-->

iklan banner

Rpp Kimia Dengan Model Discovery Learning

Berikut disajikan referensi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) mata pelajaran Kimia dengan Pendekatan Saintifik dan model Pembelajaran Discovery Learning. Semoga bermanfaat.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah
:
SMAN 2 Busungbiu
Mata Pelajaran
:
Kimia
Kelas / Semester
:
X / Satu
Program
:
MIA
Materi Pokok
:
Struktur Atom
Alokasi Waktu
:
2 x 45 Menit (1 x pertemuan)
Guru Mata Pelajaran
:
Gede Putra Adnyana

A.    Kompetensi Inti
KI-1
:
Menghayati dan mengamalkan fatwa agama yang dianutnya
KI-2
:
Menghayati dan mengamalkan sikap jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai penggalan dari solusi   atas banyak sekali permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI-3
:
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya ihwal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan talenta dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI-4
:
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan bisa memakai metoda sesuai kaidah keilmuan

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator
KD-1.1
:
Menyadari  adanya keteraturan struktur partikel bahan sebagai wujud kebesaran Tuhan YME dan pengetahuan ihwal struktur partikel materi  sebagai hasil pemikiran kreatif insan yang kebenarannya bersifat tentative
KD-2.1
:
Menunjukkan sikap ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, disiplin,  jujur, objektif, terbuka,  bisa membedakan fakta dan opini, ulet, teliti, bertanggung jawab, kritis, kreatif, inovatif,  demokratis, komunikatif) dalam merancang dan melaksanakan percobaan serta berdiskusi yang diwujudkan dalam sikap sehari-hari
KD-2.2
:
Menunjukkan sikap kerjasama,santun,  toleran, cinta tenang dan peduli lingkungan serta irit dalam memanfaatkan sumber daya alam
KD-2.3
:
Menunjukkan sikap responsif,  dan proaktif serta bijaksana sebagai   wujud kemampuan memecahkan  duduk kasus dan menciptakan keputusan
KD-3.3
:
Menganalisis  struktur atom berdasarkan teori atom Bohr dan teori mekanika kuantum
Indikator:
1)      Menjelaskan struktur atom berdasarkan teori atom Bohr
2)      Menentukan jumlah proton, neutron, dan elektron berdasarkan pengamatan gambar dan tabel
3)      Menentukan nomor atom dan nomor massa berdasarkan pengamatan gambar strukut atom dan tabel
4)      Menjelaskan perbedaan isotop, isoton, dan isobar berdasarkan pengamatan tabel
5)      Mengelompokkan atom-atom ke dalam isotop, isoton, dan isobar

KD-4.4
:
Mengolah dan menganalisi struktur atom berdasarkan teori atom Bohr dan teori mekanika kuantum
Indikator:
1)      Menggambar tiga buah struktur atom berdasarkan teori atom Bohr yang mempunyai jumlah proton lebih dari 10
2)      Menyimpulkan hubungan antara jumlah proton, neutron, elektron, nomor atom dan nomor massa berdasarkan gambar struktur atom
3)      Mengkomunikasikan gambar struktur atom berdasarkan teori atom Bohr

C.    Tujuan Pembelajaran
1)      Peserta didik sanggup memilih jumlah proton, netron, dan elektron dalam atom dengan sempurna berdasarkan pengamatan gambar struktur atom berdasarkan teori atom Bohr
2)      Berdasarkan pengamatan tabel, akseptor didik sanggup menjelaskan hubungan dengan benar antara jumlah proton, jumlah neutron, nomor atom, dan nomor massa suatu atom
3)      Peserta didik sanggup memilih nomor atom dan nomor massa dengan benar berdasarkan  gambar struktur atom berdasarkan teori atom Bohr
4)      Peserta didik sanggup mengelompokkan atom-atom berdasarkan kesamaan jumlah proton, netron, dan nomor massa dengan benar
5)      Berdasarkan pengamatan tabel, akseptor didik sanggup menjelaskan dengan benar perbedaan antara isotop, isoton, dan isobar
6)      Peserta didik sanggup menyebutkan minimal  dua pasang atom masing-masing untuk isotop, isoton, dan isobar melalui diskusi kelompok
7)      Peserta didik sanggup menggambar minimal tiga buah struktur atom berdasarkan teori atom Bohr yang mempunyai lebih dari 10 proton melalui diskusi kelompok
8)      Peserta didik menunjukkan rasa ingin tahu, kerjasama, disiplin,  proaktif, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan diskusi untuk memecahkan  duduk kasus dan menciptakan keputusan selama pembelajaran ihwal struktur atom
9)      Peserta didik menunjukkan kesadaran bahwa keteraturan yang terjadi pada struktur atom yaitu wujud kebesaran Tuhan Yang Maha Esa

D.    Materi Pembelajaran
1.      Teori Atom Bohr
Menurut Niels Bohr, atom tersusun dari inti atom dan lintasan-lintasan elektron. Inti atom tersusun atas proton yang bermuatan positif dan neutron yang tidak bermuatan (netral). Elektron beredar mengelilingi inti pada lintasan-lintasan tertentu, ibarat sistem tata surya.
2.      Nomor Atom dan Nomor Massa
Jumlah proton dalam inti atom menyatakan nomor atom. Sedangkan jumlah proton dan neutron dalam inti atom menyatakan nomor massa. Selisih antara nomor massa dan nomor atom menunjukkan jumlah neutron.
3.      Isotop, Isoton, dan Isobar
Atom-atom yang mempunyai jumlah proton sama disebut dengan isotop. Atom-atom yang mempunyai jumlah neutron sama disebut isoton. Sedangkan atom-atom yang mempunyai nomor massa sama disebut dengan isobar.

E.     Metode Pembelajaran
1.      Metode: Diskusi
2.      Pendekatan: Saintifik
3.      Model: Discovery Learning

F.     Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.      Media:
Lembar Kerja dan software untuk presentasi memakai powerpoint
2.      Alat/Bahan:
Alat-alat untuk presentasi gambar atau tabel, ibarat laptop dan LCD
3.      Sumber Belajar:
a)      Buku Paket Kimia Kurikulum 2013
b)      Sumber-sumber yang relevan

G.    Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran


Selengkapnya, silahkan unduh di sini:


Sumber http://putradnyanagede.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Rpp Kimia Dengan Model Discovery Learning"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel