-->

iklan banner

Siswa Anda Bandel? Atasi Dengan Cara Ini

Siswa nakal yaitu fenomena yang sering terjadi di sekolah Siswa Anda Bandel? Atasi Dengan Cara Ini
Siswa nakal yaitu fenomena yang sering terjadi di sekolah
Dari zaman dulu hingga zaman sekarang
Dulu ketika ada siswa yang nakal cara mengatasinya ditegur dahulu
Jika tidak mempan ditegur kemudian diberi hukuman fisik
Entah itu dicubit, dijewer, dipukul pakai rol atau bahkan ditampar
Kebanyakan siswa nakal sanggup diatasi dengan hukuman fisik ini
Jika belum jera juga barulah orang renta siwa tersebut dipanggil ke sekolah

Namun zaman kini cara mengatasi siswa nakal menyerupai zaman dulu tidak bisa diterapkan lagi
Bukan cara mengatasinya yang tidak efektif
Melainkan reaksi siswanya yang sudah berubah
Zaman dulu ketika siswa dieksekusi guru
Siswa tersebut tidak melawan, pasrah mendapatkan hukuman yang diberikan guru

Tapi zaman kini siswa yang dieksekusi guru reaksinya macam-macam
Ada yang melawan guru dengan kata-kata kasar
Ada yang membalas hukuman yang diberikan guru, kalau ia dipukul membalas memukul
Bahkan ada yang lebih parah melukai gurunya dengan benda tajam
Belum lagi orang renta yang tidak mendapatkan siswanya dihukum
Lalu memenjarakan guru yang menghukum siswanya

Kondisi ini tentunya menciptakan guru jadi galau ketika menghadapi siswa yang bandel
Oleh lantaran itu melalui pembahasan cara mengatasi siswa yang nakal ini
Mudah-mudahan para guru bisa menemukan cara yang efektif

A.  Mencari Penyebab Siswa Bandel
Langkah pertama dalam mengatasi permasalahan ini yaitu mencari penyebab siswa bandel
Karena aktifitas disekolah yaitu komunikasi antara guru dan siswa
Maka kita akan mencari penyebab siswa nakal yang berasal dari pihak siswa
Dan penyebab siswa nakal yang berasal dari pihak guru

Penyebab siswa bandel yang berasal dari siswa yaitu sebagai berikut :
1)   Siswa yang kurang kasih sayang orang tua.
Ia berulah negatif di kelas lantaran ia perlu perhatian.
Bagi siswa menyerupai ini, teriakan murka guru ‘perhatian’ baginya
Karena dirumah ia jarang ada yang memperhatikan

2)   Siswa yang terkena bully dari saudara atau sahabat sepermainannya.
Tipe siswa menyerupai ini akan melaksanakan hal yang sama pada siswa lainnya
Karena ia yaitu ‘korban’ dan berusaha untuk membalas dendam

3)   Siswa yang kedua orang tuanya mengalami dilema perkawinan.
Baginya kehidupan sudah tidak nyaman lagi.
Kedua orang renta yang seharusnya melindunginya sedang berkonflik
Hal ini yang menjadikannya tidak fokus ketika di kelas dan menjadikannya biang onar di kelas.

4)   Siswa kurang memahami materi pelajaran
Disebabkan lantaran belum memahami materi pelajaran dengan baik.
Mereka sering kali “dipaksa” untuk memahami materi pelajaran yang belum mereka pahami.

5)   Lingkungan bermain yang salah
Lingkungan bermain siswa menetukan sikap dan sikap yang mereka miliki.
Jika lingkungan bermain siswa yaitu orang-orang berprestasi
Maka mereka juga akan merasa lebih gampang untuk berguru
Karena adanya pinjaman dari teman-temannya.

Sebaliknya jika siswa bergaul dengan siswa yang tidak berperstasi dan berprilaku kurang baik. Maka siswa juga akan menyerap dan menjadikan sikap mayoritas dalam kelompak menjadi sifat mereka.

6)   Tidak mengetahui untuk apa mereka belajar
Ini yang paling banyak terjadi pada siswa.
Mereka tidak mengetahui untuk apa mereka harus sekolah.

Akibatnya, mereka hanya menjalani satu rutinitas membosankan yang harus mereka hadapi setiap harinya.
Mereka hanya melihat beban yang harus dihadapi
Bukan laba yang akan didapatkan untuk masa depan mereka dengan berguru ke sekolah.

7)   Beban emosi yang mereka pendam
Yang mempengaruhi sikap siswa tidak lepas dari emosi negatif yang mereka alami dan pendam selama ini, seperti:
§  Merasa tidak mampu
§  Tidak percaya diri
§  Ditertawakan oleh teman
§  Diejek lantaran menerima nilai jelek
§  Tidak mempu menjawab pertanyaan guru
Hal –hal tersebut membuat mereka ingin menghindari sekolah.

8)   Kelainan bawaan
Salah satu penyebab seorang siswa menjadi nakal yaitu kelainan bawaan.
Misalnya siswa yang mengalami ADHD (Attention Deficit and Hyperctivity Disorder) 
Siswa yang mengidap ADHD cenderung susah dikendalikan
Baik ketika berbicara maupun ketika bertindak.

Spontanitas yaitu suatu hal yang paling gampang ditemukan dari penderita ADHD.
Ketika mereka mendapatkan ide
Mereka mengekspresikannya tanpa mengindahkan lingkungan di sekitarnya.


Penyebab siswa bandel yang berasal dari siswa yaitu sebagai berikut :
1)   Siswa yang kurang kasih sayang orang tua.
Ia berulah negatif di kelas lantaran ia perlu perhatian.
Bagi siswa menyerupai ini, teriakan murka guru ‘perhatian’ baginya
Karena dirumah ia jarang ada yang memperhatikan

2)   Siswa yang terkena bully dari saudara atau sahabat sepermainannya.
Tipe siswa menyerupai ini akan melaksanakan hal yang sama pada siswa lainnya
Karena ia yaitu ‘korban’ dan berusaha untuk membalas dendam

3)   Siswa yang kedua orang tuanya mengalami dilema perkawinan.
Baginya kehidupan sudah tidak nyaman lagi.
Kedua orang renta yang seharusnya melindunginya sedang berkonflik
Hal ini yang menjadikannya tidak fokus ketika di kelas dan menjadikannya biang onar di kelas.

4)   Siswa kurang memahami materi pelajaran
Disebabkan lantaran belum memahami materi pelajaran dengan baik.
Mereka sering kali “dipaksa” untuk memahami materi pelajaran yang belum mereka pahami.

5)   Lingkungan bermain yang salah
Lingkungan bermain siswa menetukan sikap dan sikap yang mereka miliki.
Jika lingkungan bermain siswa yaitu orang-orang berprestasi
Maka mereka juga akan merasa lebih gampang untuk berguru
Karena adanya pinjaman dari teman-temannya.

Sebaliknya jika siswa bergaul dengan siswa yang tidak berperstasi dan berprilaku kurang baik. Maka siswa juga akan menyerap dan menjadikan sikap mayoritas dalam kelompak menjadi sifat mereka.

6)   Tidak mengetahui untuk apa mereka belajar
Ini yang paling banyak terjadi pada siswa.
Mereka tidak mengetahui untuk apa mereka harus sekolah.

Akibatnya, mereka hanya menjalani satu rutinitas membosankan yang harus mereka hadapi setiap harinya.
Mereka hanya melihat beban yang harus dihadapi
Bukan laba yang akan didapatkan untuk masa depan mereka dengan berguru ke sekolah.

7)   Beban emosi yang mereka pendam
Yang mempengaruhi sikap siswa tidak lepas dari emosi negatif yang mereka alami dan pendam selama ini, seperti:
§  Merasa tidak mampu
§  Tidak percaya diri
§  Ditertawakan oleh teman
§  Diejek lantaran menerima nilai jelek
§  Tidak mempu menjawab pertanyaan guru
Hal –hal tersebut membuat mereka ingin menghindari sekolah.

8)   Kelainan bawaan
Salah satu penyebab seorang siswa menjadi nakal yaitu Penyebabsiswa bandel yang berasal dari guru yaitu sebagai berikut :
1)   Strategi dan pola pembelajaran yang tidak tepat
Strategi pembelajaran yang diterapkan guru tidak sesuai dengan huruf penerima didik. 
Atau dalam bahasa formalnya pola pembelajaran tidak mengakomodasi semua kondisi kemampuan siswa dalam menyerap materi pelajaran.
Seharusnya guru menyesuaikan taktik dan pola pembelajaran dengan huruf siswa bukan atas kemauan guru

2)   Kurang meratanya perhatian terhadap siswa
Guru lebih memperhatikan siswa yang mempunyai kelebihan dalam belajar.
Misalnya siswa yang aktif bertanya maupun menjawab pertanyaan. 
Siswa yang mendukung terlaksananya pembelajaran guru, siswa yang duduk di pecahan depan, dan lain sebagainya.

Lalu dingin kepada siswa lain yang kebanyakan bersikap pasif
Mereka lebih banyak menerima teguran dan sindiran ketimbang perhatian belajar. 
Akhirnya mereka mencari perhatian dengan cara mereka sendiri.

3)   Pendekatan monoton terhadap siswa
Guru sering hanya melakukan pendekatan disiplin belajar
Setiap kesalahan yang dilakukan siswa selalu dihadapkan dengan butir-butir disiplin kelas dan sekolah

Pendekatan ini monoton dalam menyikapi gangguan berguru oleh siswa.
Siswa juga ingin dilakukan pendekatan psikologis dalam bentuk relasi keakraban antara guru dengan siswa. 
Karena tidak semua siswa mengalami suasana psikologis yang kondusif.
Ada juga siswa yang mengalami masalah psikologis

Sehingga siswa menganggap guru hanya sahabat permainan saja.
Kadang kala postur badan juga sangat besar lengan berkuasa terhadap wibawa seorang guru, walaupun  tidak selalu.

5)   Materi yang diajarkan membosankan
Contoh pelajaran yang membosankan yaitu PKN, Agama, IPS
Sedangkan pelajaran paling dibenci yaitu matematika, bahasa inggris, IPA.

6)   Cara penyampaian materi yang kurang menarik.
Metode pengajaran tidak sesuai dengan situasi


B.  Cara Mengatasi Siswa Bandel
Dari penyebab siswa nakal diatas, maka cara mengatasinya sebagai berikut:
Cara mengatasi siswa nakal yang penyebabnya dari siswa :
1)   Stop ucapkan atau hentikan cap nakal pada siswa tersebut.
Katakan “saya pikir yang orang lain katakan wacana kau itu tidak benar, berdasarkan saya kau lebih baik dari yang orang bilang”
Dengan demikian siswa tersebut merasa ada orang yang masih percaya padanya.

2)   Cari terus informasi lengkap mengenai latar belakang keluarganya
Atau informasi apapun demi menciptakan anda jadi lebih pengertian dan sabar dalam menghadapi perilakunya

3)   Tetap bersabar dan berdoa untuk siswa tersebut.
Ucapkan nama siswa tersebut dalam doa ketika anda selesai beribadah
Maka ketika menghadapi ulahnya saya yakin guru akan dikaruniai kesabaran.

4)   Beri ia kepercayaan.
Mulai dari yang kecil, biarkan ia membawakan barang-barang anda ke ruang guru hingga jadikan ia pemimpin dalam suatu kesempatan di kelas.

5)   Tangkap berair ketika ia berbuat baik, puji ia ketika itu juga, atau dengan goresan pena dengan secarik kertas.

6)   Saat menegur katakan “minggu ini kau sudah banyak kemajuan, kenapa kini kok berulah yang negatif lagi?’

7)   Katakan “saya besar hati kau bisa berubah’ bukan “saya bahagia kau bisa berubah’.
Jika anda katakan bahagia maka ia akan berubah demi menyenangkan anda sebagai gurunya. Sementara perasaan besar hati dari guru murni terjadi lantaran guru besar hati akan sikap yang siswanya perbuat.

8)   Katakan “saya percaya kau niscaya bisa menentukan hal yang paling baik untuk diri mu sendiri dan bisa berubah’.

9)   Dukungan dari orangtua
Masalah yang dihadapi siswa akan gampang diatasi dengan adanya pinjaman dalam bentuk perhatian dan kasih sayang orangtua.
Dukungan dan kasih sayang orangtua yaitu materi bakar utama 

Yang siswa butuhkan untuk menjalani kehidupan mereka.
Ini hanya bisa dilakukan kalau orangtua bersedia memperbaiki komunikasi 
Dan menjalin relasi yang lebih baik antara siswa orangtua dan sesama pasangan.

10)       Pemahaman dan tujuan sekolah
Banyak siswa tidak mengetahui untuk apa mereka harus sekolah.
Ini menciptakan mereka stres dan merasa terpaksa untuk belajar.
Untuk mengatasi hal ini
Haruslah diberikan pemahaman yang terperinci bagi siswa 
Mengapa mereka harus berguru dan pergi ke sekolah.

Penjelasan ini harus sejalan dengan keinginan yang mereka miliki.
Dengan mengetahui keinginan siswa akan lebih memudahkan siswa memahami mengapa mereka harus berguru di sekolah.
Apa saja yang harus mereka kuasai untuk bisa mendapatkan keinginan mereka.

11)       Memberikan perhatian yang terarah dan terukur kepada siswa bandel
Perhatian yang terarah dan terukur kepada siswa yang nakal diberikan sebagai shock therapy.
Dengan menunjukkan perhatian yang subjektif
Maka seorang guru akan lebih gampang memahami apa bergotong-royong faktor yang menimbulkan seorang siswa menjadi bandel.

12)       Optimalkan bimbingan guru (bimbingan konseling)
Jika dicari titik permasalahannya
Maka siswa nakal atau nakal bisa dikategorikan mempunyai permasalahan psikologis yang tidak terkontrol
Baik problematika bawaan maupun yang diperoleh lantaran faktor non genetik.

Maka dari itu seorang guru BP/BK mempunyai peranan sangat penting
Untuk mengenali siswa nakal sekaligus menyiapkan beberapa solusi yang dianggap tepat
Untuk membantu siswa yang bersangkutan keluar dari zona tidak nyamannya.

Menanamkan pemahaman bahwa ruang BP yaitu sebuah ruang yang kasatmata
Dalam benak setiap siswa yaitu kiprah guru yang sebaiknya ditunaikan dengan baik.
Sebab hingga ketika ini ruang BP masih di anggap sebagai "ruang penghukuman" oleh sebagian besar siswa sekolah.

13)       Jauhkan siswa dari sumber permasalahan penyebab kebandelan
Siswa nakal tidak serta merta menjadi bandel
Salah satunya ada yang disebabkan lantaran ditekan oleh pihak lain
Baik yang berasal dari sekolah maupun luar sekolah.

Tekanan dari luar yang menimbulkan seorang siswa menjadi nakal sebaiknya diketahui oleh pihak sekolah.
Kemudian lanjutkan dengan menjauhkan siswa bersangkutan dari penyebab dilema tersebut.

14)       Perlakukan siswa nakal selayaknya anak sendiri
Memperlakukan siswa nakal selayaknya anak sendiri lebih disarankan untuk mengatasi permasalahan.
Selain bisa meningkatkan ikatan bathin dan kekeluargaan

Perlakuan lemah lembut seorang guru kepada siswa yang nakal
Akan mengakibatkan banyak sekali pemikiran (pola pikir) yang kasatmata dalam diri siswa tersebut.


Cara mengatasi siswa bandel yang penyebabnya dari guru :
1)   Jangan Berdiri Seperti Patung
Maksudnya guru sebaiknya bergerak ketika mengajar
Tiidak hanya bangun di depan kelas saja, atau hanya duduk di meja guru.
Lakukan teknik mobile teaching agar lebih dekat dengan murid

Berkeliling untuk mengetahui situasi kelas dan murid-muridnya ketika sedang belajar.
Jika saja ada murid yang sedang melamun, atau merasa bingung
Maka guru akan dengan gampang mengetahuinya.

2)   Buat Mereka Merespon Perhatian
Guru bisa melaksanakan diskusi atau debat argumen supaya siswa mau mengeluarkan pendapatnya.
Selain materi pembelajaran sanggup gampang siswa fahami
Juga mengajarkan siswa untuk berani berbicara dan mendapatkan pendapat orang lain.

3)   Lakukan Variasi
Melakukan variasi dalam metode mengajar akan besar lengan berkuasa kasatmata
Terhadap pemahaman siswa.
Agar berguru tetap semangat. guru juga bisa menyisipkan games dalam setiap pelajaran yang sedang diberikan
Asalkan games ini berafiliasi dengan mata pelajaranya.

4)   Berikan Perhatian
Berikan perhatian kepada seluruh siswa.
Tiap siswa mempunyai bakat dan huruf yang berbeda
Maka ketahuilah satu persatu dan dukung mereka
Agar bisa menjelma lebih baik.

5)   Maksimalkan Teknologi
Memanfaatkan teknologi tentunya akan selalu berkaitan dengan internet.
Saat ini ada banyak website edukasi yang akan menunjukkan pengetahuan
Tentang mata pelajaran yang sedang siswa bahas bersama guru.
Siswa bisa mengakses video pembelajaran atau membaca artikel terkait
Untuk menciptakan mereka lebih faham.

6)   Interaktif
Berikan kesempatan bagi siswa untuk bertanya seputar pelajaran yang dibahas.
Guru bisa mengawali dengan menceritakan kisah pendek terkait pelajaran tersebut.
Buat siswa menjadi bertanya-tanya semoga mereka lebih gampang mengerti dan memahami

7)   Sesekali Belajar di Luar Kelas
Siswa digiring ke luar kelas pada pagi hari, dan mereka berguru di luar kelas.
Metode ini dianggap akan kembali merefresh keadaan otak siswa yang sudah sering mendapatkan pelajaran setiap harinya.
Siswa akan merasa lebih refresh dan lebih gampang untuk menyerap pelajaran.
Mereka akan lebih konsenstrasi, terlebih keadaan diluar masih di jam pagi hari.

8)   Siapkan Materi dengan Animasi
Siapkan poin-poin dari materi pelajaran utama dalam bentuk yang lebih animasi.
Jika memang bisa disampaikan dengan poin
Bisa gunakan slide presentasi lewat power poin.

Buatlah beberapa slide tampilan materi pembelajaran
Dengan menyisipkan animasi lucu dan bergerak di dalamnya.
Hal ini akan berkhasiat semoga penyampaian materi tidak membosankan.
Penjelasan poin menyerupai ini juga lebih terperinci
Dalam mengarahkan tujuan pembelajaran itu sendiri.

9)   Lebih Sabar dan Berikan Reward
Guru harus bisa lebih sabar untuk menghadapi banyak sekali respon siswa
Baik sabar dalam pemahaman pembelajaran
Maupun sabar dalam mendorong mereka untuk terus semangat belajar.

Untuk lebih menyemangati siswa
Tidak ada salahnya menunjukkan reward atau hadiah
Setiap siswa berhasil menjawab pertanyaan kuis atau test harian ketika di kelas.
Hadiah merupakan salah satu motivasi untuk siswa agar lebih semangat belajar.

10)       Perhatikan Closing Mengajar
Terapkan teknik closing berguru yang benar
Agar siswa tidak gampang melupakan poin apa saja
Yang telah mereka pelajari hari ini.
Ulangi kembali poin pembelajaran secara garis besar
Agar siswa tetap mengingatnya dan juga mulai memahaminya.

Setelah itu, tarik kesimpulan dari pembelajaran tersebut
Agar bisa melanjutkan ke materi selanjutnya secara teratur
Siswa akan tetap mengingat materi sebelumnya, kalau teknik closingnya menyerupai ini.
Beritahukan wacana materi yang akan dibahas selanjutnya di pertemuan berikutnya.
Sarankan siswa untuk membaca poin penting pelajaran berikutnya sebelum kelas dimulai.


Bagi guru yang galau mencari metode mengajar yang menyenangkan bagi siswa
Kisah beberapa guru kreatif  yang berhasil menciptakan metode mengajar yang unik dan menyenangkan berikut ini bisa menjadi ide :
1)   Metode Peace Post Card
Setiap siswa diberikan kartu menyerupai kartu pos yang akan mereka tuliskan pesan perdamaian.
Di sini, para siswa diajarkan untuk bisa memberikan pendapat.
Kemudian jadinya dipresentasikan dengan siswa di luar negeri melalui aplikasi Skype

Metode Mengajar ini diciptakan oleh Saara Suaib Hanafi, seorang guru Bahasa Inggris di Sekolah Menengah Pertama Al-Azhar 9 Bekasi
Berkat metode mengajar ini ia berhasil mewakili Indonesia di Barcelona, Spanyol.
Dalama ajang Microsoft Global Education Forum pada Bulan Maret 2014.
Dia meraih juara learning tools yang dilombakan bersama 5 kelompok guru internasional lain.

2)   Simulasi Kesadaran Berkonstitusi
Rahayuningsih, guru di Sekolah Menengah kejuruan Muhammadiyah 4 Surakarta
Berhasil menciptakan terobosan dalam mengajarkan materi Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKN)
Materi PKN yang berisi 37 pasal dibuatnya seperti bermain Monopoly

Bedanya kertas yang dipakai lebih besar ukurannya
Dan bisa ditempelkan pada papan tulis ukuran kecil.
Siswa ada yang berperan sebagai fasilitator, narasumber, penonton, dan pemain.

Hasilnya, siswa dapat menghafalkan isi kandungan pasal-pasal melalui kartu dilema dan kartu hukuman yang dibuat.
Metode ini pun membawa dirinya menjadi Juara 1 Lomba Kreativitas Guru Tingkat Nasional pada tahun 2013.

3)   Multimedia Interaktif
Nura Uma Annisa, guru Taman Kanak-kanak (TK) Al Azhar 22, Semarang
Berhasil menerapkan multimedia pembelajaran interaktif.
Nura menghasilkan karya animasinya sendiri.

Mulai dari pembuatan materi melalui merekam suaranya sendiri, pembuatan video, hingga dengan pembentukan gambarnya.
Berkat idenya ini Nura berhasil meraih penghargaan Nasional Inovatif Teacher 2011 dan Microsoft Innovation Challenging Contexts Asia Pasific Forum 2012, New Zealand.

4)   Alat Peraga Matematika
Juli Eko Sarwono, guru Matematika di Sekolah Menengah Pertama 19 Purworejo.
Berhasil mengubah metode mengajar matematika yang menyeramkan menjadi menyenangkan.
Ia menerapkan metode berguru yang cukup unik dengan alat peraga, contohnya motornya.

Motor tersebut dimasukkan ke kelas hanya untuk sebagai referensi dalam materi tabung dan lingkaran.
Karena idenya ini membuatnya masuk nominasi Liputan 6 Award 2013


Sumber http://ikhtisarmateri.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Siswa Anda Bandel? Atasi Dengan Cara Ini"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel