-->

iklan banner

Contoh Soal Osn Ekonomi Sma Tingkat Kabupaten/Kota Dan Pembahasannya Bab 9

Sudah cukup usang kami tidak menulis perihal referensi soal OSN Ekonomi Sekolah Menengan Atas dan pembahasannya. Pada kesempatan kali ini pendidikanekonomi.com akan menyajikan beberapa referensi soal OSN Ekonomi Sekolah Menengan Atas tahun 2016 yang lalu. Kami mengambil 3 referensi soal pertama, yaitu sebagai berikut:

Soal #1
Fundamental economic problems basically arise from …
A. The fact that society has more than it needs
B. Turmoil in the stock market
C. The unequal distribution of income
D. Our wants exceed our scares resources
E. Differences of resources

Pembahasan
Soal nomor 1 di atas menanyakan perihal faktor utama yang menjadikan munculnya permasalahan pokok ekonomi (fundamental economic problems). Kita tahu bahwa permasalahan pokok ekonomi ialah “kebutuhan insan yang tidak terbatas, sedangkan alat pemuas kebutuhannya terbatas” yang kalau diubah dalam bahasa Inggris menyerupai dengan pernyataan “our wants exceed our scares resources” sehingga jawabab yang sempurna untuk soal nomor 1 tersebut ialah poin D.

Soal #2
In what kind of economy does the government make all decisions?
A. Mixed economy
B. Centrally Planed
C. Socialist
D. Free Enterprise
E. Traditional

Pembahasan
Soal nomor 2 menyajikan pertanyaan perihal sistem perekonomian yang dianut oleh suatu negara. Pertanyaannya ialah saat semua keputusan dilakukan oleh pemerintah, maka sistem perekonomian yang dianut disebut … ?? Seperti yang kita ketahui bahwa ada sistem perekonomian komando, di mana semua keputusan dikendalikan oleh pemerintah, sistem ini dapat diebut pula dengan Istilah “Centrally Planed” sehingga balasan untuk soal nomor 2 ialah poin B.

Soal #3
What best describes the role of government in a free market system?
A. Require companies to disclose information to consumers
B. Decide what companies will be formed and then allow the managers to run them
C. Allow individual to operate their businesses in ways they think will maximize their profits
D. Control business activities
E. To make buyers more knowledgeable and safer

Pembahasan
Soal nomor 3 di atas masih membahas topik sistem perekonomian menyerupai halnya pada soal nomor 2. Yang ditanyakan pada soal nomor 3 ini ialah perihal tugas pemerintah dalam sistem perekonomian liberal (free market system). Sistem ekonomi liberal merupakan sistem ekonomi di mana keputusan-keputusan ekonomi diserahkan kepada sector swasta (pasar), sehingga tugas pemerintah dalam sistem ini ialah sebagai pengontrol acara bisnis yang terjadi, sehingga balasan yang sempurna untuk soal nomor 3 ialah poin (D) Control business activities.

Demikian sekilas pembahasan soal OSN Ekonomi tahun 2016 khususnya pada bahan problem pokok ekonomi dan sistem perekonomian. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Tunggu artikel-artikel kami selanjutnya. Salam pendidikanekonomi.com.

Sumber http://pend-ekonomi.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Contoh Soal Osn Ekonomi Sma Tingkat Kabupaten/Kota Dan Pembahasannya Bab 9"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel