-->

iklan banner

✔ Pepaya Dan Manfaatnya

Halo kawan, jumpa lagi bersama adenalfi, disini kami akan mengulas wacana pohon pepaya hingga dengan beberapa keuntungannya bagi kita.
Pepaya (Carica papaya L.), atau betik yaitu flora yang berasal dari Meksiko cuilan selatan dan cuilan utara dari Amerika Selatan, dan sekarang menyebar luas dan banyak ditanam di seluruh tempat tropis untuk diambil buahnya.

 C. papaya yaitu satu-satunya jenis dalam genus Carica . Nama pepaya dalam bahasa Indonesia diambil dari bahasa Belanda , "papaja", yang pada gilirannya juga mengambil dari nama bahasa Arawak , "papaya". Dalam bahasa Jawa pepaya disebut "katès" dan dalam bahasa Sunda "gedang".
Pepaya yaitu monodioecious' (berumah tunggal sekaligus berumah dua) dengan tiga kelamin: flora jantan, betina, dan banci (hermafrodit).


Bunga pepaya jantan

Tumbuhan jantan dikenal sebagai "pepaya gantung", yang walaupun jantan kadang kala sanggup menghasilkan buah pula secara "partenogenesis". Buah ini mandul (tidak menghasilkan biji subur), dan dijadikan materi obat tradisional. Bunga pepaya mempunyai mahkota bunga berwarna kuning pucat dengan tangkai atau duduk pada batang.

Bunga jantan pada flora jantan tumbuh pada tangkai panjang. Bunga biasanya.ditemukan pada tempat sekitar pucuk. Bentuk buah lingkaran hingga.memanjang, dengan ujung biasanya meruncing. Warna buah dikala muda hijau gelap, dan sehabis masak hijau muda hingga kuning. Bentuk buah membulat bila berasal dari tumbuhan betina dan memanjang (oval) bila.dihasilkan tumbuhan banci.


                Buah pepaya betina



                  Buah pepaya banci

Tanaman waria lebih disukai dalam budidaya lantaran sanggup menghasilkan buah lebih banyak.dan buahnya lebih besar. Daging buah berasal dari karpela yang menebal, berwarna kuning hingga merah, tergantung varietasnya. Bagian tengah buah berongga. Biji- biji berwarna hitam atau kehitaman dan terbungkus semacam lapisan berlendir (pulp ) untuk mencegahnya dari kekeringan. Dalam budidaya, biji- biji untuk ditanam kembali diambil dari cuilan tengah buah.

Kelamin jantan pepaya ditentukan oleh suatu kromosom Y-primitif, yang 10% dari keseluruhan panjangnya tidak mengalami rekombinasi. Suatu penanda genetik RAPD juga telah ditemukan untuk membedakan pepaya berkelamin betina dari pepaya jantan atau banci.

Kultivar pepaya bermacam-macam lantaran berbeda-beda pemanfaatan dan selera konsumen.

  • Pepaya bangkok
    Pepaya bangkok diintroduksi dari Thailand . Permukaan buahnya tidak rata dan kulit luarnya relatif tipis, sehingga sulit dikupas.
    Kelebihannya, dagingnya manis dan berair. Buahnya berukuran besar.
  • Pepaya Solo F17
    Ini yaitu pepaya kultivar bibit unggul unggul dari Hawaii. Buahnya kecil- kecil dan disukai oleh konsumen barat.
  • Pepaya Callina
    Pepaya ini yaitu adalah salah satu varietas pepaya hasil pemuliaan oleh tim Pusat Kajian Hortikultura Tropika (PKHT) di Institut Pertanian Bogor. Namun, di pasaran pepaya ini lebih dikenal dengan sebutan "pepaya california" sehingga tidak heran banyak orang terkecoh dan menerka bahwa pepaya ini termasuk buah impor.

Sekarang manfaat pepaya bagi kesehatan kita:

  1. Kesehatan Kulit
Pepaya mempunyai tugas aktif dibidang kecantikan maupun kesehatan, salah satunya untuk permukaan kulit dalam hal melembabkan ataupun mencerahkan serta menyegarkan kulit yang kusam. Hal ini disebabkan oleh kandungan vitamin A, C dan E dalam buah pepaya.

  2. Membesarkan Alat Vital Pria
Kandungan enzim arginine yang disimpan dalam buah pepaya berkemampuan dalam hal mendongkrak fatwa darah pada areal Mr. P. Argarine mendongkrak produksi asam nitrat dalam badan untuk merileksasikan otot-otot di sekitar pembuluh darah, jadinya Mr. P akan membesar dalam waktu yang signifikan seiring banyaknya enzim arginine yang masuk ke dalam tubuh.

  3. Mengoptimalkan Fungsi Pencernaan
Pepaya bisa melancarkan sembelit, hal ini lantaran kandungan serat yang tinggi pada buah pepaya bisa diserap dengan tepat oleh sistem pencernaan tubuh. Sementara kandungan antioksidannya bisa membersihkan sisa masakan pada usus dan membuangnya melalui terusan pembuangan.

  4. Meminilasir Risiko Mata Rusak
Jika Anda orang yang terus bertatapan dengan layar beling tiap harinya, penuhi kebutuhan vitamin A semoga mata tetap sehat dan segar. Caranya yaitu rutin konsumsi daging pepaya pada jam- jam tertentu, contohnya sehabis makan atau waktu istirahat. Dengan demikian risiko mata mengalami kerusakan semakin kecil.

  5. Menangkal Radikal Bebas
Jika badan mengalami radikal bebas , kulit akan menanggung bermacam-macam dilema menyerupai keriput. Untuk itu jikalau Anda tidak ingin terlihat bau tanah di usia muda, rajin rajin makan buah pepaya lantaran kandungan antioksidannya bisa menangkal radikal bebas.

  6. Obat Bekas Gigitan Ular Berbisa
Perlu penanganan sesegera mungkin jikalau Anda terkena gigitan ular berbisa. Siapkan 5 ruas jari akar pepaya, bersihkan dengan air, halus dengan ditumbuk, balurkan obat ini pada kulit yang tergigit. Setelah itu dibalut memakai kain lap, ganti 2 kali sehari.

  7. Obat Kulit Melepuh
Bisa lantaran terbakar atau terkena knalpot yang panas, segera obati dengan ramuan ini. Ambil kulit buah pepaya, peras dan tampung getahnya. Oleskan pada kulit yang melepuh secara merata, diamkan seharian. Apabila kulit yang melepuh terlalu lebar, gunakan daging buah pepaya yang ditumbuk untuk mengobatinya.

  8. Obat Demam atau Malaria
Ambil selembar daun lelaya, tumbuk hingga memenuhi 1/2 gelas. Tuangkan air sebanyak 3/4 gelas, dan masukkan garam. Peras daun pepaya, saring airnya kemudian minum 3 kali sehari. Pengobatan ini bisa Anda lakukan minimal 5 hari berturut- turut dalam seminggu.
 
  9. Obat Untuk Menambah Nafsu Makan
Anda atau si kecil sedang tidak nafsu makan? Coba minum obat untuk merangsang nafsu makan ini. Caranya dengan memetik selembar daun pepaya, basuh dan lumatkan dengan tangan. Tambahkan garam dan air bertahap sebanyak 1/4 gelas, peras daun. Airnya diminum hingga habis.

  10. Obat Flu
Petik 2 lembar daun pepaya muda, lumatkan, tuangkan air, setelahnya diperas. Tambahkan garam dan minum air perasan daun pepaya ini sehari 2 kali untuk takaran anak-anak, dan 4 kali sehari untuk takaran orang dewasa.

  11. Obat Sakit Gigi
Cukup dengan meneteskan getah daun pepaya muda pada gigi yang sakit memakai kapas. Lakukan hingga semua basil terbunuh dan rasa sakit gigi mereda.

Selengkapnya disini:



Demikianlah beberapa ulasan dari kami wacana pepaya dan semoga banyak manfaatnya.

Sumber http://adenalfi.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "✔ Pepaya Dan Manfaatnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel