggaraan seleksi beasiswa StuNed di Indonesia dilakukan oleh Neso Indonesia. Program studi jenjang master di Belanda berlangsung setahun atau dua tahun tergantung kebijakan masing-masing universitas. Pengajuan beasiswa ini dilakukan sesudah pelamar diterima di universitas di Belanda yang dibuktikan dengan Letter of Acceptance. Deadline pengajuan beasiswa biasanya pada kisaran Maret untuk mulai studi pada awal September di tahun yang sama.



Sumber aciknadzirah.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Beasiswa Kuliah Di Luar Negeri [S1/S2/S3]: Daftar Lengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel