5 Penyebab Mesin Motor Ngelitik Dan Solusinya
permasalahan utama bunyi ngelitik pada mesin bekerjsama terjadi lantaran perawatan mesin yang kurang baik. sanggup juga terjadi lantaran faktor umur kendaraan yang sudah tua, mungkin beberapa orang menganggapnya hal sepele tapi jika dibiarkan sanggup menciptakan mesin semakin parah.
banyak juga kendaraan gres yang mengalami hal serupa, yang disebabkan oleh pemakain kendaraan yang kurang baik, agar tidak salah menduga kenali dulu bunyi asing pada mesin motor, semoga mempermudah perbaikan kendaraan.
nah kali ini aku kan menjelaskan beberapa faktor yang mengakibatkan bunyi ngelitik pada motor dan cara mengatasinya.
keringnya oli pada mesin
oli merupakan sebuah pelumas pada mesin, apabila terjadi kekeringan maka mesin tidak terlumasi dengan baik, balasannya akan meyebabkan tabrakan pada mesin tanpa mediator yang menciptakan mesin cepat haus dan timbul bunyi asing pada mesin motor.
pastikan mengganti oli sempurna waktu secara terencana dan jangan biarkan mesin kekeringan yang menciptakan komponen haus dan rusak.
kalo bunyi ngelitiknya masih gres terdengar mungkin dengan menambahkan oli akan mengurangi atau bahkan menghilangkan bunyi tersebut.
piston dan boringan yang sudah haus
nah sesudah kurangnya oli akan meyebabkan tabrakan eksklusif pada piston dan boringan yang menciptakan haus pada komponen tersebut. terus bunyi ngelitiknya darimana? apabila piston dan boringannya mengalami kerenggangan dan menciptakan celah lebih besar maka pergerakan piston tidak presisi atau oblak dan menjadikan bunyi asing tersebut.
biasanya sesudah ini terjadi knalpot akan mengeluarkan asap putih, darimana asap tersebut? dari oli yang menerobos masuk melewati celah piston yang renggang tadi ke ruang kompresi.
cara mengatasinya dengan cara membawa motor ke bengkel langganan untuk di oversize. untuk yang sudah mengenal mesin mungkin sanggup membongkarnya sendiri dirumah.
tonjokan keteng (tensioner) yang sudah rusak
fungsi dari tonjokan keteng tersebut untuk menjaga tegangan rantai semoga sesuai yang diharapkan mesin, coba perhatikan rantai pada motor angsa apabila kendur niscaya akan menjadikan bunyi bukan? begitu juga dengan rantai keteng yang tidak di tekan baik dengan tensioner.
yang parahnya lagi apabila dibiarkan akan menciptakan rantai keteng loncat yang menciptakan noken as tidak bekerja dengan semestinya dan terjadi tabrakan pada klep motor.
cara mengatasinya dengan membeli tonjokan keteng (tensioner) gres dibengkel, atau sanggup juga dengan mengcustom tonjokannya semoga lebih kekal dan sanggup diubahsuaikan dengan kebutuhan, nanti akan aku bahas lain waktu cara membuatnya.
noken as/chamshaft yang sudah terkikis
noken as itu sendiri berfungsi sebagai pengatur buka tutupnya klep, apa bila sudah haus maka buka tutup klep tidak presisi dan mengalami kerenggangan celah pada pelatuk noken as. yang awalnya noken as bekerja mengangkat pelatuk akhir terkikis jadi sanggup dibilang kini menyerupai di getok. balasannya bunyi pun timbul.
suara ngelitik yang ditimbulkan sanggup juga dari renggangnya setelan klep pada pelatuk, dan coba untuk merapatkannya sesuai kebutuhan mesin.
untuk noken as yang sudah tergoda atau terikikis aku menyarankan untuk menggantinya dengan yang baru, tapi bekerjsama sanggup juga apabila tidak terlalu parah kemakannya sanggup dengan dirapihkan ditukang bubut dan diubah sedikit durasinya.
bagian kopling yang sudah haus
kalo beberapa faktor diatas tidak ada duduk kasus coba cek penggalan koplingnya, lantaran rumah kopling yang haus sanggup menjadikan bunyi ngelitik pada mesin begitu juga dengan lahe pada gearbox nya.
cek juga penggalan lain menyerupai kampas kopling dan rumahnya. apabila mengalami duduk kasus segeralah ganti dengan yang gres semoga tidak menjalar ke komponen lainnya.
semoga sanggup membantu, apabila bunyi tak juga hilang silahkan bawa ke bengkel langganan anda untuk diperiksa lebih lanjut, atau sanggup tinggalkan pesan melalui kontak saya. faktor diatas hanya beberapa yang sering terjadi pada mesin motor. Sumber http://gobengkel.blogspot.com
banyak juga kendaraan gres yang mengalami hal serupa, yang disebabkan oleh pemakain kendaraan yang kurang baik, agar tidak salah menduga kenali dulu bunyi asing pada mesin motor, semoga mempermudah perbaikan kendaraan.
nah kali ini aku kan menjelaskan beberapa faktor yang mengakibatkan bunyi ngelitik pada motor dan cara mengatasinya.
keringnya oli pada mesin
sumber: aripitstop.com |
oli merupakan sebuah pelumas pada mesin, apabila terjadi kekeringan maka mesin tidak terlumasi dengan baik, balasannya akan meyebabkan tabrakan pada mesin tanpa mediator yang menciptakan mesin cepat haus dan timbul bunyi asing pada mesin motor.
pastikan mengganti oli sempurna waktu secara terencana dan jangan biarkan mesin kekeringan yang menciptakan komponen haus dan rusak.
kalo bunyi ngelitiknya masih gres terdengar mungkin dengan menambahkan oli akan mengurangi atau bahkan menghilangkan bunyi tersebut.
piston dan boringan yang sudah haus
nah sesudah kurangnya oli akan meyebabkan tabrakan eksklusif pada piston dan boringan yang menciptakan haus pada komponen tersebut. terus bunyi ngelitiknya darimana? apabila piston dan boringannya mengalami kerenggangan dan menciptakan celah lebih besar maka pergerakan piston tidak presisi atau oblak dan menjadikan bunyi asing tersebut.
biasanya sesudah ini terjadi knalpot akan mengeluarkan asap putih, darimana asap tersebut? dari oli yang menerobos masuk melewati celah piston yang renggang tadi ke ruang kompresi.
cara mengatasinya dengan cara membawa motor ke bengkel langganan untuk di oversize. untuk yang sudah mengenal mesin mungkin sanggup membongkarnya sendiri dirumah.
tonjokan keteng (tensioner) yang sudah rusak
sumber: aripitstop.com |
fungsi dari tonjokan keteng tersebut untuk menjaga tegangan rantai semoga sesuai yang diharapkan mesin, coba perhatikan rantai pada motor angsa apabila kendur niscaya akan menjadikan bunyi bukan? begitu juga dengan rantai keteng yang tidak di tekan baik dengan tensioner.
yang parahnya lagi apabila dibiarkan akan menciptakan rantai keteng loncat yang menciptakan noken as tidak bekerja dengan semestinya dan terjadi tabrakan pada klep motor.
cara mengatasinya dengan membeli tonjokan keteng (tensioner) gres dibengkel, atau sanggup juga dengan mengcustom tonjokannya semoga lebih kekal dan sanggup diubahsuaikan dengan kebutuhan, nanti akan aku bahas lain waktu cara membuatnya.
noken as/chamshaft yang sudah terkikis
noken as itu sendiri berfungsi sebagai pengatur buka tutupnya klep, apa bila sudah haus maka buka tutup klep tidak presisi dan mengalami kerenggangan celah pada pelatuk noken as. yang awalnya noken as bekerja mengangkat pelatuk akhir terkikis jadi sanggup dibilang kini menyerupai di getok. balasannya bunyi pun timbul.
suara ngelitik yang ditimbulkan sanggup juga dari renggangnya setelan klep pada pelatuk, dan coba untuk merapatkannya sesuai kebutuhan mesin.
untuk noken as yang sudah tergoda atau terikikis aku menyarankan untuk menggantinya dengan yang baru, tapi bekerjsama sanggup juga apabila tidak terlalu parah kemakannya sanggup dengan dirapihkan ditukang bubut dan diubah sedikit durasinya.
bagian kopling yang sudah haus
kalo beberapa faktor diatas tidak ada duduk kasus coba cek penggalan koplingnya, lantaran rumah kopling yang haus sanggup menjadikan bunyi ngelitik pada mesin begitu juga dengan lahe pada gearbox nya.
sumber: kenthoetboreup.com |
cek juga penggalan lain menyerupai kampas kopling dan rumahnya. apabila mengalami duduk kasus segeralah ganti dengan yang gres semoga tidak menjalar ke komponen lainnya.
semoga sanggup membantu, apabila bunyi tak juga hilang silahkan bawa ke bengkel langganan anda untuk diperiksa lebih lanjut, atau sanggup tinggalkan pesan melalui kontak saya. faktor diatas hanya beberapa yang sering terjadi pada mesin motor. Sumber http://gobengkel.blogspot.com
0 Response to "5 Penyebab Mesin Motor Ngelitik Dan Solusinya"
Posting Komentar