-->

iklan banner

Contoh Kata Pengantar [Makalah, Skripsi, Laporan Riset]

Contoh kata pengantar yang akan ditampilkan dan diulas di postingan ini merupakan kata pengantar untuk laporan penelitian dan karya ilmiah lainnya. Format laporan selesai penelitian menyerupai skripsi, tesis, dan disertasi selalu melibatkan bab kata pengantar. Tak hanya itu, di dalam buku, jurnal, dan laporan riset dalam bentuk makalah juga biasanya terdapat kata pengantar.


Baca juga Laporan Penelitian: Pengertian & Contoh Format







Sebenarnya apa isi kata pengantar sehingga hampir selalu eksis dalam setiap laporan selesai penelitian? Postingan ini tidak akan menjelaskan secara panjang lebar wacana apa itu kata pengantar. Agaknya definisi tidak terlalu penting di sini alasannya kata pengantar sendiri bukan merupakan konsep atau variabel dalam suatu analisis.


Namun demikian, saya tetap akan menjelaskan beberapa poin penting dalam kata pengantar diikuti misalnya sehingga pembaca mempunyai citra wacana menyerupai apa kata pengantar itu dan bagaimana cara membuatnya.


Contoh kata pengantar yang akan ditampilkan dan diulas di postingan ini merupakan kata pen Contoh Kata Pengantar [Makalah, Skripsi, Laporan Riset]


Beberapa poin dalam kata pengantar


Perlu diketahui terlebih dahulu bahwa kata pengantar berfungsi untuk ”mengantarkan” pembaca pada konten atau substansi korpus atau literatur dari apa yang dibacanya. Jika kata pengantar yang dimaksud berada dalam makalah, maka berfungsi untuk ”mengantar” pembaca kepada konten dan substansi korpus makalah tersebut.


Baca juga: Kerangka Makalah: Contoh dan Penjelasannya







Kata pengantar juga berperan sebagai ”muka” atau ”wajah”. Artinya, tampak depan dari laporan penelitian. Peran ini sama menyerupai judul penelitian, namun kata pengantar berisi narasi yang lebih detail.


Sebagai ”pengantar” (preface), kata pengantar pada umumnya memuat tentang:



  • Ucapan syukur atas selesainya laporan penelitian.

  • Penjelasan singkat mengenai tema penelitian.

  • Informasi mengenai struktur penulisan laporan penelitian.

  • Ucapan terimakasih kepada pihak-pihak yang telah berkontribusi atas selesainya penelitian.

  • Harapan dengan selesainya atau diterbitkannya laporan penelitian.


Tentu saja, tidak kesemua poin di atas harus terpenuhi. Sebagaimana yang sudah diulas diatas, selama fungsi ”pengantar” tersebut dirasa cukup, maka kata pengantar sudah bisa menjalankan perannya.






Contoh kata pengantar


Berikut ini merupakan contoh kata pengantar yang pernah saya susun bersama rteman-teman dalam sebuah laporan penelitian hibah mahasiswa. Penelitian yang kata pengantarnya dijadikan contoh ini bertema wacana penyelesaian konflik komunal di Indonesia melalui produksi literatur keindonesiaan yang bebas diakses masyarakat luas.


Puji syukur kehadirat Allah SWT alasannya atas se izin-Nya, laporan penelitian ini sanggup diselesaikan. Sholawat serta salam agar tercurah pada Nabi Muhammad SAW.


Berangkat dari fenomena konflik komunal yang kerap terjadi di Indonesia, penelitian ini merupakan respon atas keprihatinan kami yang berusaha ikut andil dalam perjuangan resolusi konflik. Konflik komunal sebagai realitas pedih yang dialami oleh bangsa Indonesia harus segera diatasi. Kendati penyelesaian konflik tidak bisa ditangani dalam waktu singkat, setiap upaya penyelesaian harus mempunyai visi yang jelas.


Salah satu visi yang ingin dicapai dalam penelitian ini yaitu meningkatkan secara signifikan pengetahuan masyarakat wacana keindonesiaan. Dalam upaya mencapai visi tersebut, maka sarana dan prasarana yang dibutuhkan juga harus disiapkan. Dalam hal ini, literatur yang menunjang ketersediaan rujukan pengetahuan keindonesiaan menjadi sarana yang harus diperhatikan.


Universitas merupakan salah satu institusi pendidikan yang mempunyai tanggung jawab dalam konteks penyediaan literatur yang dimaksud. Oleh alasannya itu, tawaran aktivitas yang disusun untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat wacana Indonesia harus dipertimbangkan. Penelitian ini, selain membahas wacana analisis resolusi konflik juga membahas wacana tawaran aktivitas yang mengarah pada resolusi serta penyelesaian konflik komunal di Indonesia.


Harapanya, dalam jangka panjang, masyarakat mempunyai pengetahuan yang cukup wacana keindonesiaan, Pengetahuan tersebut nantinya bisa menjadi fondasi dalam rangka penyelesaian konflik komunal di Indonesia. Semoga tawaran aktivitas dalam laporan ini sanggup menjadi rujukan kebijakan terkait penanganan konflik komunal berbasis riset.


Tim Peneliti



Contoh kata pengantar di atas meliputi beberapa poin seperti: ucapan syukur, ulasan singkat tema riset dan harapan. Struktur laporan penelitian tidak ditulis alasannya dianggap sudah cukup berperan sebagai ”pengantar”.


Memang bersama-sama tidak ada bentuk baku kata pengantar. Jumlah halaman pun juga tidak ditentukan. Namun tentu saja, kata pengantar umumnya ditulis secara ringkas. Satu hingga dua halaman dirasa cukup untuk laporan penelitian karya ilmiah dari makalah hingga skripsi. Kata pengantar pada buku bisa lebih tebal.


Baca juga: Pengertian Makalah dan Jenisnya







Kata pengantar bisa ditulis oleh penulis laporan penelitian itu sendiri atau penulis lain dari luar. Beberapa buku melibatkan orang lain untuk menulis kata pengantar sebagai penguatan substansi atau sarana promosi. Hal ini menunjukkan bahwa dalam penulisan kata pengantar pun, tidak ada hukum yang baku wacana siapa yang harus menulisnya. Kebetulan contoh kata pengantar di atas ditulis secara kolaboratif oleh para peneliti.


Kata pengantar skripsi biasanya ditulis oleh mahasiwa yang menulis skripsi. Poin-poin penting menyerupai yang sudah dipaparkan di atas sanggup dipakai sebagai pola bagaimana menciptakan kata pengantar untuk laporan skripsi atau karya ilmiah lainnya.


Baca juga Metode Penelitian: Pendekatan, Jenis & Contoh



Sumber aciknadzirah.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Contoh Kata Pengantar [Makalah, Skripsi, Laporan Riset]"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel