-->

iklan banner

√ Paru-Paru : Pengertian, Bagian, Fungsi Jenis Penyakitnya Terlengkap

√ Paru-Paru : Pengertian, Bagian, Fungsi & Jenis Penyakitnya Terlengkap


 


 


SeputarIlmu.Com – Paru-paru ialah salah satu organ yang terpenting bagi suatu badan manusia, alasannya paru-paru mempunyai fungsi yang sangat vital dalam badan manusia, alasannya jikalau paru-paru tidak berfungsi dengan baik, maka akan mengakibatkan suatu kematian. alasannya insan butuh oksigen setiap detiknya untuk bertahan hidup dengan cara bernafas, sehingga paru-paru sangat berperan aktif bagi pernafasan manusia.


 


paru ialah salah satu organ yang terpenting bagi suatu badan insan √ Paru-Paru : Pengertian, Bagian, Fungsi  Jenis Penyakitnya Terlengkap


 


 


Pengertian Paru-Paru


Paru-paru (pulmo) ialah suatu organ yang bertanggung jawab untuk suatu proses respirasi yang terdiri dari suatu pulmo dekstra (paru kanan) dan pulmo sinistra (paru kiri). Paru-paru sangat vital bagi badan manusia, alasannya salah satu fungsinya untuk memasukan oksigen dan mengeluarkan karbondioksida ketika badan menghirup udara





Bagian-Bagian Paru-Paru


1. Bronkus


Bronkus ialah bercabang batang yang menghubungkan antara paru-paru kiri, paru-paru kanan, dan trakea. Bronkial yang terdiri dari tulang rawan, lapisan mukosa dan otot polos. Cartilage mempunyai fungsi sebagai suatu kerangka bronkial lapisan mukosa yang menghasilkan lendir untuk menjebak suatu partikel aneh yang memasuki paru-paru, dan otot polos yang memungkinkan kita untuk bernapas secara otomatis tanpa kita sadari.


 


2. Bronkiolus


Bronkiolus ialah suatu cabang bronkus yang bermuara di suatu alveoli. Struktur bronkus tidak mempunyai tulang rawan, silia, dan kesudahannya terdiri dari suatu bersilia yang berbentuk kubus jaringan epitel.


 


3. Alveolus


Alveoli ialah yang mana suatu pertukaran oksigen dan suatu karbon dioksida difusi. yang Struktur alveolarnya terdiri dari suatu membran tipis dan ada banyak kapiler darah. Dalam suatu alveolar rilis darah karbon dioksida ke udara dan mengambil oksigen dari udara.


 


4. Pleura


Pleura ialah suatu selaput yang melapisi suatu organ paru-paru. Struktur kantongnya juga halus dan licin. Fungsi pleura yaitu untuk mengurangi suatu ukiran ketika paru-paru ketika mengembang atau mengempis. Pleura mempunyai dua lapisan yaitu, pleura parietalis dan pleura visceral. dan ada suatu cairan sedikit yang mengandung glikosaminoglikan antara kedua daerah.


 


5. Diafragma


Diafragma ialah suatu serat otot yang membentuk perbatasan antara suatu rongga dada dan rongga perut. Diafragma juga meemiliki tugas penting dalam proses pernapasan perut. Diafragma yang terdiri dari otot, pembuluh darah, dan saraf yang disebut juga saraf frenikus.


 


6. Trakea (Tenggorokan)


Trakea ialah suatu tabung dengan panjang nya sekitar 5 inci yang menghubungkan antara laring ke bronkus. Trakea yang terdiri dari tulang rawan hialin yang berbentuk menyerupai aksara C yang dilapisi oleh epitel bersilia. Fungsi trakea ialah sebagai jalan masuk pernapasan. Silia ditemukan didalam sel-sel epitel yang berfungsi untuk menangkap suatu partikel aneh dan membawanya ke faring sehingga sanggup memasuki sistem pencernaan.


 




Fungsi Paru-Paru



  • Paru-paru ialah organ respirasi untuk pertukaran gas pernapasan karbon dan oksigen diaksida.

  • Karena ketika bernapas karbon kita memancarkan limbah dungsi diaksida paru merupakan serpihan dari sistem ekskresi.Untuk mengontrol pH darah dengan mengubah suatu tekanan karbon dioksida.

  • Untuk menyaring bekuan darah yang terbentuk di suatu vena.

  • Untuk mempengaruhi suatu konsentrasi beberapa zat biologis dan obat yang yang dipakai dalam pengobatan darah.

  • Untuk mengubah suatu angiotensin I menjadi angiotensin II oleh suatu enzim angiotensin-converting.

  • Untuk sanggup berfungsi sebagai suatu lapisan pelindung shock jantung.

  • Untuk menawarkan suatu anutan udara untuk menciptakan suara.

  • Fungsi paru-paru juga sebagai reservoir darah didalam tubuh. Volume darah paru ialah rata-rata sekitar 450 mililiter, dan sekitar 9 persen dari total volume darah dari seluruh sistem peredaran darah.

  • Eskalator ialah suatu sistem pertahanan yang penting terhadap benjol udara ditanggung. Partikel debu dan basil di udara yang dihirup terperangkap di suatu lapisan lendir hadir pada permukaan mukosa dari jalan masuk pernapasan dan naik menuju faring oleh berirama ke atas pemukulan silia.


 




Jenis Penyakit Paru-Paru


1. Asma


Salah satu macam penyakit paru-paru yang cukup terkenal yaitu penyakit Asma. Penyakit yang satu ini akan terjadi alasannya radang paru-paru yang sanggup menjadikan rasa sesak nafas bagi para pengidapnya. Biasanya serangan sesak nafas ini ditandai dengan pernafasan yang mengeluarkan bunyi yang secara berulang-ulang. Asma sendiri mempunyai beberapa tingkatan mulai dari tingkat rendah hingga dengan asma yang berada pada tingkat tertinggi.


 


2. Pneumonia


Pneumonia atau yang biasa disebut juga dengan penyakit radang paru-paru, penyakit yang satu ini termasuk dalam kategori yang cukup berbahaya, alasannya tidak hanya menular, tetapi jikalau tidak segera diobati sanggup menjadikan kematian. Penyakit pneumonia ini sanggup menyerang kaum cukup umur maupun anak-anak.


Penyakit pneumonia ialah salah satu penyakit paru-paru lembap yang diakibatkan oleh adanya suatu peradangan di salah satu atau pada kedua serpihan paru-paru. Penyebab utama yaitu benjol bakteri, sering kali dari jenis streptococcus pneumoniae. Gejala utama yang sanggup dialami yaitu demam tinggi, batuk dahak berdarah, sesak napas, dan nyeri dada.


 


3. Legionnaries


Penyakit legionnaries dikarenakan oleh basil berjulukan legionella pneumophilia yang sering ditemukan pada sebagian sumber air, khususnya pada jalan masuk pipa ledeng dan dimanapun lokasinya yang ada air yang menggenang. Pertumbuhan basil tersebut cukup cepat dan sanggup berkembangbiak di dalam air. Kebanyakan basil ini timbul ketika ekspresi dominan hujan. Gejala legionnaries menyerupai dengan pneumonia atau radang paru-paru khususnya gangguan jalan masuk napas. Tapi, legionnaries juga sanggup mengalami diare, nyeri perut, atau ikterus.


 


4. Pneumotoraks


Macam penyakit paru-paru lainnya, yaitu pneumotoraks yang ada pada selaput paru atau yang disebut juga dengan pleura. Penyakit ini dikarenakan satu atau kedua membran pleura tertembus dan udara masuk ke dalam rongga pleura yang sehingga menjadikan paru-paru mengempis. Penyebab lain dari pneumotoraks yaitu patah tulang rusuk dan luka dada. Biasanya, tanda-tanda yang terjadi yakni dada sesak, nyeri, dan sesak napas.


 


5. Tuberkulosis


Penyakit paru-paru yang terakhir yaitu Tuberkulosis. Penyakit ini termasuk yang cukup banyak diidap oleh masyarakat, termasuk sanggup menyerang belum dewasa yang mempunyai sistem imun yang belum stabil. Gejala pada penyakit ini, yakni demam dan batuk terus-menerus, nafsu makan menurun, dan badan yang melemah.


 


Manusia membutuhkan oksigen untuk bertahan hidup dengan cara pernafasan, tanpa menghirup oksigen insan akan menjadikan kematian. Itulah klarifikasi tentang √ Paru-Paru : Pengertian, Bagian, Fungsi & Jenis Penyakitnya [ TERLENGKAP ] Semoga apa yang diulas disini bermanfaat dan akan menambah ilmu bagi pembaca. Sekian dan terimakasih.


 


Baca Juga Artikel Lainnya  :


Baca Juga :  √ Hati : Pengertian, Bagian, Fungsi & Jenis Penyakitnya Terlengkap

Baca Juga :  √ Jantung : Pengertian, Bagian & Fungsinya Terlengkap

Baca Juga :  √ Lambung : Pengertian, Bagian, Fungsi & Penyakitnya Lengkap

Baca Juga :  √ Ginjal : Pengertian, Bagian, Fungsinya & Penyakitnya Lengkap

Baca Juga :  √ Otak : Pengertian, Bagian, Fungsi & Jenis Penyakitnya Lengkap

 



Sumber aciknadzirah.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "√ Paru-Paru : Pengertian, Bagian, Fungsi Jenis Penyakitnya Terlengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel