-->

iklan banner

√ Jantung : Pengertian, Bab Fungsinya Terlengkap

√ Jantung : Pengertian, Bagian & Fungsinya Terlengkap


 


 


SeputarIlmu.Com – Jantung merupakan salah satu organ vital yang di miliki manusia, oleh sebab itu kita harus menjaga baik baik jantung supaya bekerja dengan baik. Untuk lebih jelasnya lagi wacana apa itu jantung. Disini akan mengulas wacana pengertian jantung, pecahan bagian jantung, dan fungsi jantung berdasarkan para hebat kesehatan secara lengkap. Oleh sebab itu marilah simak ulasan yang ada dibawah berikut ini.


 


 Jantung merupakan salah satu organ vital yang di miliki insan √ Jantung : Pengertian, Bagian  Fungsinya Terlengkap


 


 


Pengertian Jantung


Jantung yakni suatu organ muskular pada insan yang mempunyai fungsi untuk memompa darah melalui pembuluh darah dalam suatu sistem sirkulasi darah manusia.Jantung ini bentuknya menyerupai mirip buah pir yang terbalik dengan ukuran yang sama dengan kepalan tangan orang dewasa. Fungsi jantung memilki fungsi yang sangat vital sebab jantung untuk menjaga darah supaya tetap mengalir dan untuk membawa oksigen serta sari-sari makanan ke dalam setiap sel tubuh. Jantung terdiri dari beberapa pecahan dan bagian-bagian nya mempunyai fungsi masing-masing.


 




Bagian-Bagian Jantung


1. Aorta


Aorta yakni sebuah arteri terbesar dalam tubuh. yang letaknya di pecahan atas jantung.


Fungsi aorta yakni untuk membawa darah yang mengandung suatu oksigen dari ventrikel kiri ke seluruh tubuh.


 


2. Vena Kava Superior


Vena kava superior (vena cava) yakni suatu vena besar dalam badan yang letaknya juga di pecahan atas jantung.


Fungsi vena kava superior : untuk membawa kembali darah kaya karbon dioksida dari semua badan pecahan atas ke jantung


 


3. Arteri Pulmonalis


Arteri pulmonalis yakni suatu arteri yang mengangkut darah dari jantung ke pecahan paru-paru.


Fungsi arteri pulmonalis : Untuk mengganti suatu karbon dioksida dan uap air yang ada di dalam darah dengan oksigen.


 


4. Katup Aorta


Katup aorta yakni suatu katup yang memisahkan suatu ventrikel kiri dengan aorta. Perubahan suatu tekanan darah pada kedua sisi katup yang mengakibatkan suatu katup sanggup terbuka dan tertutup.


Fungsi katup aorta : Untuk mencegah suatu darah mengalir ke arah yang salah.


 


5. Atrium


Atrium yakni suatu bentuk jamak dari suatu atria yang mempunyai arti yang sama dengan serambi. Atrium mempunyai dua bagian, yaitu Terdapat dua atrium yaitu atrium kiri (serambi kiri) dan atrium kanan (serambi kanan). Atrium mempunyai dua ruangan teratas dari empat ruang utama pada suatu jantung.


Fungsi atrium kiri dan atrium kanan : atrium kiri untuk mendapatkan darah dari paru-paru yang banyak oksigen dan membawanya ke suatu ventrikel kiri. Sedangkan fungsi atrium kanan yakni untuk mendapatkan darah dari seluruh badan yang banyak akan karbon dioksida yang kemudian membawanya ke ventrikel kanan.


 


6. Vena pulmonalis


Vena pulmonalis yakni suatu vena yang membawa darah yang kaya oksigen dari paru-paru ke jantung tepatnya di suatu atrium kiri. Atrium kiri mempunyai Ukuran yang lebih kecil dari vena cava dan terdiri dari suatu vena pulmonalis kanan dan vena pulmonalis kiri.


Fungsi vena pulmonalis : untuk membawa darah yang kaya oksigen kembali ke suatu jantung yang kemudian diedarkan ke semua tubuh.


 


7. Katup Trikuspidalis


Katup trikuspidalis atau katup trikuspid yakni suatu katup yang mempunyai tiga daun katup. Katup ini sanggup terbuka kalau sistole berkontraksi dan sanggup menutup kembali.


Fungsi katup trikuspidalis : Untuk memisahkan suatu atrium kanan dan suatu ventrikel kanan dan untuk membantu mengalirkan darah miskin oksigen dari suatu atrium kanan ke ventrikel kanan.


 


8. Katup Mitral


Katup mitral atau yang disebut bicuspid yakni suatu katup yang memisahkan suatu atrium kiri dan ventrikel kiri. Katup ini sanggup terbuka pada ketika darah kaya oksigen di atrium kiri hendak mengalir ke suatu ventrikel kiri.


Fungsi katup mitral : untuk mencegah suatu darah yang telah berada di suatu ventrikel kiri kembali ke atrium kiri.


 


9. Ventrikel


Ventrikel yakni mempunyai dua ruang kosong dari empat ruang di pecahan bawah jantung. Ventrikel juga sering disebut dengan bilik. Ada dua pecahan ventrikel, yaitu ventrikel kiri (bilik kiri) dan ventrikel kanan (bilik kanan).


Fungsi ventrikel : untuk mendapatkan darah dari suatu atrium yang kemudian membawanya keluar dari suatu jantung. Fungsi ventrikel kiri yaitu untuk mendapatkan darah dari suatu atrium kiri dan membawanya ke seluruh tubuh. dan fungsi ventrikel kanan yakni untuk mendapatkan darah dari atrium kanan dan membawanya ke sebuah paru-paru.


 


10. Vena Kava Inferior


Vena kava inferior atau vena cava inferior yakni suatu vena terbesar dalam suatu badan manusia.


Fungsi vena kava inferior : untuk membawah darah dari pecahan bawah badan ke atrium kanan jantung.


 


11. Katup Atrioventrikular


Katup atrioventrikular atau katup atrioventrikuler yakni suatu katup yang terletak di antara suatu atrium dan suatu ventrikel.


Fungsi katup atrioventrikular : untuk menciptakan suatu darah hanya sanggup mengalir dari suatu atrium ke ventrikel.


 


12. Dinding Jantung


Dinding jantung yakni suatu pecahan terluar yang melapisi suatu jantung. Dinding jantung ini terdiri dari tiga macam lapisan yaitu lapisan endokardium (terdalam), lapisan miokardium (bagian tengah), dan lapisan epikardium (terluar). Lapisan Endokardium yang terdiri dari epitel pipih selapis. Lapisan Miokardium yang terdiri dari otot kardiak (otot jantung). Lapisan Epikardium yakni suatu membran fibrosa.


Fungsi dinding jantung : Untuk menciptakan jantung berdetak dan mencegah supaya jantung tidak bocor.


 


jantung mempunyai fungsi yang sangat vital bagi badan manusia, berhentinya kinerja jantung akan menimbulkan insan meninggal. Itulah klarifikasi wacana √ Jantung : Pengertian, Bagian & Fungsinya [ TERLENGKAP ]. Semoga ilmu yang dibaca oleh pembaca bermanfaat. sekian dan terimakasih.


 


Baca Juga Artikel Lainnya :


Baca Juga :  √ Paru-Paru : Pengertian, Bagian, Fungsi & Jenis Penyakitnya Terlengkap

Baca Juga :  √ Lambung : Pengertian, Bagian, Fungsi & Penyakitnya Lengkap

Baca Juga :  √ Ginjal : Pengertian, Bagian, Fungsinya & Penyakitnya Lengkap

Baca Juga :  √ Hati : Pengertian, Bagian, Fungsi & Jenis Penyakitnya Terlengkap

Baca Juga :  √ Otak : Pengertian, Bagian, Fungsi & Jenis Penyakitnya Lengkap

 


 



Sumber aciknadzirah.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "√ Jantung : Pengertian, Bab Fungsinya Terlengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel