-->

iklan banner

Arti, Makna Dan Kegunaan Bunga Kembang Sepatu (Hibiscus)

Anda pasti tidak aneh lagi dengan bunga bagus yang satu ini Arti, Makna dan Kegunaan Bunga Kembang Sepatu (Hibiscus)
Anda pasti tidak aneh lagi dengan bunga bagus yang satu ini. Tidak hanya tampilannya yang mempesona, bunga kembang sepatu juga mengandung banyak makna-makna yang indah.

Meskipun tampilan bunga ini sama sekali tidak ibarat sepatu, namun salah satu sumber menyatakan alasan mengapa bunga ini dinamai kembang sepatu alasannya yaitu dulunya di India, bunga ini digunakan sebagai materi semir sepatu dan pada kesudahannya dikenal sebagai bunga kembang sepatu di Indonesia.


Tanaman bunga kembang sepatu (Hibiscus sp.) aslinya berasal dari Asia dan Kepulauan Pasifik, namun ia bisa tumbuh di seluruh dunia dan tersebar lebih dari 200 spesies. Bunganya terdiri dari warna-warna cerah mirip merah, pink, jingga, kuning, putih bahkan ada yang bicolor. Bunga kembang sepatu hadir dengan aneka macam ukuran dan warna, dan yang paling menonjol dari bunga ini yaitu mahkota bunganya yang besar dan terdiri dari lima tepal dengan kepala benang sari yang nampak sangat jelas.


Baca juga: Cara Menanam Kembang Sepatu Dalam Pot


Arti dan Makna Bunga Kembang Sepatu (Hibiscus)


Anda pasti tidak aneh lagi dengan bunga bagus yang satu ini Arti, Makna dan Kegunaan Bunga Kembang Sepatu (Hibiscus)
Dengan tampilannya yang anggun, bunga ini dianggap sangat feminim sehingga biasanya diberikan atau digunakan oleh wanita.

Arti bunga kembang sepatu berbeda-beda tergantung dari budaya tiap-tiap daerah. Kata hibiscus berasal dari bahasa Yunani yakni “hibiskos” yang diberikan oleh Pedanius Dioscorides, salah spesialis botani dan penulis di jaman Romawi sekaligus seorang dokter untuk para tentara Romawi.


Bunga kembang sepatu secara tradisional diselipkan di pendengaran gadis Tahiti dan Hawaii. Jika bunga kembang sepatu dikenakan di belakang pendengaran kiri artinya perempuan tersebut sudah menikah atau sedang menjalin sebuah hubungan. Jika bunga itu dikenakan di sebelah kanan, berarti ia masih lajang atau bersedia secara terbuka untuk sebuah hubungan.


Di Amerika Utara khususnya, kembang sepatu umumnya dikenal sebagai “Rose of Sharon” melambangkan pengantin wanita yang sempurna. Di jaman dulu, memberi kembang sepatu memiliki arti bahwa si pemberi mengakui kecantikan si penerima. Di Cina, bunga ini melambangkan ketenaran dan keindahan baik perempuan maupun pria. Kembang sepatu digunakan sebagai persembahan kepada dewi Kali dan Lord Ganesha dalam ibadah Hindu.


Bunga kembang sepatu telah usang digunakan selama berabad-abad sebagai afrodisiak. Wanita Mesir tidak boleh minum teh yang dibentuk dengan ramuan ini alasannya yaitu dikatakan bisa menginduksi perasaan bernafsu. Ramuan dari kembang sepatu bahkan digunakan dalam mantra untuk menarik datangnya cinta.


Kembang sepatu yaitu bunga negara Hawaii, bunga ini biasanya dikalungkan pada pejabat negara atau kunjungan para turis. Spesies kembang sepatu juga mewakili beberapa negara lain mirip Hibiscus syriacus dikenal dengan nama mugunghwa adalah bunga nasional Korea Selatan, dan Hibiscus rosa-sinensis yaitu bunga nasional Malaysia.


Di Filipina, gumamela (nama lokal untuk kembang sepatu) digunakan oleh bawah umur sebagai bab dari hobi pembuatan gelembung.


Baca juga: Fakta, Arti Dan Makna Bunga Hydrangea (Kembang Bokor)


Makna Bunga Kembang Sepatu (Hibiscus) Berdasarkan Warnanya


Anda pasti tidak aneh lagi dengan bunga bagus yang satu ini Arti, Makna dan Kegunaan Bunga Kembang Sepatu (Hibiscus)
Salah satu pemandangan bunga kembang sepatu yang mekar dengan cantiknya.

Bunga kembang sepatu terdiri dari aneka macam warna dan mempunyai arti yang berbeda-beda. Berikut makna bunga kembang sepatu menurut warnanya:



Kegunaan bunga kembang sepatu


Anda pasti tidak aneh lagi dengan bunga bagus yang satu ini Arti, Makna dan Kegunaan Bunga Kembang Sepatu (Hibiscus)
Bunga kembang sepatu sebagai penambah rasa dan warna pada teh, bisa disajikan hirau taacuh maupun hangat.

Bunga ini tidak hanya digemari alasannya yaitu kecantikannya, tapi juga dimanfaatkan pada masakan dan minuman. Teh yang terbuat dari bunga kembang sepatu ini dikenal dengan aneka macam nama di banyak negara di seluruh dunia dan disajikan baik panas maupun dingin. Di India dikenal dengan sebutan orhul, bissap (Afrika), agua de jamaica (Meksiko), karkadé (Mesir dan Arab), sorrel (Jamaika), dan soobolo (Ghana).


Baca juga: 10 Manfaat Teh Kembang Sepatu Dan Cara Membuatnya


Teh yang terbuat dari bunga ini dikeringkan dan digunakan dalam pengobatan tradisional yang dianggap bisa meringankan tanda-tanda flu dan mengurangi tekanan darah. Namun, banyak hal yang perlu diperhatikan ketika mengonsumsi teh dari bunga ini, perempuan hamil dan menyusui dianjurkan tidak mengonsumsinya dan orang yang sedang mengonsumsi obat yang mengandung paracetamol. Spesies Hibiscus cannabinus juga banyak digunakan dalam pembuatan kertas.


Itulah gosip mengenai arti, makna dan kegunaan bunga kembang sepatu. Jika Anda berminat, kami juga menyediakan bibit flora bunga kembang sepatu dengan aneka macam warna-warna menarik di sini.



Sumber https://bibitbunga.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Arti, Makna Dan Kegunaan Bunga Kembang Sepatu (Hibiscus)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel