-->

iklan banner

✔ Buah Apel Dan Manfaatnya

Seperti biasanya adenalfi hadir kali ini akan mengupas buah apel beserta keuntungannya bagi badan kita. Orang mulai pertama kali menanam apel di Asia Tengah. Kini apel berkembang di banyak tempat di dunia yang suhu udaranya lebih dingin. Nama ilmiah pohon apel dalam bahasa Latin ialah Malus domestica. Apel budidaya ialah keturunan dari Malus sieversii asal Asia Tengah, dengan sebagian genom dari Malus sylvestris (apel hutan/apel liar).

Di alam liar, pohon apel tumbuh cukup gampang dari benih. Akan tetapi, ibarat kebanyakan tumbuhan tahunan , apel biasanya dibiakkan secara asecual dengan cara okulasi , sebab kecambah
apel merupakan sejenis "heterozigot ekstrem", yaitu tidak mewarisi DNA dari induk untuk menghasilkan apel gres dengan sifat-sifat induk, dan malah menjadi berbeda dengan induknya.

Kebanyakan apel cantik dimakan.mentah-mentah (tak dimasak), dan juga dipakai banyak jenis makanan pesta. Apel dimasak hingga lembek untuk dibentuk saus apel. Apel juga dibentuk untuk menjadi minuman sari buah apel.
Tabel kandungan nutrisi buah apel




</ tr>
Nilai nutrisi per 100 g (3.5 oz)
Energi218 kJ (52 kcal)
Karbohidrat13.81 g
Gula10.39 g</ td>
Serat pangan2.4 g
Lemak0.17 g</ td>
Protein 0.26 g</ td>
Air 85.56 g</ td>
Vitamin A equiv.</ td>3 μg (0%)
Thiamine (Vit. B 1 ) </ td>0.017 mg (1%)
Riboflavin (Vit. B2 ) </ td>0.026 mg (2%)
Niacin (Vit. B3 ) </ td>0.091 mg (1%)
Asam Pantothenat (B 5 )0.061 mg (1%)
Vitamin B60.041 mg (3%)
Folat (Vit. B 9) </ td>3 μg (1%)
Vitamin C 4.6 mg (8%)
Kalsium 6 mg (1%)
Besi 0.12 mg (1%)
Magnesium5 mg (1%)
Fosfor 11 mg (2%)
Kalium 107 mg (2%)
Seng 0.04 mg (0%)


Manfaat buah apel
1. Sistem pencernaan
Mengkonsumsi dua buah apel setiap hari sanggup membantu mencegah penyakit pada sistem pencernaan, ibarat konstipasi dan diare. Hal ini sebab serat dalam apel membantu menyerap air dalam usus dan melancarkan sistem pencernaan.
2. Diabetes
Buah apel bisa dijadikan sebagai obat tradisional untuk mengatasi diabetes. Caranya, ambil satu buah apel yamg sudah masak ukuran sedang. Kemudian belah menjadi empat penggalan dan direbus dengan air 3-4 gelas hingga mendidih hingga airnya tinggal 2 gelas. Saring airnya, lalu diminum dua kali sehari tiap pagi dan sore.
  3. Kaya antioksidan
Apel merah mengandung antioksidan yang disebut quercetin. Sebuah penelitian terbaru menemukan bahwa quercetin bisa meningkatkan kekebalan tubuh, terutama saat Anda sedang depresi.
4. Mencegah Risiko Alzheimer
Sebuah penelitian pada tikus mengatakan bahwa mengonsumsi jus apel bisa mencegah penuaan otak. Tikus dalam penelitian yang mengonsumsi apel mengatakan hasil tes yang lebih baik dalam hal kemampuan kognitif.
5. Kesehatan gigi
Menggigit dan mengunyah apel bisa merangsang produksi air liur dalam mulut. Hal ini akan mengurangi kemungkinan gigi keropos dan menurunkan tingkat basil dalam mulut.
  6. Mencegah Katarak
Penelitian jangka panjang mengatakan bahwa orang yang mengonsumsi diet buah kaya antioksidan ibarat apel mempunyai risiko terkena katarak 10 - 15 persen lebih sedikit.
7. Menurunkan Risiko Kanker
Peneliti di Cornell University telah mengidentifikasi beberapa senyawa berjulukan triterpenoids yang terdapat pada kulit apel. Senyawa ini diketahui bisa menghambat pertumbuhan sel kanker lever, usus besar, dan kanker payudara.



Itulah yang bisa kami sampaikan agar aneka macam keuntungannya bagi kita.
Sumber http://adenalfi.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "✔ Buah Apel Dan Manfaatnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel