Rpp Getaran Kelas Xi (K13)
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata pelajaran : FISIKA
Kelas/Semester : XI /Ganjil
Materi Pokok : Getaran
· Pengertian getaran
· Gerak harmonik sederhana
· Energi dalam gerak harmonik
· Aplikasi gerak harmonik
AlokasiWaktu : 6 JP x 45 menit (3X PERTEMUAN)
A. Kompetensi Inti (KI)
KI 1 | : | Menghayati dan mengamalkan anutan agama yang dianutnya. |
KI 2 | : | Menghayati dan mengamalkan sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif, serta memperlihatkan sikap sebagai potongan dari solusi atas banyak sekali permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia. |
KI 3 | : | Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural menurut rasa ingin tahunya perihal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan talenta dan minatnya untuk memecahkan masalah. |
KI 4 | : | Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah aneh terkait dengan pengembangan dari yang di pelajarinya di sekolah secara mandiri, dan bisa memakai metoda sesuai kaidah keilmuan. |
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
Pertemuan pertama
Kompetensi dasar | Indikator |
1.1. Menambah keimanan dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya 1.2. Menyadari kebesaran Tuhan yang membuat dan mengatur karakteristik fenomena gerak, fluida, kalor, bumi dan seisinya | * mengamalkan anutan agama yang dianut dan menyadari kebesaran yang kuasa * menghayati bahwa fenomena terhadap gerak, fluida, kalor, bumi dan seisinya merupakan diciptakan oleh Tuhan YME |
2.1. Menunjukkan sikap ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggungjawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan 2.2. Menghargai kerja individu dan kelompok dalam acara sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan. | * Mengamalkan sikap ilmiah dan memperlihatkan sikap yang santun baik dengan teman sekelompok maupun dengan guru * mengamalkan sikap sportif dalam mengambil solusi dari permasalahan yang timbul dikala terjadi perbedaan pendapat dengan teman atau kelompok lain |
3.1 Memahami konsep dan prinsip getaran dan gerak harmonik sederhana. | * memahami perihal prinsip getaran dan gerak harmonik sederhana *memahami penerapan harmonik sederhana pada pegas dan ayunan bandul * memahami hubungan periode dan frekuensi pada gerak harmonik sederhana * memahami hubungan aturan Hooke dengan gerak harmonik sederhana pada pegas |
Pertemuan kedua
Kompetensi dasar | Indikator |
1.1. Menambah keimanan dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya 1.2. Menyadari kebesaran Tuhan yang membuat dan mengatur karakteristik fenomena gerak, fluida, kalor, bumi dan seisinya | * mengamalkan anutan agama yang dianut dan menyadari kebesaran Tuhan * menghayati bahwa fenomena terhadap gerak, fluida, kalor, bumi dan seisinya merupakan diciptakan oleh Tuhan YME |
2.1 Menunjukkan sikap ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggungjawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan 2.2. Menghargai kerja individu dan kelompok dalam acara sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan | * Mengamalkan sikap ilmiah dan memperlihatkan sikap yang santun baik dengan teman sekelompok maupun dengan guru * mengamalkan sikap sportif dalam mengambil solusi dari permasalahan yang timbul dikala terjadi perbedaan pendapat dengan teman atau kelompok lain |
3.2 Menerapkan konsep dan prinsip energi dalam gerak harmonik sederhana | · menerapkan gerak harmonik pada percobaan sederhana pada ayunan bandul ·menerapkan konsep gerak harmonik sederhana dalam percobaan ayunan bandul ·menerapakan prinsip energi dalam gerak harmonik sederhana pada percobaan ayunan bandul |
C. Tujuan Pembelajaran
Pertemuan pertama:
Setelah proses melaksanakan pengamatan, dan diskusi, siswa sanggup :
· Menyebutkan pengertian getaran
· Menyebutkan macam- macam gerak harmonik
· Menjelaskan hubungan gerak harmonik sederhana dengan periode dan frekuensi
· Menjelaskan perbedaan gerak harmonik pada pegas dengan ayunan bandul
· Menyebutkan aplikasi dalam kehidupan sehari-hari
Pertemuan kedua :
Setelah proses melaksanakan pengamatan, demonstrasi dan diskusi kelompok, siswa sanggup :
· Menyimpulkan perihal efek besar kecilnya periode pada ayunan bandul
· Menjelaskan perihal hubungan antara frekuensi dan periode pada ayunan bandul
· Menyadari kebesaran Tuhan yang membuat dan mengatur alam jagad raya
D. MateriPembelajaran
· Pengertian getaran
· Gerak harmonik sederhana
· Energi dalam gerak harmonik sederhana
· Aplikasi gerak harmonik sederhana
1) Materi Fakta
· Bahan : merupakan sumber berguru dari internet atau animasi (pertemuan pertama)
· Alat dan materi : Statif, benang, busur derajat dari kayu, stopwatch, pemberat dan LK (pertemuan Kedua)
2) Materi Konsep
- Ilmu fisika
- Modul pembelajaran perihal getaran dan gerak harmonik sederhana dan
- LK (pertemuan Kedua)
3) Materi Prinsip
-K3 ( Keselamatan, Kesehatan dan Kerja)
-Prinsip kerja alat yang dipakai dalam percobaan fisika
4) Prosedur
- Langkah kerja untuk mendiskusikan materi getaran harmonik sederhana
E. Model dan Metode Pembelajaran
Pertemuan pertama
Model Pembelajaran : CTL (contektual teaching and leraning)
Metode Pembelajaran: diskusi dan tanya jawab
Pertemuan kedua
Model Pembelajaran : Discovery Learning (DL)
Metode Pembelajaran: diskusi dan tanya jawab
F. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
Pertemuan Pertama dan pertemuan kedua
1. Media: LKS
2. Alat/Bahan: tayangan animasi
Sumber Belajar: internet (gurumuda.net )dan fisikasmkn4ptk.bogspot.com
G. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
Pertemuan Pertama
No. | Kegiatan | Deskripsi | AlokasiWaktu |
1 | Pendahuluan | a. Membaca do’a terlebih dahulu b. Mengabsen siswa c. Menyampaikan tujuan pembelajaran d. Menuntun siswa dengan mengajukan pertanyaan tetang topik getaran dalam kehidupan sehari –hari e. Mengingatkan kembali materi perihal periode dan frekuensi pada materi gerak melingkar f. Siswa diberi klarifikasi cara kerja kelompok | 20 Menit |
2 | Inti | Mengamati · Siswa menyimak warta mengenai getaran, gerak harmonik dan energi dalam gerak harmonik yang disampaikan guru lewat gambar animasi Menanya · Mengajukan pertanyaan berkaitan dengan hasil pengamatan, misalnya: - Apa yang dimaksud dengan getaran ? - Mengapa ada timbulnya getaran ? - Seperti apakah gerak ayunan bandul dan pegas ? - Bagaimananakah hubungan antara frekuensi dan periode pada gerak harmonik sederhana pada pegas dan ayunan bandul ? - Sebutkan aplikasi getaran dalam kehidupan sehari-hari ! Pengumpulan data · Mengkaji literatur (LKS) tolong-menolong di dalam kelas · Membaca literatur perihal getaran harmonik, energi yang terjadi pada getaran harmonik Mengasosiasi ·Menganalisa hubungan antara getaran dengan gerak harmonik sederhana · Menyimpulkan hasil membaca perihal materi gerak harmonik sederhana Mengkomunikasikan · Mempresentasikan hasil membacanya didepan kelas · Menyampaikan kesimpulan berupa konsep dari hasil menyimak | |
3 | Penutup | · Guru dan bersama siswa membuat rangkuman tamat dari materi getaran dan gerak harmonik sederhana · Guru memberikan alat dan materi yang harus dibawa siswa pada pertemuan kedua untuk melaksanakan percobaan · Guru memperlihatkan PR kepada siswa berupa tes uraian | 15 Menit |
Pertemuan ke-dua
No. | Kegiatan | Deskripsi | AlokasiWaktu |
1 | Pendahuluan | a. Membaca do’a b. mengabsen siswa c. memberikan tujuan pembelajaran d. Membahas PR yang diberikan ahad kemudian e. memperlihatkan appersepsi perihal teori ayunan bandul | 20 Menit |
2 | Inti | · Siswa dibagi dalam kelompok praktikum Stimulation Mengamati · siswa menyimak setiap langkah kerja yang dijelaskan oleh guru · Mendemonstrasikan terlebih dahulu yang berkaitan dengan tata cara melaksanakan percobaan ayunan bandul Problem Statement Menanya Memberikan problem yang berkaitan penyelidiki ayunan bandul Yaitu : · Perhatikan percobaan pada tabel pertama. Apa yang terjadi pada periode dan frekuensinya ? · Perhatikan pada tabel kedua, apa yang terjadi pada periode dan frekuensinya ? · Manakah periode yang paling cepat dari hasil percobaan · Apa yang menyebabkan ? terjadinya cepat atau lambat periode pada ayunan bandul ? Data Collection Mengeksplorasi Melakukan percobaan /eksperimen dengan memakai bandul sederhana untuk memahami konsep frekuensi dan periode Data Processing Mengolah data hasil percobaan /pengamatan mengenai faktor-faktor yang mensugesti besar kecilnya periode pada ayunan bandul | |
3 | Penutup | · Guru memperlihatkan warta bahwa analisa data dan presentase kelompok dilakukan ahad depan · Memberikan salam epilog | 15 Menit |
Pertemuan ke-tiga
No. | Kegiatan | Deskripsi | AlokasiWaktu |
1 | Pendahuluan | a.Membaca do’a b. mengabsen siswa c. memberikan tujuan pembelajaran d. guru mempersilakan setiap kelompok siswa membuat analisa data dan memberikan presentasi di depan kelas | 20 Menit |
2 | Inti | Verification · Mengkomunikasikan - mengkoreksi balasan tolong-menolong | |
3 | Penutup | · menyampaikan materi selanjutnya | 15 Menit |
H. Penilaian
1. Bentuk Instrumen dan Jenis/Teknik Penilaian:
a. Bentuk Instrumen berupaTes: Tulis
b. Bentuk Instrumen berupa Non Tes: melalui observasi kerja kelompok, kinerja presentasi, dan laporan tertulis
Sumber http://mustarikulilmi.blogspot.com
0 Response to "Rpp Getaran Kelas Xi (K13)"
Posting Komentar