-->

iklan banner

Teknologi Operasional Tambang Bawah Tanah

Teknologi Operasional di bidang industri pertambangan semakin berkembang. Kini, untuk mengambil material di bawah tanah sanggup dilakukan melalui kendali jarak jauh

 di bidang industri pertambangan semakin berkembang Teknologi Operasional Tambang Bawah TanahTambang bawah tanah DOZ yang dioperasikan oleh PT Freeport‎ Indonesia kini memakai teknologi MineGem untuk menggerakkan loader, atau pengangkut material. Sistem ini memungkinkan operator untuk bekerja dari stasiun ruang kontrol jarak jauh yang kondusif dan ergonomis jauh dari LHD (Load Haul Dump) - baik di permukaan atau bawah tanah tanpa mengurangi produktivitas mesin.

Penelitian telah menunjukkan produktivitas dari LHD MINEGEM yang dilengkapi pengoperasian dari jarak jauh secara signifikan lebih produktif daripada teleremote atau line-of-sight system. Meningkat pemanfaatan dan penghematan waktu yang signifikan alasannya yaitu operator tidak harus melaksanakan perjalanan yang memakan waktu usang dari permukaan ke lokasi mesin berada.

Di operasikan dari ruang kontrol akrab tambang bawah tanah DOZ, Timika, Papua, terdapat sejumlah layar dan perangkat pengendali, dari situ lah loader digerakkan, Operasional Tambang Bawah Tanah Seperti Main Video Game, berdasarkan laporan finance.detik.com

"Dari sini kita mengendalikan produksi di bawah tanah, pada screen terlihat ada loader yang sedang melaksanakan penambangan di bawah tanah. Saat ini, operator tidak lagi duduk di dingklik loader. Namun kini di luar, pakai sistem otomatis." kata Nurhadi Sabirin, EVP & General Manager Freepot Indonesia, sabtu (14/2/2015).

Tujuan sistem penambangan otomasi, tambah Nurhadi, yaitu mengurangi keterlibatan karyawan yang bekerja di bawah tanah. Dengan begitu, risiko-risiko kecelakaan kerja sanggup berkurang. Selain itu lebih banyak material sanggup bergerak lebih cepat dan aman, membuat peningkatan eksklusif dalam produktivitas.

Menurut Nurhadi, "Ini juga lebih efisien dibandingkan pekerjaan secara manual. Produktivitasnya kini sama, tapi ke depan diperkirakan sanggup 10-20% lebih baik. Saat ini sudah 80% loader di tambang DOZ memakai MineGem. Proses otomatisasi pekerjaan tidak dilakukan tiba-tiba, tetapi sudah 10 tahun. Prosesnya dulu dari manual pakai remote, gres otomasi. Sekitar 10 tahun kemudian sudah memakai remote dan otomasi."

Sumber Foto:  finance.detik.com
Sumber http://learnmine.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Teknologi Operasional Tambang Bawah Tanah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel