-->

iklan banner

Cara Menulis Dan Mengirim Email Di Gmail (Google Mail)

Menulis Dan Mengirim Email Di GMail - Menulis surat elektronik atau email sesungguhnya hampir sama ibarat menulis surat dengan media kertas atau yang lainnya. Perbedaanya hanya pada medianya saja, untuk tata cara dan hukum dalam menulis surat secara garis besar ialah sama. Sederhananya, ketika kita akan menulis sebuah surat, tentu membutuhkan peralatan tulis termasuk media untuk menulis, contohnya : pulpen dan kertas. Begitu juga jikalau kita memakai media elektronik digital, maka kita membutuhkan perangkat elektronik yang sudah mendukung teknik digital dan tentu ditunjang dengan sumber daya elektronik atau listrik.

Sebelum mulai menulis surat, kita harus mempunyai kemampuan dan pengetahuan yang cakap dalam menulis surat, baik itu surat resmi (formal) maupun yang tidak resmi (nonformal). Termasuk di dalamnya bahasa dan format dalam menulis surat harus kita tentukan dengan baik, tergantung dari tujuan surat itu dibuat. Surat resmi tentu mempunyai hukum yang lebih ketat dan terstruktur, sementara untuk surat yang tidak resmi, kita sanggup mengabaikan aturan-aturan tersebut. Yang penting rapi, gampang dibaca dan isi sanggup dipahami dengan baik.

Menulis Email Di Google Mail (GMail)


Pada postingan kali ini saya akan mengulas mengenai cara menulis surat elektronik atau email dengan memakai akun Gmail. Bagi anda yang memakai layanan email lainnya, caranya hampir sama perbedaan hanya terletak pada tampilan dan kemudahan yang disediakan pada tiap-tiap layanan email.

Untuk bisa menulis email, kita tidak harus mempunyai akun email sendiri. Kita sanggup memakai akun email milik orang lain atau perusahaan kawasan anda bekerja. Namun, mempunyai akun email sendiri (pribadi) tentu akan lebih baik, sebab hanya kita seorang yang sanggup mengakses email tersebut, terutama ketika kita akan menulis email untuk kepentingan pribadi.

Pertama kali menulis email mungkin kita akan mengalami kesulitan dalam hal tata bahasa dan format penulisan. Namun, sebentar saja kita niscaya sanggup melakukannya dengan baik asalkan kita mau berguru dan memperhatikan  aturan penulisan dan penggunaan email.

Setelah menciptakan akun gres di Gmail, kita sanggup melaksanakan login (masuk) eksklusif ke halaman email Gmail melalui alamat situs mail.google.com. Selanjutnya masukan username dan password (kata sandi). Pada halaman utama email Gmail, klik tombol Tulis dan sesudah itu akan terlihat jendela kecil berupa form untuk menulis email. Kurang lebih tampilannya ibarat ini :

Menulis surat elektronik atau email sesungguhnya hampir sama ibarat menulis surat dengan me Cara Menulis Dan Mengirim Email Di Gmail (Google Mail)

Ada tiga kolom utama yang seharusnya kita isi dalam menulis email yaitu :
  1. Kepada = Di isi dengan 'Alamat Tujuan' atau alamat email tersebut dikirim
  2. Subjek = Di isi dengan Tujuan dan maksud penulisan email atau lebih dikenal dengan 'Judul Email'
  3. Area Menulis = Disinilah kawasan kita menulis email atau biasa disebut dengan "Isi Email"

A. Kepada


Pada kolom kepada sanggup kita lihat ada dua tombol Cc dan Bcc. Saat kita mengirim email hanya kepada satu alamat tujuan, maka abaikan saja pilihan Cc dan Bcc. Kecuali kita akan mengirim email ke beberapa alamat email yang berbeda, maka kita sanggup memakai pilihan Cc dan Bcc. Baca juga : Perbedaan Cc dan Bcc pada email

B. Subjek


Kolom ini harus kita isi dengan judul email agar peserta email tahu mengenai tujuan dan maksud dari email yang diterimanya. Biasanya judul email berkaitan dengan isi email contohnya : 'Laporan hari ini', 'lamaran pekerjaan' laporan penelitian dan lain sebagainya

C. Isi Email


Tulislah isi teks email pada area  yang tersedia dengan format dan bahasa yang baik.

#Melampirkan File

Sebelum mengirim email, kita sanggup melampirkan beberapa file pada email yang kita tulis. Sebelumnya simpan file yang akan kita lampirkan pada media penyimpanan komputer atau di 'Google Drive'.

Klik pada tombol Lampirkan File yang berupa ikon bergambar klip kertas kemudian pilih file yang akan dilampirkan

Maksimal ukuran file yang sanggup dilampirkan sebesar 25MB saja. Bila kita ingin mengirim file dengan ukuran yang besar, maka gunakan saja Google Drive. Dengan satu akun Google kita sanggup memakai banyak sekali produk dan layanan Google lainnya termasuk 'Google Drive'.

#Sisipkan Foto

Dalam menulis Email terkadang kita memerlukan objek gambar atau foto sebagai komplemen email. Hal ini akan menciptakan isi email menjadi lebih menarik sebab tidak berupa teks saja, melainkan terdapat gambar pendukung yang berkaitan dengan isi email.

Klik pada tombol Sisipkan Foto yang berupa ikon bergambar bingkai foto kemudian pilih berkas gambar yang akan kita sisipkan, bisa dari media penyimpanan komputer atau dari alamat url situs web kawasan kita menyimpan gambar/foto tersebut.

#Sisipkan tautan

Sering kita lihat tautan atau link pada email yang kita baca. Tautan ini dipakai sebagai terusan bagi kita untuk menuju ke sebuah alamat situs web.

Saat menulis email, kita bisa menyisipkan tautan (link) ke sebuah alamat situs web yang bekerjasama dengan isi email. Klik pada tombol Sisipkan tautan yang berupa ikon bergambar rantai atau tekan tombol Ctrl-K

Setelah itu akan muncul jendela Edit Tautan :

Edit Tautan :

Teks untuk ditampilkan : Isi dengan teks yang akan ditampilkan sebagai tautan

Tautan ke :
ʘ Alamat web   : isi dengan url situs web
ʘ Alamat email

Pilih alamat web, kemudian isi url alamat situs web yang akan dituju ketika tautan di klik. Gunakan mesin pencari ibarat contohnya : 'Google search engine' untuk menelusuri halaman situs web. Kemudian tempel alamat situs web pada kolom tautan  Alamat web.

#Uji tautan ini

Klik pada tombol Uji tautan ini untuk memastikan bahwa alamat situs web yang kita tautkan benar. Setelah itu klik tombol OK

#Sisipkan Emotikon (Ctrl-Shift-2)

Berbagai bentuk huruf 'emotikon' sanggup kita sisipkan pada email yang kita tulis. Klik pada tombol emotikon yang berupa ikon dengan gambar ekspresi wajah insan untuk menyisipkannya atau tekan kombinasi tombol papan ketik Ctrl-Shift-2.

#Menyisipkan file dari Google Drive

Salah satu layanan penyimpanan awan (cloud) milik Google ialah Google Drive. Layanan ini sanggup kita gunakan untuk menyimpan banyak sekali file yang kita miliki. Tidak hanya untuk menyimpan saja melainkan sanggup digunkan untuk membuatkan file ke sesama pengguna drive.

Bagi kita yang ingin membuatkan file di Drive melalui email, sanggup dilakukan dengan cara menyisipkan tautan file tersebut pada email yang kita tulis. Penerima email sanggup melihat dan mengunduh file melalui tautan yang akan mengarah ke  Google Drive.

Klik pada ikon Drive kemudian pilih file yang akan kita sisipkan pada email yang kita tulis.

#Kirim dan Hapus

Setelah selesai klik tombol Kirim untuk mengirimkan email ke alamat tujuan yang sudah kita tentukan sebelumnya. Untuk membatalkan penulisan email, maka klik tombol Hapus

Dalam menulis email, ketika kita mengosongkan potongan subjek dan isi email, akan muncul sebuah pesan pemberitahuan bahwa email akan dikirim tanpa subjek dan teks didalamnya.

#Kirim pesan ini tanpa subjek atau teks di dalamnya

Bila kita memang menghendaki demikian maka, klik saja OK. Namun, biasanya ini terjadi sebab kita lupa belum menuliskan subjek email dan isi teks di dalam email. Hal ini sering terjadi ketika kita mengirimkan lampiran (tanpa subjek), namun sebaiknya subjek dan isi email tetap di isi untuk memudahkan peserta email memahami maksud dan tujuan email yang kita kirim.

Kesimpulan


Penggunaan email sudah sangat terkenal di kalangan pengguna internet.Selain untuk menulis surat elektronik, akun email juga sanggup dipakai untuk mengakses banyak sekali hal yang menarik di internet, ibarat contohnya : media sosial, forum, komunitas dll. Maka dari itu, mempunyai akun email merupakan sesuatu yang penting terutama bagi mereka yang setiap hari berkutat di dunia internet. Demikian cara menulis dan mengirim email memakai akun Gmail, Semoga bermanfaat.
Sumber http://sobmint.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Menulis Dan Mengirim Email Di Gmail (Google Mail)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel