Download Silabus Desain Grafis Kelas 10 Kurikulum 2013 Tahun 2017
KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN/MADRASAH ALIYAH KEJURUAN
Mata Pelajaran : Dasar Desain Grafis
Kelas : 10
Bidang Keahlian : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Program Keahlian : Teknik Komputer dan Informatika
Kompetensi Keahlian : Teknik Komputer dan Jaringan (3 Tahun)
Tujuan kurikulum meliputi empat aspek kompetensi, ialah (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan pedoman agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan sikap jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pinjaman nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bab dari solusi atas banyak sekali permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak pribadi (indirect teaching) ialah keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi penerima didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan sanggup dipakai sebagai pertimbangan guru dalam membuatkan huruf penerima didik lebih lanjut.
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN) | KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN) |
3. Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi wacana pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Teknik Komputer dan Jaringan pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bab dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional. | 4. Melaksanakan kiprah spesifik dengan memakai alat, informasi, dan mekanisme kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan dilema sesuai dengan bidang kerja Teknik Komputer dan Jaringan. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abnormal terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta bisa melakukan kiprah spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, mengakibatkan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta bisa melakukan kiprah spesifik di bawah pengawasan langsung. |
KOMPETENSI DASAR | KOMPETENSI DASAR | WAKTU | UNIT KOMPETENSI | SKEMA SERTIFIKASI |
3.1 Memahami layout dan komposisi | 4.1 Membuat layout dan komposisi | 5 | TIK.MM01.004.01 Memperagakan pengetahuan dan syarat – syarat multimedia | KKNI |
3.2 Memahami fungsi dan format warna | 4.2 Menempatkan banyak sekali fungsi dan format warna | 5 | ||
3.3 Menerapkan prinsip-prinsip tata letak, antara lain : proporsi, irama (rythm), keseimbangan, kontras, kesatuan (unity), dan harmoni dalam pembuatan desain grafis | 4.3 Menggunakan prinsip-prinsip tata letak, antara lain : proporsi, irama (rythm), keseimbangan, kontras, kesatuan (unity), dan harmoni dalam pembuatan desain grafis | 5 | ||
3.4 Memahami format gambar | 4.4 Mengimplementasikan format gambar | 2 | TIK.MM02.032.01 Membuat, memanipulasi, dan menggabung gambar 2D | KKNI |
3.5 Menerapkan prosesedur scanning gambar/ ilustrasi/teks dalam desain | 4.5 Melakukan proses scanning gambar/ ilustrasi/teks dengan alat scanner dalam desain | 3 | ||
3.6 Menerapkan perangkat lunak pengolah gambar berbasis vektor | 4.6 Menggunakan perangkat lunak pengolah gambar berbasis vektor | 15 | TIK.MM02.053.01 Membuat dan memanipulasi gambar-gambar digital | KKNI |
3.7 Menerapkan fitur imbas pada gambar berbasis vektor | 4.7 Menggunakan fitur imbas pada gambar berbasis vektor | 20 | ||
3.8 Menerapkan desain berbasis vektor | 4.8 Membuat desain berbasis vektor | 35 | ||
3.9 Menerapkan perangkat lunak pengolah gambar berbasis bitmap | 4.9 Menggunakan perangkat lunak pengolah gambar berbasis bitmap | 15 | ||
3.10 Menerapkan fitur imbas pada gambar berbasis bitmap | 4.10 Menggunakan fitur imbas pada gambar berbasis bitmap | 20 | ||
3.11 Menerapkan desain berbasis bitmap dan vektor | 4.11 Membuat desain berbasis bitmap dan vektor | 25 | ||
3.12 Mengevaluasi desain berbasis vektor dan bitmap | 4.12 Membuat laporan | 30 | ||
Jumlah Total Jam | 180 | jam |
Sumber http://kamusedukasi.blogspot.com
0 Response to "Download Silabus Desain Grafis Kelas 10 Kurikulum 2013 Tahun 2017"
Posting Komentar