-->

iklan banner

Perbedaan To, Cc Dan Bcc Pada Dikala Menulis Dan Mengirim Email

Perbedaan To Cc Dan Bcc Saaat Menulis Email - Mungkin kita pernah mengirim email ke banyak alamat yang berbeda dan ketika menuliskan alamat-alamat tersebut, kita niscaya akan menjumpai kolom alamat yang dikirim dengan nama To, Cc dan Bcc. Seringkali kita hanya mengirim email pada satu alamat saja dan ketika akan mengirim ke banyak alamat, kita resah meletakan alamat tujuan ke kolom Cc atau Bcc. Supaya kita tidak asal memakai Cc dan Bcc, maka lebih baik kita mengerti fungsi dan perbedaan antara Cc dan Bcc.

Memang hal ini tidak terlalu penting jika hanya untuk mengirim email yang bersifat biasa atau pribadi, namun fungsi Cc dan Bcc akan menjadi penting ketika kita menulis surat elektronik yang bersifat resmi atau formal. Sebelumnya mungkin kita perlu tahu cara menulis email yang benar agar email yang kita kirim terlihat rapi dan bagus.

Untuk sanggup menulis email, tentu kita harus mempunyai akun email, baik itu yang gratis maupun yang berbayar. Bila kita hanya memakai email untuk keperluan langsung atau gres akan menciptakan akun email, kita sanggup memakai layanan email gratis yang sanggup kita dapatkan dengan cukup mudah, tentu saja akomodasi yang ditawarkanpun sangat memuaskan.

Dari sekian banyak penyedia layanan email gratis, Gmail, Yahoo mail dan Microsoft-outlook, merupakan tiga layanan email yang paling terkenal dan banyak dipakai oleh masyarakat pengguna internet. Kita sanggup menentukan satu dari tiga layanan tersebut atau mungkin kita ingin menciptakan tiga akun email sekaligus sebagai alternatif.

Banyak artikel yang mengulas dan memperlihatkan panduan mengenai cara menciptakan email, kita sanggup mencarinya melalui 'search engine' Google kemudian ketik cara menciptakan akun email gres di gmail, yahoo mail, microsoft-outlook/hotmail atau layanan email lainnya. Baca juga : Cara menciptakan email gmail gres gratis!

Setelah mempunyai akun email, selanjutnya kita sanggup mulai menulis email. Sebenarnya menulis email bukanlah hal yang sulit, namun bagi yang pertama kali memakai email mungkin perlu penyesuain dan menemui kesulitan dalam menulis email dan salah satunya mungkin dalam penggunaan To, Cc dan Bcc ini.

Perbedaan To Cc Dan Bcc Saaat Menulis Email  Perbedaan To, Cc dan Bcc Pada Saat Menulis Dan Mengirim Email

Perbedaan To, Cc dan Bcc Pada Saat Mengirim Email


Buka akun email yang anda punya, sebagai teladan saya akan memakai layanan email milik Google yaitu Gmail. Setelah login ke akun mail.google, klik pada tombol Tulis untuk menulis email baru. Lihat pada bab pojok kanan atas kolom 'Kepada' , disana terlihat goresan pena Cc dan Bcc. Kolom kepada inilah yang nantinya kita isi dengan alamat email tujuan.

Perbedaan To, Cc dan Bcc Pada Saat Menulis Dan Mengirim Email, surat elektronik, menciptakan email, menulis email

1. Kepada (To)


Kepada (To) untuk menuliskan alamat email tujuan hanya satu alamat saja, maka dari itu Cc dan Bcc sanggup dikosongkan.

2. Cc (Carbon Copy)


Cc merupakan abreviasi dari Carbon Copy, dikolom inilah kita sanggup meletakan alamat email lainnya sebagai tujuan pengiriman. Cara penulisannya yaitu alamat email yang satu dan lainnya dipisahkan dengan memakai koma (,) dan spasi( ). Biasanya setiap penyedia layanan email (Gmail, Ymail, Outlook) medmberikan akomodasi cepat untuk menambahkan kontak email, jadi kita tidak perlu menuliskannya satu persatu.

Ketika kita menentukan Cc sebagai tipe pengiriman email, maka setiap alamat email yang tertulis di kolom Cc akan muncul di setiap email yang dikirimkan. Jadi, setiap peserta email sanggup membaca dan mengetahui siapa saja yang dikirimkan email.

3. Bcc (Blind Carbon Copy)


Bcc merupakan abreviasi dari Blind Carbon Copy , dengan menentukan tipe ini untuk mengirimkan email ke banyak alamat berbeda, maka setiap peserta email tidak akan tahu siapa saja yang mendapatkan email dari kita. Semua alamat email yang tertulis di Bcc akan di 'Hidden' atau disembunyikan.

Penggunaan To, Cc dan Bcc Dalam Menulis Email


Pada ketika mengirim email, tentunya kita harus tahu cara meletakan alamat email pada kolom To, Cc dan Bcc. Tentunya diubahsuaikan dengan kebutuhan dan tujuan kita, untuk apa dan kepada siapa saja email ini akan dikirim.

Bila peserta email dari kita hanya satu saja (tunggal), maka gunakan kolom To dan yang lainnya (Cc dan Bcc) dikosongkan saja. Biasanya dipakai pada email langsung antar teman atau pihak tertentu yang hanya diketahui oleh pihak tersebut.

Penggunaan Cc lebih menyerupai mirip tembusan pada sebuah surat. Artinya, email tersebut memang perlu diketahui oleh pihak-pihak lainnya yang bekerjasama dengan isi email itu dan semua pihak peserta email perlu mengetahui siapa saja yang mendapatkan email, dalam hal ini lebih ditujukan untuk email yang bersifat umum dan terbuka.

Penggunaan Bcc memang diharapkan untuk mengirim email pada banyak pihak yang memang perlu mengetahui isi email tersebut, namun mereka tidak perlu mengetahui siapa saja pihak yang mendapatkan email.

Kesimpulan


Penggunaan To, Cc dan Bcc penting untuk anda ketahui dalam mengirim email, terutama bagi anda yang sering melaksanakan kegiatan mengirim email. Jangan hingga salah meletakan alamat email Cc dan Bcc alasannya itu merupakan sesuatu yang berbeda. Semoga bermanfaat, sekian dan terima kasih.
Sumber http://sobmint.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Perbedaan To, Cc Dan Bcc Pada Dikala Menulis Dan Mengirim Email"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel