-->

iklan banner

√ Sel Binatang : Pengertian, Struktur Fungsinya Terlengkap

√ Sel Hewan : Pengertian, Struktur & Fungsinya Terlengkap  Masih membahas ihwal organel-organel sel dimana pembahasan kali ini lebih spesifik dan mendetail mengenai organel sel hewan. Untuk membantu pemahaman mari simak penjelasannya pada artikel ini.


 


organel sel dimana pembahasan kali ini lebih spesifik dan mendetail mengenai organel sel h √ Sel Hewan : Pengertian, Struktur  Fungsinya Terlengkap
√ Pengertian Sel Hewan, Struktur, dan Fungsi Penjelasannya Terlengkap

 


 


Pengertian Sel Hewan


Sel binatang merupakan suatu bentuk dari sel eukariotik yang membentuk jaringan tubuh dan kemudian membentuk organ. Sel binatang ini tidak mengecewakan berbeda kalau dibandingkan dengan sel tumbuhan.


Sel tumbuhan ini mempunyai dinding sel dan kloroplas, sementara sel binatang tidak mempunyai dinding sel. Ini cukup terperinci untuk menggambarkan perbedaan antara sel binatang dan tumbuhan.


 


 


Senyawa, Bentuk dan Ukuran Sel


Perlu kalian ketahui bahwa pada sel tersebut dikriteriakan menjadi beberapa kriteria menyerupai berikut :


 


Senyawa di Dalam Sel


Terdapat beberapa senyawa yang terdapat dalam sel, diantaranya ialah sebagai berikut :



  • Karbohidrat misalnya gula, pati, dan selulosa. Senyawa ini penting dalam suatu proses fotosintesa.

  • Lipid misalnya lemak dan minyak. Digunakan sebagai suatu cadangan makanan.

  • Protein ini biasanya berupa enzim. Berperan dalam suatu proses metabolisme.

  • Asam nukleat ini terdapat dalam bentuk DNA dan RNA. Senyawa ini berperan penting dalam suatu proses sintesis protein.


 


 


Ukuran Sel


Pada umumnya perbedaan untuk ukuran sel ini berafiliasi dengan suatu volume dal luas areal permukaan sel itu sendiri.


Ukuran untuk sel aktif yang melaksanakan metabolisme cenderung mempunyai ukuran yang lebih kecil daripada sel tidak aktif metabolisme. Secara garis besar penyusun sel tubuh binatang dan tumbuhan ini mempunyai diameter sekitar 10 – 30 μm.


 


 


Bentuk Sel


Untuk ciri-ciri bentuk sel pada binatang biasanya ada empat, diantaranya sebagai berikut :



  • Cakram kecil

  • Celondong

  • Kolumner

  • Polihedral


 


 


Struktur Sel Hewan dan Fungsinya


Pada pada dasarnya kalau dilihat dari struktur, tipe enzim hingga materi genetiknya, semua sel bersama-sama sama, meskipun tipe sel yang beragam.


Adapun untuk suatu struktur atau susunan sel dari yang terluar hingga terdalam ialah sebagai berikut :


 


1. Membran Sel


Membran sel merupakan salah satu bab sel yang paling luar dan sanggup berfungsi sebagai pembungkus sel. Pada bab membran sel ini juga tersusun dari protein (Lipoprotein). Selain itu tugas penting yang lainnya yaitu sebagai pengatur mineral dan nutrisi yang terdapat di dalam ataupun luar sel.


Disisi lain selain kedua fungsi diatas, ada juga fungsi yang lainnya, diantaranya sebagai berikut :



  • Untuk mengatur keluar masuk nutrisi dan mineral.

  • Sebagai pembungkus atau pelindung sel.

  • Menerima suatu rangsangan dari luar.

  • Sebagai tempat berlangsungnya banyak sekali reaksi kimia.


 


2. Sitoplasma


Selain pada tumbuhan, Sitoplasma ini juga terdapat pada sel hewan. Sitoplasma merupakan suatu bab sel yang berupa cairan dan mempunyai bentuk menyerupai gel.


Dalam pembentukannya, organel ini akan mengalami dua proses fase yakni fase gel (cair) dan fase sol (padat). Biasanya cairan tersebut akan sanggup kita jumpai pada Nukleus yang umumnya disebut dengan istilah Nukleoplasma.


Adapun sifat dari Sitoplasma ini yaitu suatu koloid komplek atau tidak cair dan juga tidak padat. Dengan demikian sanggup berubah-ubah sesuai pada konsentrasi airnya.


Biasanya kalau berada pada konsentrasi air yang rendah, maka akan bisa menjadi lembek. Namun kalau berada pada konsentrasi air yang cukup tinggi, maka gel tersebut akan bisa merubah menjadi encer atau sering dikenal dengan Sol.


Untuk fungsi dari Sitoplasma ini bersama-sama ada banyak sekali, diantaranya yakni :



  • Sebagai suatu sumber materi kimia sel.

  • Tempat berlangsungnya suatu metabolisme sel.


 


3. Retikulum Endoplasma


Reticulum Endoplasma yaitu suatu organel yang tersusun oleh benang-benang dan terletak pada inti sel. Namun para mahir ini membagi Reticulum Endoplasma menjadi dua, yaitu Retikulum Endoplasma halus (REh) dan Retikulum Endoplasma bernafsu (REk).


Untuk Retikulum Endopasa bernafsu pada umumnya bisa menempel juga pada Ribosom. Sedangkan untuk Retikulum Endoplasma halus ini mempunyai tugas untuk tidak menempel dengan Ribosom.


Adapun fungsi dari Retikulum Endoplasma sendiri ialah sebagai berikut :



  • Sebagai suatu sintesis protein (Rek).

  • Sebagai tempat pengangkut pada sintesis, steroit dan lemak.

  • Membantu detoksifikasi suatu sel-sel berbahaya di dalam sel (REh).

  • Sebagai tempat untuk bisa menyimpan fospolipid, steroid dan glikolipid.


 


4. Mitokondria


Mitokondria merupakan suatu organel sel yang mempunyai fungsi sangat penting. Bagian ini juga mempunyai tugas sebagai mesin dalam sel. Pada organel ini juga mempunyai dua bab yaitu lapisan membran yang lekuk-lekuk dan biasanya disebut dengan Kritas.


Selain itu ada bab zat Glukosa dan Oksigen yang saling bekerja sama dalam proses pembentukan energi pada sel.


Dengan demikian hal tersebut juga termasuk sebagai suatu proses metabolisme dan acara seluler. Selain itu banyak juga yang menyebutkan bab ini dengan sebutan sebagai The Power House, hal ini alasannya organisme ini sanggup menghasilkan energi.


Kemudian ada juga Mitokondria yang berbentuk tunggal dan biasanya disebut juga dengan nama Mitokondrion. Pada bab tersebut sanggup mengubah suatu energi kimia menjadi energi yang lainnya.


Untuk fungsi lain dari Mitokondria ini ialah sebagai berikut :



  • Sebagai suatu repirasi seluler.

  • Sebagai suatu penghasil energi dalam bentuk ATP.


 


5. Mikrofilamen


Mikrofilamen yaitu sebuah organel sel yang terbentuk dari suatu protein aktin dan myosin. Jika dilihat dari bentuknya, bab ini sekilas hampir sama dengan Mikrotobulus, namun yang sanggup membedakan keduanya yaitu pada tekstur dan ukurannya.


Biasanya pada Miktofilamen ini mempunyai tekstur yang lembut dan mempunyai ukuran diameter yang kecil. Untuk fungsi dari Mikrofilamen itu sendiri yaitu berperan sebagai pelopor sel Endositosos dan Eksotisotis.


 


6. Lisosom


Lisosom yaitu suatu organel sel yang berbentuk menyerupai kantong yang terikat pada membran dan pada bab ini berisi kandungan enzim hidrolitik.


Adapun enzim tersebut akan bisa berkhasiat sebagai pengontrol pencernaan intraseluler pada keadaan apa saja. Bagian Lisosom ini terletak pada suatu sel Eukariotik.


Adapun untuk fungsi dari Lisosom itu sendiri diantaranya yaitu sebagai berikut :



  • Untuk mengontrol suatu pencernaan intraseluler.

  • Sebagai mencerna suatu materi dengan memakai fagositosis.

  • Sebagai penghancuran suatu organel sel yang telah rusak (autofagi).

  • Sebagai pemasukan pada makromulekul dari luar menuju ke dalam sel dengan prosedur endositosis.


 


7. Peroksisom (Badan Mikro)


Peroksisom yaitu suatu organel sel yang mempunyai kantong kecil yang berisi enzim katalase. Untuk fungsi dari enzim itu sendiri yakni untuk bisa menguraikan peroksida (H2O2) atau metabolisme yang bersifat toksik, yaitu yang sanggup menetralkan air dan oksigen berbahaya pada sel. Organel Peroksisom ini sendiri terletak disekitar sel hati dan ginjal.


Fungsi lain dari organel ini diantaranya yaitu sebagai berikut :



  • Perubahan sebuah lemak menjadi karbohidrat.

  • Menguraikan perokida (H2O2) dari sisa-sisa pada metabolisme toksik.


 


8. Ribosom


Ribosom merupakan suatu organel sel yang mempunyai trkstur permukaan yang padat, kecil, serta dengan ukuran diameter sekitar 20 cm. Peran dari Riosom itu sendiri ialah sebagai menerjemahkan RNA semoga bisa membentuk menjadi rantai polipeptida (protein) dengan hanya memakai zat asam amino saja saat proses translasi.


Selain itu organel tersebut juga hanya terdiri dari RNA Risobom (rRNA) yang sebanyak 65% dan selebihnya yaitu protein Ribosom (Ribonukleoprotein atau RNP) sekitar 35%.


Di dalam sel Ribosom ini juga terdapat terikat yang berada pada Retikulum Endoplasma bernafsu (REk), atau membran inti sel. Selain itu Ribosom ini juga mempunyai fungsi sebagai tempat berlangsungnya proses sintesis protein.


 


9. Sentriol


Sentriol merupakan suatu organel sel yang mempunyai bentuk hampir sama dengan tabung. Bagian ini juga sanggup kalian temukan pada sel Eukariota. Disisi lain fungsi dari Sentriol ini yaitu berperan dalam suatu pembelahan sel pada saat terjadi pembentukan Sisila dan Flagela.


Selain itu sepasang Sentriol juga bisa membentuk suatu struktur adonan yang dikenal dengan sebutan Sentrosom.


Adapun fungsi yang lainnya dari Sentriol itu sendiri yaitu sebagai berikut :



  • Berperan dalam membentuk silia dan flagella.

  • Sebagai suatu proses pembelahan sel dalam membentuk benang spindle.


 


10. Mikrotobulus


Seperti yang kita ketahui bahwa selain ada di hewan, Mikrotobulus ini juga sanggup ditemukan pada sel tumbuhan. Mikrotobulus merupakan suatu organel sel yang berada pada Sitoplasma dan bisa ditemukan pada sel Eukaroit.


Bentuk dari Mikrotobulus yaitu sebuah silindris panjang serta berongga. Kemudian untuk ukuran dari suatu organel tersebut yaitu dengan diameter sekitar 12 nm dan diameter luar kurang lebih 25 nm.


Adapun penyusun dari Mikrotobulus sendiri yaitu terdiri dari beberapa molekul-molekul yang berbentuk lingkaran yaitu protein globular atau sering disebut dengan Tubulin.


Sehingga dalam posisi tidak sadar pada organel ini bisa bergabung untuk membentuk silindris yang berongga dalam kondisi tertentu. Selain itu Mikrotobulus ini juga mempunyai sifat kaku yang tidak sanggup berubah-ubah dalam bentuknya.


Organel ini mempunyai fungsi ialah sebagai berikut :



  • Untuk bisa melindungi sel.

  • Untuk memberi bentuk sel.

  • Berperan dalam suatu pembentukan flagela, silia dan sentriol.


 


11. Badan Golgi


Aparatus Glogi atau yang lebih sering dikenal dengan sebutan Badan Golgi ini merupakan salah satu organel sel yang ada kaitannya dengan fungsi dari ekskresi sel. Biasanya Badan Golgi ini sanggup ditemukan disemua sel Eukariotik.


Seperti yang telah disebutkan diatas bahwa suatu organel yang satu ini mempunyai tugas yang sangat penting yaitu pada proses ekskresi pada sel. Adapun bentuk untuk Badan Golgi ini yaitu hampir sama dengan suatu kantong pipih yang berukuran kecil hingga besar dan terikat dengan membran.


Perlu kalian ketahui bahwa disetiap sel pada binatang ini selalu mengandung 10-20 tubuh golgi.


Fungsi dari Badan golgi diantaranya ialah sebagai berikut :



  • Untuk bisa memproses protein.

  • Membentuk suatu lisosom.

  • Untuk bisa membentuk membran plasma.

  • Membentuk vesikula (kantung) untuk suatu ekskresi.


 


12. Nukleus


Nukleus yaitu suatu organel sel yang berperan sebagai pengatur atau mengendalikan segala acara sel. Proses ini mulai dari suatu metabolisme hingga pada pembelahan sel.


Disisi lain Nukleus ini juga mengandung materi genetik berbentuk DNA Linear panjang yang membentuk Kromosom. Pada umumnya organel ini juga sanggup kita temukan pada sel Eukaroit serta yang terdiri dari beberapa bab menyerupai membran inti, Nuekloplasma, Kromatin atau Kromoom dan juga Nukleus.


Adapun untuk fungsi dari Nukleus itu sendiri diantaranya yakni :



  • Tempat terjadinya suatu replikasi.

  • Menyimpan suatu isu genetik.

  • Untuk bisa menjaga integritas gen-gen.

  • Mengendalikan suatu proses metabolisme dalam sel.

  • Mengontrol suatu acara sel dengan mengelola verbal gen.


 


13. Nukleolus


Nukleolus yaitu suatu organel sel yang terletak pada inti sel atau Nukleus. Selain itu organel yang satu ini selalu berperan dalam suatu pembentukan protein dengan memakai RNA atau Asam Riboukleat. Disisi lain Nukleolus ini juga berfungsi dalam pembentukan protein.


 


14. Nukleoplasma


Nukleoplasma ini merupakan salah satu organel sel yang mempunyai tekstur yang padat dan juga sanggup kita temukan di dalam inti sel atau Nukleus. Pada Nukleoplasma ternyata terdiri dari beberapa serat Kromatin yang padat dan membentuk Kromosom. Adapun salah satu fungsi dari organel ini yakni sebagai pembawa isu genetika.


 


15. Membran Inti


Membran inti yaitu suatu elemen struktural utama Nukleus yang membungkus keseluruhan organel. Selain itu organel ini yaitu sebagai pemisah antara Sitoplasma dan tempat inti.


Organel ini juga bersifat tidak permeable (berpori-pori) sehingga sebagian besar molekul yang menciptakan Nukleus membutuhkan pori inti. Dengan demikian membran Nukleus ini bisa melintasi membran.


Membran inti mempunyai fungsi sebagai berikut yaitu :



  • Sebagai pelindung inti sel (Nukleus).

  • Sebagai tempat suatu pertukaran zat antara materi inti dan Sitoplasma.


Di dalam sel binatang dan sel tumbuhan ini memang mempunyai kemiripan dalam strukturnya. Ada juga beberapa perbedaan dalam sel binatang dan tumbuhan. Untuk sanggup lebih terperinci dan lengkapnya mengenai perbedaan sel tumbuhan dan binatang anda bisa menyimak artikel sebelumnya.


 


 


Perbedaan Sel Hewan dan Tumbuhan


Seperti yang kita ketahui bahwa meskipun sel binatang dengan tumbuhan ini hampir sama, namun diantaranya juga terdapat beberapa perbedaan.


Adapun perbedaan antara sel binatang dan tumbuhan perhatikan pada gambar dibawah ini sebagai berikut :


 


organel sel dimana pembahasan kali ini lebih spesifik dan mendetail mengenai organel sel h √ Sel Hewan : Pengertian, Struktur  Fungsinya Terlengkap
√ Pengertian Sel Hewan, Struktur, dan Fungsi Penjelasannya Terlengkap

 


Demikianlah klarifikasi mengenai √ Pengertian Sel Hewan, Struktur, dan Fungsi Penjelasannya Terlengkap. Semoga memperlihatkan suatu manfaat dan wawasan ilmu lebih dalam lagi serta ilmu pengetahuan bagi para pembaca. Terima kasih.


 


Baca Juga Artikel :


Baca Juga :  Pengertian, Bagian-Bagian, dan Fungsi Kulit Menurut Para Ahli Biologi Beserta 20 Penyakit Kulit


Baca Juga :  √ Fungsi Akar : Pengertian, Struktur, Ciri & Sifatnya Lengkap


Baca Juga :  √ Sel Tumbuhan : Pengertian, Fungsi, Jenis, Karakteristik, dan Struktur Terlengkap


Baca Juga :  √ Perbedaan Sel Hewan Dan Sel Tumbuhan Serta Tabel + Gambarnya Lengkap



Sumber aciknadzirah.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "√ Sel Binatang : Pengertian, Struktur Fungsinya Terlengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel