-->

iklan banner

10 Manfaat Teh Kembang Sepatu Dan Cara Membuatnya

Bagaimana kalau Anda bisa membuat teh dari materi 10 Manfaat Teh Kembang Sepatu dan Cara Membuatnya
Bagaimana kalau Anda bisa membuat teh dari bahan-bahan yang berasal dari tumbuhan hias di halaman rumah Anda? Salah satu tumbuhan bunga yang dimaksud yakni bunga kembang sepatu.

Industri teh ketika ini semakin berkembang pesat, bahkan tidak jarang kita mendengar bunga-bunga dan kulit buah yang dijadikan teh. Tak ketinggalan pula bunga kembang sepatu. Tanaman hias yang satu ini bisa tumbuh subur tanpa perawatan ekstra. Bagian dari bunga kembang sepatu yang dipakai untuk membuat teh yakni kelopak dan mahkota bunganya.


Bunga kembang sepatu telah usang digunakan di luar negeri sebagai materi minuman. Di India teh ini dikenal dengan sebutan orhul, agua de jamaica (Meksiko), bissap (Afrika), sorrel (Jamaika), karkadé (Mesir dan Arab), dan soobolo (Ghana).


Baca juga artikel sebelumnya mengenai Arti, Makna Dan Kegunaan Bunga Kembang Sepatu (Hibiscus)


Manfaat Teh Bunga Kembang Sepatu


Tidak banyak orang yang sadar bahwa hampir 15-30% teh kembang sepatu tersusun dari asam organik. Asam ini yakni asam malat, asam tartarat dan asam sitrat. Asam ini biasa ditemukan pada banyak buah ibarat anggur yang bermanfaat untuk kesehatan.


Berikut manfaat teh bunga kembang sepatu untuk kesehatan:


1. Menurunkan tekanan darah


Bagaimana kalau Anda bisa membuat teh dari materi 10 Manfaat Teh Kembang Sepatu dan Cara Membuatnya
Kandungan anti-inflamasi yang terdapat dalam teh kembang sepatu bisa mengurangi tekanan darah hingga 10 poin.

American Heart Association yang diterbitkan pada bulan November tahun 2008 menyatakan bahwa mengkonsumsi teh kembang sepatu bisa menurunkan tekanan darah pada orang dewasa. Minumlah tiga cangkir teh bunga kembang sepatu setiap hari secara teratur.


2. Menurunkan Kolesterol


Teh kembang sepatu juga mempunyai khasiat antioksidan yang mengesankan. Hal ini membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dari tubuh, membantu melindungi diri dari penyakit jantung dan pembuluh darah dari kerusakan. Sifat hypolipidemic dan hypoglycemic dari teh kembang sepatu bermanfaat bagi mereka yang menderita gangguan gula darah ibarat diabetes.


3. Melindungi Fungsi Hati


Penelitian mengatakan bahwa sifat antioksidan yang terdapat dalam teh kembang sepatu sanggup membantu mengobati penyakit yang berafiliasi dengan hati. Antioksidan membantu melindungi tubuh Anda dari penyakit alasannya yakni menetralkan radikal bebas yang ada di jaringan tubuh.


4. Antikanker


Teh kembang sepatu mengandung asam protokatechuat yang mempunyai sifat antitumor dan antioksidan. Sebuah studi yang dilakukan oleh Departemen dan Institut Biokimia di Chung Shan Medical and Dental College, di Taiwan mengatakan bahwa kembang sepatu bisa memperlambat pertumbuhan sel kanker dengan menginduksi apoptosis, yang biasa dikenal sebagai janjkematian sel.


5. Memperkuat sistem kekebalan tubuh


Teh kembang sepatu kaya akan asam askorbat, juga dikenal sebagai vitamin C yang berperan sebagai nutrisi penting yang diperlukan untuk meningkatkan dan merangsang kegiatan sistem kekebalan tubuh Anda. Teh kembang sepatu juga dikenal mempunyai sifat anti-inflamasi dan antibakteri yang berperan dalam mencegah Anda terkena flu, demam dan penyakit lainnya.


6. Meringankan tanda-tanda haid (PMS)


Bagaimana kalau Anda bisa membuat teh dari materi 10 Manfaat Teh Kembang Sepatu dan Cara Membuatnya
Manfaat lainnya dari teh kembang sepatu yakni mengurangi kram dan nyeri ketika haid.

Hal ini membantu dalam memulihkan keseimbangan hormon dan mengurangi tanda-tanda menstruasi lainnya ibarat perubahan mood, depresi, dan makan berlebih.


7. Sebagai Antidepresan


Teh kembang sepatu mengandung vitamin dan mineral ibarat flavonoid yang mempunyai khasiat antidepresan. Konsumsi teh hibiscus sanggup membantu menenangkan sistem saraf, dan bisa mengurangi kecemasan dan depresi dengan membuat sensasi santai di dalam pikiran dan tubuh.


8. Melancarkan sistem pencernaan


Teh bunga kembang sepatu bisa memperbaiki pencernaan dengan melancarkan buang air besar dan air kecil alasannya yakni mempunyai sifat diuretik dan juga dipakai untuk mengobati sembelit.


9. Melegakan dahaga


Teh kembang sepatu juga dipakai dengan cara yang sama ibarat minuman lainnya untuk memuaskan rasa haus. Teh ini biasa juga disajikan dalam keadaan dingin.


10. Menurunkan berat badan


Bagaimana kalau Anda bisa membuat teh dari materi 10 Manfaat Teh Kembang Sepatu dan Cara Membuatnya
Teh kemnag sepatu juga bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Itulah kenapa, ekstrak kembang sepatu banyak ditemukan pada produk penurunan berat badan.

Penelitian mengatakan bahwa ekstrak bunga kembang sepatu bisa menurunkan perembesan pati dan glukosa yang sanggup membantu menurunkan berat badan. Hibiscus menghambat produksi amilase, yang membantu perembesan karbohidrat dan pati.


Baca juga: Manfaat Bunga Kancing Untuk Kesehatan


Efek Samping Teh Bunga Kembang Sepatu


Meskipun teh bunga kembang sepatu mempunyai segudang manfaat untuk kesehatan namun terdapat beberapa kemungkinan imbas samping yang harus Anda ketahui. Berikut di antaranya:



  1. Karena teh ini bisa meningkatkan tekanan darah sehingga bisa pula menjadikan pingsan, pusing dan bahkan bisa merusak jantung atau otak kalau dikonsumsi oleh individu dengan tekanan darah rendah.

  2. Teh kembang sepatu tidak dianjurkan untuk perempuan hamil, terutama alasannya yakni efeknya yang sanggup merangsang menstruasi atau pedoman darah di tempat rahim atau panggul. Bagi mereka yang menjalani perawatan hormonal atau mengonsumsi pil KB, disarankan untuk berkonsultasi dengan mahir kesehatan mengenai konsumsi teh kembang sepatu.

  3. Beberapa orang mungkin merasa mabuk atau mengalami halusinasi ketika minum teh kembang sepatu. Karena itu, berhatilah-hatilah hingga Anda tahu bagaimana reaksi tubuh Anda terhadap teh ini.

  4. Beberapa orang mungkin mengalami reaksi alergi ibarat mata merah, gatal, sinus, atau demam ketika mengkonsumsi teh kembang sepatu.


Cara Membuat Teh Bunga Kembang Sepatu


Untuk meracik teh bunga kembang sepatu, pilihlah kembang mahkota yang terlihat sehat dan segar supaya Anda bisa memperoleh keuntungannya dengan maksimal. Berikut langkah-langkahnya:



  • Siapkan 2 cangkir air bersih

  • Siapkan 2-4 tangkai bunga kembang sepatu, basuh bersih

  • Perasan air jeruk

  • Kayu bagus secukupnya

  • Gula


Langkah-langkah:


Bagaimana kalau Anda bisa membuat teh dari materi 10 Manfaat Teh Kembang Sepatu dan Cara Membuatnya
Tahap menyiapkan bunga kembang sepatu.

Bagaimana kalau Anda bisa membuat teh dari materi 10 Manfaat Teh Kembang Sepatu dan Cara Membuatnya
Ilustrasi menyiram bunga kembang sepatu dengan air panas.


  1. Masukkan bunga kembang sepatu dan beberapa kayu bagus dalam wadah yang tahan panas.

  2. Siramlah dengan air panas.

  3. Biarkan hingga air berubah warna, lalu aduk hingga bunga layu dan bermetamorfosis kekuningan.

  4. Saring bunga dan kayu bagus tersebut, masukkan gula sesuai selera beserta perasan air jeruk.

  5. Bisa diminum dalam keadaan hangat atau ditambahkan dengan es kerikil kalau ingin diminum dalam keadaan dingin.


Itulah manfaat teh bunga kembang sepatu beserta cara meraciknya. Jika berminat kami juga menyediakan tanaman bunga kembang sepatu dengan aneka macam warna-warna menarik yang bisa Anda tanam di pekarangan rumah.



Sumber https://bibitbunga.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "10 Manfaat Teh Kembang Sepatu Dan Cara Membuatnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel