-->

iklan banner

√ Pengertian Politik, Tujuan, Macam Dan Perilakunya Terlengkap

√ Pengertian Politik, Tujuan, Macam Dan Perilakunya Terlengkap Banyak yang dipahami orang jikalau politik itu kotor, politik itu jelek, politik itu gak baik. Sangat disayangkan dengan suatu pemahaman yang demikian terhadap arti politik atau pengertian wacana politik.


Pengertian politik intinya atau hakekatnya yakni pengertian wacana suatu kenegaraan. Politik yakni suatu ilmu wacana negara, wacana pemerintahan, atau pengetahuan wacana kehidupan bernegara. Berikut klarifikasi lengkapnya wacana politik.


 Banyak yang dipahami orang jikalau politik itu kotor √ Pengertian Politik, Tujuan, Macam Dan Perilakunya Terlengkap


 


Pengertian Politik


Apakah arti dari politik? Pengertian Politik yakni suatu proses pembentukan dan pembagian kekuasaan dalam masyarakat dimana wujudnya yakni suatu proses pembuatan keputusan, khususnya dalam negara.


Definisi politik juga sanggup diartikan sebagai suatu seni dan ilmu untuk meraih kekuasaan, baik secara konstitusional maupun non-konstitusional.


Pengertian politik secara etimologis ialah dari bahasa Yunani, yaitu “Polis” yang artinya yakni Negara Kota. Pada penggunaannya kata tersebut kemudian berkembang, sebagai :



  • Polities yang artinya warga negara

  • Politikos yang artinya kewarganegaraan

  • Politike Episteme yang artinya ilmu politik

  • Politicia yang artinya pemerintahan negara


Ditinjau dari asal katanya maka definisi politik yakni suatu kegiatan dalam suatu sistem politik atau negara yang menyangkut penentuan tujuan dari sistem tersebut dan bagaimana cara mencapai tujuan.


 


Pengertian Politik Menurut KBBI



  • Pengetahuan mengenai suatu ketatanegaraan atau kenegaraan. Seperti wacana sistem pada pemerintahan, dasar pemerintahan.

  • Segala urusan dan tindakan kebijakan, siasat, dan sebagainya yang mengenai pemerintahan negara atau terhadap negara lain

  • Cara bertindak untuk menghadapi atau menangani suatu duduk perkara kebijaksanaan


 


 


Pengertian Politik Menurut Para Ahli


Untuk lebih memahami apa arti politik, maka kita sanggup merujuk pada pendapat berdasarkan para mahir dan tokoh mengenai definisi politik, diantaranya yakni :


 


1. Andrew Heywood


Politik yakni kegiatan pada suatu negara yang bertujuan untuk membuat, mempertahankan, serta mengamandemen semua peraturan umum yang mengatur kehidupannya, yang artinya tidak sanggup terlepas dari suatu tanda-tanda konflik dan kerjasama.


 


2. Roger F. Soltau


Politik yakni suatu ilmu yang mempelajari wacana negara, tujuan-tujuan negara, dan lembaga-lembaga negara yang akan melakukan tujuan tersebut dan korelasi antara negara dengan warga negaranya serta negara lain.


 


3. Miriam Budiardjo


Politik yakni aneka macam kegiatan dari suatu sistem politik (Negara) yang menyangkut suatu  proses memilih tujuan-tujuan dari sistem indonesia dan melakukan tujuan-tujuan tersebut.


 


4. Sri Sumantri


Politik yakni suatu pelembagaan dari korelasi antar insan yang dilembagakan dalam aneka macam tubuh politik, baik suprastruktur politik dan infrastruktur politik.


 


5. Max Weber


Politik yakni suatu sarana usaha untuk sama-sama melakukan politik atau usaha untuk mensugesti pendistribusian kekuasaan baik di antara Negara-negara maupun diantara aturan dalam suatu Negara.


 


6. Kartini Kartolo


Politik yakni suatu kegiatan sikap atau proses yang memakai kekuasaan untuk menegakkan peraturan-peraturan dan keputusan-keputusan yang sah berlaku di tengah masyarakat.


 


7. Hans Kelsen


Menurut Hans Kelsen, ada dua definisi politik, yaitu sebagai berikut :



  • Politik sebagai etik yang berkenaan dengan tujuan insan atau individu biar tetap hidup secara sempurna.

  • Politik sebagai teknik yang berkenaan dengan cara (metode) insan atau individu untuk mencapai tujuan.


 


8. Carl Schmidt


Politik yakni suatu dunia yang didalamnya orang-orang lebih menciptakan suatu keputusan-keputusan dari pada lembaga-lembaga abstrak.


 


9. Maurice Duverger


Politik yakni suatu kekuasaan, kekuatan seluruh jaringan lembaga-lembaga (institusi) yang mempunyai kaitan dengan otoritas, dalam hal ini suasana didominasi beberapa orang atas orang lain.


 


10. Joyce Mitchell


Politik yakni suatu pengambilan keputusan kolektif atau pembuatan suatu kebijakan umum untuk masyarakat secara keseluruhan.


 


11. Cheppy H.Cahyono


Politik yakni macam-macam kegiatan dalam sistem politik atau negara yang menyangkut suatu proses memilih dan sekaligus melakukan tujuan-tujuan sistem tersebut.


 


12. Gabriel A. Almond


Politik yakni suatu kegiatan yang bekerjasama dengan kendali pembuatan keputusan publik dalam masyarakat tertentu di wilayah tertentu, di mana kendali ini sanggup disokong lewat instrumen yang sifatnya otoritatif (berwenang secara sah) dan koersif (bersifat memaksa).


Politik ini mengacu pada penggunaan instrumen otoritatif dan koersif ini-siapa yang berhak menggunakannya dan dengan tujuan apa.


 


13. Seely dan Stephen Leacock


Politik yakni suatu ilmu yang harmonis dalam menangani pemerintahan.


 


14. Adolf Grabowsky


Politik yakni memeriksa negara dalam keadaan yang bergerak.


 


15. Rod Hague


Politik yakni suatu kegiatan yang menyangkut cara bagaimana kelompok-kelompok mencapai keputusan-keputusan yang bersifat kolektif dan mengikat melalui usaha untuk mendamaikan perbedaan-perbedaan diantara anggota-anggotanya.


 


16. Wilbur White


Politik yakni suatu ilmu yang mempelajari asal mula, bentuk-bentuk dan proses-proses negara dan pemerintah.


 


17. Ossip K. Flechteim


Politik yakni suatu ilmu social yang khusus mempelajari sifat dan tujuan dari negara sejauh negara merupakan suatu organisasi kekuasaan, beserta sifat dan tujuan gejala-gejala kekuasaan lain yang tak resmi yang sanggup mensugesti negara.


 


18. Harold Laswell


Politik yakni suatu ilmu yang mempelajari pembentukan dan pembagian kekuasaan.


 


19. Ramlan Surbakti


Politik yakni suatu proses interaksi antara pemerintah dan masyarakat untuk memilih kebaikan bersama bagi masyarakat yang tinggal dalam suatu wilayah tertentu.


 


20. F. Isjwara


Politik yakni salah satu usaha untuk memperoleh suatu kekuasaan atau sebagai teknik menjalankan kekuasaan-kekuasaan.


 


21. Hamid


Politik di masa modern ini meliputi pemerintah suatu negara dan pula organisasi yang didirikan insan lainnya, di mana “pemerintah” yakni suatu otoritas yang teroganisir dan menekankan pelembagaan kepemimpinan serta pengalokasian nilai secara otoritatif.


 


22. Litre


Politik yakni suatu ilmu memerintah dan mengatur negara.


 


23. Franz Magnis Suseno


Politik yaitu segala kegiatan insan yang berorientasi kepada masyarakat secara keseluruhan, atau yang berorientasi kepada negara. Sebuah keputusan itu disebut dengan keputusan politik apabila diambil dengan memperhatikan kepentingan masyarakat sebagai keseluruhan. Suatu tindakan yang harus disebut politis apabila menyangkut masyarakat sebagai keseluruhan.


 


24. Paul Janet


Politik yakni suatu ilmu yang mengatur perkembangan negara begitu juga prinsip-prinsip pemerintahan.


 


25. Ibnu Aqil


Politik yakni hal-hal mudah yang mendekati suatu kemaslahatan bagi insan dan lebih jauh dari kerusakan meskipun tidak digariskan oleh Rasulullah SAW.


 


26. W.A Robson


Politik yakni suatu ilmu yang mempelajari kekuasaan dalam masyarakat, yaitu sifat hakiki, dasar, proses-proses, ruang lingkup dan hasil-hasil.


 


27. Robert


Politik yakni seni untuk memerintah dan mengatur masyarakat manusia.


 


28. Johan Kaspar Blunchli


Politik yakni suatu ilmu yang memerhatikan duduk perkara kenegaraan, dengan memperjuangkan pengertian dan pemahaman wacana negara dan keadaannya, sifat-sifat dasarnya dalam aneka macam bentuk atau manifestasi pembangunannya.


Menurutnya, politik juga bisa menciptakan konsep-konsep pokok wacana negara (state), kekuasaan (power), pengambilan keputusan (decision marking), kecerdikan (policy of beleid), dan pembagian (distribution) atau alokasi (allocation).


 


29. Aristoteles


Politik yakni suatu upaya atau cara untuk memperoleh sesuatu yang dikehendaki.


 


 Banyak yang dipahami orang jikalau politik itu kotor √ Pengertian Politik, Tujuan, Macam Dan Perilakunya Terlengkap


 


Tujuan Politik


Mengacu pada definisi politik di atas, maka kita sanggup mengetahui apa dari tujuan politik. Berikut ini yakni beberapa tujuan politik pada umumnya ialah :



  • Untuk mengupayakan biar suatu kekuasaan di masyarakat dan pemerintahan sanggup diperoleh, dikelola, dan diterapkan sesuai dengan norma aturan yang berlaku.

  • Untuk mengupayakan biar suatu kekuasaan yang ada di masyarakat dan pemerintah sanggup memperoleh, mengelola, dan menerapkan demokrasi secara keseluruhan.

  • Untuk mengupayakan suatu penerapan dan pengelolaan politik di masyarakat dan pemerintahan sesuai dengan kerangka mempertahankan prinsip Negara Kesatuan Republik Indonesia.


 


Sedangkan, tujuan politik di Indonesia ialah sebagai berikut :



  • Untuk sanggup melindungi hak-hak semua warga negara Indonesia tanpa terkecuali, dan menjaga pelaksanaan kewajiban-kewajiban dengan melakukan pemerintahan untuk mengatur keamanan.

  • Untuk sanggup mensejahterakan kehidupan seluruh masayarakat Indonesia.

  • Untuk sanggup memastikan terlaksananya sistem pendidikan demi memajukan bangsa dan negara.

  • Untuk bisa menjaga keamanan dan perdamaian, serta kehidupan sosial yang seimbang, baik dalam negeri maupun luar negeri.


Penerapan politik dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, politik diartikan sebagai suatu proses kekuasaan pemerintah, baik forum eksekutif, legislatif, dan yudikatif.


Penerapan politik juga terjadi pada suatu proses kekuasaan forum non pemerintahan, contohnya organisasi masyarakat dan partai politik.


 


 


Macam – Macam Sistem Politik


Secara umum ada beberapa sistem politik yang sering kita lihat di suatu masyarakat. Berikut ini yakni beberapa sistem politik diantaranya :



  • Sistem Politik Otokrasi Tradisional

  • Sistem Politik Totaliter

  • Sistem Politik Otoriter

  • Sistem Politik Oligarki

  • Sistem Politik Demokrasi

  • Sistem Politik Nasionalisme

  • Sistem Politik Fasisme

  • Sistem Politik Liberalisme

  • Sistem Politik Kapitalisme

  • Sistem Politik Federalisme

  • Sistem Politik Sosialisme


 


 


Perilaku Politik


Perilaku politik ini sanggup disimpulkan sebagai bentuk respon masyarakat atas sistem politik yang ada dalam suatu negara. Berikut ini beberapa sikap sikap politik diantaranya :


 


1. Radikal


Sering kali kita mengenal kata radikal, namun untuk sikap sikap radikal politik sendiri berarti suatu sikap yang mencerminkan ketidakpuasan terhadap keadaan yang ada dan ingin adanya perubahan secara cepat dan mendasar.


Kebanyakan masyarakat yang mempunyai sikap radikal ini akan cenderung berpengaruh pendirian dan tidak gampang diajak kompromi. Perilaku radikal sanggup menjadikan adanya suatu perselisihan sampai kerusuhan apabila tidak ditindak dengan cermat dan hati-hati, alasannya yakni kelompok radikal cenderung tidak mengindahkan orang lain dan semaunya sendiri.


 


2. Liberal


Perilaku politik yang satu ini mengindikasikan suatu masyarakat yang berpikiran bebas dan maju. Perilaku liberal ini dicerminkan dengan masyarakat yang ingin adanya suatu perubahan secara cepat dan progresif. Perubahan yang diinginkan yaitu untuk mencapai suatu tujuan diinginkan dengan dasar aturan yang legal dan kuat.


 


3. Konservatif


Perilaku konservatif yakni suatu cerminan sikap yang menawarkan pada kepuasan dengan keadaan politik yang ada. Perilaku konservatif ini cenderung berusaha untuk bertahan terhadap perubahan yang terjadi.


 


4. Moderat


Kelompok sikap politik moderat ini mengindikasikan suatu kelompok yang merasa sudah cukup puas dengan keadaan politik yang ada. Perilaku ini mencerminkan masyarakat yang bisa berpikiran maju, namun belum sanggup mendapatkan suatu perubahan secara cepat menyerupai yang ada pada sikap radikal.


 


5. Status Quo


Perilaku politik status quo yaitu suatu sikap masyarakat yang merasa sudah cukup puas dengan kondisi politik yang ada. Perilaku ini berusaha mempertahankan keadaan yang sudah ada tanpa ada perubahan.


 


Demikianlah klarifikasi lengkap mengenai √ Pengertian Politik, Tujuan, Macam-Macam dan Perilakunya Terlengkap. Semoga bisa menambah wawasan dan ilmu pengetahuan bagi para pembaca. Terima Kasih.


 


Baca Juga Artikel :


Baca Juga :  Pengertian Ideologi Dan Macam-Macam Ideologi Yang Ada Di Dunia


Baca Juga :  √ Norma Hukum : Pengertian, Tujuan, Fungsi, Ciri, Jenis & Contohnya Lengkap


Baca Juga :  √ Lembaga Politik : Pengertian, Ciri, Fungsi, Macam & Contohnya Lengkap


Baca Juga :  √ Budaya Politik : Pengertian, Macam, Ciri & Contohnya Lengkap



Sumber aciknadzirah.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "√ Pengertian Politik, Tujuan, Macam Dan Perilakunya Terlengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel