Kkm K13 Ips Terpadu Kelas 8 Smp Revisi Terbaru
Selamat berjumpa kembali di blog kherysuryawan,
Postingan artikel kali ini akan membahas mengenai salah satu perangkat pembelajaran yang penting untuk di miliki oleh bapak dan ibu guru yang mempunyai kiprah keseharian sebagai pengajar di sekolah.
Perangkat pembelajaran yang saya maksud dini ialah kriteria ketuntasan minimal atau sering di sebut dan disingkat dengan KKM.
KKM di buat sebagai teladan bagi guru dalam memilih tingkat penguasaan materi dalam setiap kompetensi dasar dalam suatu mata pelajaran tertentu.
KKM menjadi tolak ukur keberhasilan akseptor didik dalam memahami dan menguasai materi pada suatu mata pelajaran tertentu yang telah di pelajarinya. artinya bahwa apabila seorang akseptor didik telah mencapai atau melampaui nilai KKM yang telah di menetapkan oleh masing-masing satuan pendidikan di setiap mata pelajaran maka itu artinya akseptor didik tersebut telah tuntas dalam menguasai materi dalam mata pelajaran tersebut dan sebaliknya apabila akseptor didik belum bisa mencapai nilai ambang batas KKM yang telah di tentukan maka itu artinya bahwa akseptor didik tersebut belum tuntas dalam penguasaan materi tersebut dan masih harus melewati tahap pengulangan atau remedial untuk bisa mencapai sasaran KKM yang telah di tetapkan.
Untuk mengetahui batas kemampuan akseptor didik dalam penguasaan materi yang di ajarkan di sekolah maka kita sebagai seorang guru perlu menawarkan batasan nilai yang sanggup menjadi patokan ketuntasan mencar ilmu siswa.
batasan nilai tersebut dinyatakan dalam sebuah angka yang pada umumnya sering di sebut sebagai kriteria ketuntasan minimal ( KKM ). dimana untuk rentang nilai KKM biasanya di tulis dengan angka antara 0 - 100.
Seperti yang kita ketahui bersama bahwa Pada kurikulum 2013 untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama yang mana pembelajaran pada jenjang Sekolah Menengah Pertama mempunyai 10 jenis mata pelajaran yang mana terdiri dari 7 mata pelejaran kelompok A (wajib) dan 3 mata pelajaran kelompok B (pilihan). Di setiap mata pelajaran tersebut pastinya guru yang membidangi dan mengajarkan mata pelajaran tersebut akan menciptakan perumusan nilai KKM yang menjadi dasar dalam penentuan nilai ketuntasan bagi setiap akseptor didiknya di sekolah.
Kriteria ketuntasan minimal (KKM) biasanya di menetapkan pada awal tahun pelajaran dengan alasan sanggup di jadikan dasar evaluasi yang akurat selama di gunakan dalam semester berjalan. Kriteria ketuntasan minimal (KKM) di menetapkan oleh satuan pendidikan baik secara perorangan sesuai dengan guru bidang studynya masing-masing ataupun sanggup lebih baik lagi kalau menurut hasil musyawarah setiap guru mata pelajaran.
Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan format evaluasi KKM untuk mata pelajaran IPS Terpadu Kelas 8 Sekolah Menengah Pertama kurikulum 2013, format ini terdiri dari beberapa aspek yang menjadi penentu dalam memutuskan nilai KKM di setiap mata pelajaran, yaitu terdiri dari aspek kompleksitas, daya dukung dan intake.ketiga aspek tersbut menjadi penentu dalam memutuskan standar evaluasi KKM dalam setiap mata pelajaran tertentu dan di sesuaikan dengan keadaan di sekolah masing-masing.
Dengan memilih nilai KKM maka pencapaian Nilai KKM sanggup di jadikan sebagai dasar tingkat pencapaian kompetensi sesuai dengan sasaran yang di harapkan oleh satuan pendidikan khusunya guru mata pelajaran.
File KKM yang akan saya bagikan ini kiranya sanggup menjadi komplemen rujukan yang kiranya sanggup bermanfaat bagi bapak dan ibu guru yang sedang mencari file untuk bisa menciptakan format KKM untuk keperluan di sekolahnya masing-masing.
Postingan artikel kali ini akan membahas mengenai salah satu perangkat pembelajaran yang penting untuk di miliki oleh bapak dan ibu guru yang mempunyai kiprah keseharian sebagai pengajar di sekolah.
Perangkat pembelajaran yang saya maksud dini ialah kriteria ketuntasan minimal atau sering di sebut dan disingkat dengan KKM.
KKM di buat sebagai teladan bagi guru dalam memilih tingkat penguasaan materi dalam setiap kompetensi dasar dalam suatu mata pelajaran tertentu.
KKM menjadi tolak ukur keberhasilan akseptor didik dalam memahami dan menguasai materi pada suatu mata pelajaran tertentu yang telah di pelajarinya. artinya bahwa apabila seorang akseptor didik telah mencapai atau melampaui nilai KKM yang telah di menetapkan oleh masing-masing satuan pendidikan di setiap mata pelajaran maka itu artinya akseptor didik tersebut telah tuntas dalam menguasai materi dalam mata pelajaran tersebut dan sebaliknya apabila akseptor didik belum bisa mencapai nilai ambang batas KKM yang telah di tentukan maka itu artinya bahwa akseptor didik tersebut belum tuntas dalam penguasaan materi tersebut dan masih harus melewati tahap pengulangan atau remedial untuk bisa mencapai sasaran KKM yang telah di tetapkan.
Untuk mengetahui batas kemampuan akseptor didik dalam penguasaan materi yang di ajarkan di sekolah maka kita sebagai seorang guru perlu menawarkan batasan nilai yang sanggup menjadi patokan ketuntasan mencar ilmu siswa.
batasan nilai tersebut dinyatakan dalam sebuah angka yang pada umumnya sering di sebut sebagai kriteria ketuntasan minimal ( KKM ). dimana untuk rentang nilai KKM biasanya di tulis dengan angka antara 0 - 100.
Seperti yang kita ketahui bersama bahwa Pada kurikulum 2013 untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama yang mana pembelajaran pada jenjang Sekolah Menengah Pertama mempunyai 10 jenis mata pelajaran yang mana terdiri dari 7 mata pelejaran kelompok A (wajib) dan 3 mata pelajaran kelompok B (pilihan). Di setiap mata pelajaran tersebut pastinya guru yang membidangi dan mengajarkan mata pelajaran tersebut akan menciptakan perumusan nilai KKM yang menjadi dasar dalam penentuan nilai ketuntasan bagi setiap akseptor didiknya di sekolah.
Kriteria ketuntasan minimal (KKM) biasanya di menetapkan pada awal tahun pelajaran dengan alasan sanggup di jadikan dasar evaluasi yang akurat selama di gunakan dalam semester berjalan. Kriteria ketuntasan minimal (KKM) di menetapkan oleh satuan pendidikan baik secara perorangan sesuai dengan guru bidang studynya masing-masing ataupun sanggup lebih baik lagi kalau menurut hasil musyawarah setiap guru mata pelajaran.
Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan format evaluasi KKM untuk mata pelajaran IPS Terpadu Kelas 8 Sekolah Menengah Pertama kurikulum 2013, format ini terdiri dari beberapa aspek yang menjadi penentu dalam memutuskan nilai KKM di setiap mata pelajaran, yaitu terdiri dari aspek kompleksitas, daya dukung dan intake.ketiga aspek tersbut menjadi penentu dalam memutuskan standar evaluasi KKM dalam setiap mata pelajaran tertentu dan di sesuaikan dengan keadaan di sekolah masing-masing.
Dengan memilih nilai KKM maka pencapaian Nilai KKM sanggup di jadikan sebagai dasar tingkat pencapaian kompetensi sesuai dengan sasaran yang di harapkan oleh satuan pendidikan khusunya guru mata pelajaran.
File KKM yang akan saya bagikan ini kiranya sanggup menjadi komplemen rujukan yang kiranya sanggup bermanfaat bagi bapak dan ibu guru yang sedang mencari file untuk bisa menciptakan format KKM untuk keperluan di sekolahnya masing-masing.
Pada postingan sebelumnya saya telah memposting mengenai RPP smp gratis kurikulum 2013 lengkap untuk semua mata pelajaran edisi revisi terbaru dan juga silabus semua mata pelajaran dari semua tingkat untuk jenjang smp.
Jika anda belum sempat mend0wnl0ad RPP serta silabus untuk semua mata pelajaran tersebut maka silahkan kunjungi judul di bawah ini :
Perangkat yang telah saya bagikan tersebut merupakan perangkat yang sanggup di unduh secara gratis semoga sanggup di jadikan sebagai materi rujukan untuk bapak dan ibu guru yang membutuhkan perangkat pembelajaran dan sanggup di sesuaikan dengan di sekolah masing-masing.
baiklah sesuai dengan judul postingan di atas, maka saya akan membagikan file perangkat pembelajaran yaitu KKM IPS Terpadu kelas 8 Sekolah Menengah Pertama kurikulum 2013. File yang akan saya bagikan ini sanggup anda miliki secara gratis dan sanggup di edit serta di sesuaikan dengan keadaan disekolah masing-masing.
Untuk sanggup mempunyai file KKM IPS Terpadu kelas 8 Sekolah Menengah Pertama maka silahkan anda klik pada judul di bawah ini :
Untuk sanggup mempunyai file KKM IPS Terpadu kelas 8 Sekolah Menengah Pertama maka silahkan anda klik pada judul di bawah ini :
Demikianlah format perangkat pembelajaran KKM IPS Terpadu untuk kelas 8 Sekolah Menengah Pertama yang sanggup saya share pada postingan ini semoga apa yang telah saya bagikan ini sanggup bermanfaat buat bapak dan ibu guru yang sedang mencari perangkat KKM IPS Terpadu kelas 8 smp kurikulum 2013.
Jangan lupa untuk mencari gosip menarik lainnya seputar dunia pendidikan yang selalu saya update melalui blog kherysuryawan, dan semoga artikel - artikel yang telah saya publish di dalam blog kherysuryawan tersebut selalu bermanfaat bagi banyak orang.
Sumber http://kherysuryawan.blogspot.com
Jangan lupa untuk mencari gosip menarik lainnya seputar dunia pendidikan yang selalu saya update melalui blog kherysuryawan, dan semoga artikel - artikel yang telah saya publish di dalam blog kherysuryawan tersebut selalu bermanfaat bagi banyak orang.
0 Response to "Kkm K13 Ips Terpadu Kelas 8 Smp Revisi Terbaru"
Posting Komentar