-->

iklan banner

Cara Install Oracle Java (Jdk) Di Linux Mint, Ubuntu, Debian

Instal Oracle Java JDK Di Linux Mint - Apa itu j4va? apakah perangkat komputer anda sudah terpasang j4va didalamnya? Ya, j4va merupakan bahasa pemrograman yang sanggup berjalan di aneka macam komputer, termasuk juga handphone. Untuk sanggup memakai dan menyebarkan aplikasi yang ditulis dengan bahasa j4va, maka komputer harus terpasang juga aplikasi j4va. Bahasa j4va pertama kali di buat oleh James Gosling ketika masih bekerja di Microsystems yang ketika ini merupakan bab dari Oracle . Bahasa pemrograman j4va pertama kali dirilis pada tahun 1995 yang sintaksisnya banyak mengadopsi dari C dan C++.

 apakah perangkat komputer anda sudah terpasang j4va didalamnya Cara Install Oracle JAVA (JDK) di Linux Mint, Ubuntu, Debian

Uraian Singkat Tentang Aplikasi Java


1. Java JDK (Java Development Kit)

Merupakan aplikasi untuk melaksanakan proses kompilasi dari instruksi j4va ke bytecode yang sanggup dimengerti dan dijalankan oleh JRE ( Java Runtime Environment ). JDK harus terinstal pada komputer jikalau kita ingin menciptakan aplikasi berbasis JAVA.

2. Java JVM (Java Virtual Machine)

Adalah inti dari Program Java dimana dengan JVM inilah aktivitas bahasa j4va yang kita buat nantinya akan diterjemahkan kedalam bahasa Mesin. Bahasa j4va sendiri merupakan bahasa tingkat tinggi hampir mendekati bahasa manusia, maka dari itu perlu adanya JVM untuk mengkonversinya ke bahasa mesin. JVM bisa menerjemahkan aktivitas ke hampir semua platform, "Write once, run everywhere" itulah slogan dari bahasa JAVA.

3. JRE (Java Runtime Environment)

Inilah perangkat yang dipakai JAVA untuk menjalankan aplikasi yang dibentuk dengan bahasa JAVA. Ketentuannya JRE harus memakai versi yang lebih tinggi atau sama dengan versi JDK yang dipakai untuk membangun aplikasi JAVA.

Setelah mengetahui sedikit citra mengenai aplikasi JAVA, setidaknya kita menjadi lebih tahu fungsi masing-masing bab dari JAVA. Untuk gosip lebih detail mengenai aktivitas JAVA bisa Anda cari sendiri melalui buku, internet, sobat atau Guru anda. Sekarang saatnya kita menginstal Oracle JAVA JDK di Linux Mint.

Cek Versi Java Di Linux Mint / Ubuntu


Sebenarnya sistem operasi Linux Mint sudah mempunyai aplikasi j4va yang berjulukan Openjdk (j4va yang berbasis sumber terbuka). Namun, terkadang kita memerlukan aplikasi j4va milik Oracle, terutama ketika hendak memasang aplikasi tertentu yang membutuhkan Oracle j4va.

Baca : Perbedaan Oracle Java dan OpenJDK

Sebenarnya keduanya berfungsi sama, namun terkadang ada aplikasi yang tidak kompatible dengan OpenJDK. Hal ini tentu akan mengganggu ketika kita ingin menyebarkan aplikasi yang berbasis j4va. Versi dari OpenJDK ketika ini yaitu 8, aplikasi ini biasanya sudah terpasang bersamaan ketika proses instalasi Linux Mint. Ketik perintah berikut di terminal linux :

j4va -version

Hasilnya :
openjdk version "1.8.0_03-Ubuntu"
OpenJDK Runtime Environment (build 1.8.0_03-Ubuntu-8u77-b03-3ubuntu3-b03)
OpenJDK 64-Bit Server VM (build 25.03-b03, mixed mode)

Versi yang terpasang pada sistem yaitu OpenJDK 8 JRE (Java Runtime Environment). Sementara itu OpenJDK - JDK belum terpasang dan jikalau kita akan menyebarkan aplikasi berbasis j4va, kita akan memerlukan JDK (Java Development Kit). Untuk memasang / instal OpenJDK -JDK versi 8, ketik perintah berikut pada terminal linux :

sudo apt-get install openjdk-8-jdk

Cara Install Oracle Java di Linux Mint, Ubuntu dan Debian


Bila sudah puas dengan kinerja openJDK, bersama-sama kita tidak perlu instal Oracle j4va, alasannya bersama-sama keduanya mempunyai fungsi yang sama. Namun, ternyata kita tetap memerlukan Oracle Java ketika memakai aplikasi yang memang membutuhkan Oracle Java untuk menjalankanya, ibarat contohnya Android Studio. Aplikasi ini akan sanggup dipakai dengan baik jikalau memakai Oracle j4va. Bagi anda yang ingin mengganti Openjdk dengan Oracle j4va, sanggup dilakukan dengan cara sebagai berikut :

1. Hapus OpenJdk

Supaya tidak terjadi "konflik" antara Oracle Java dan OpenJdk, lebih baik hapus OpenJdk dari dalam sistem komputer. Buka terminal linux (ctrl-alt-t) kemudian ketik perintah teks berikut ini :

sudo apt-get update
sudo apt-get remove openjdk*

2. Lihat Tipe Prosesor Komputer

Cek terlebih dahulu sistem operasi komputer yang akan kita instal Oracle Java, tipe 32-bit atau 64-bit. Ketik perintah berikut ini di terminal linux : uname -m , atau uname -a, atau arc, contohnya :

uname -m

Hasilnya :
x86_64

Hal ini menerangkan bahwa anda memakai sistem 64-bit. Sebenarnya ketika kita melihat versi j4va juga sudah terlihat bahwa sistem yang terpasang yaitu 64-bit. Bila hasil sanksi perintah uname -m yaitu i386 berarti komputer memakai sistem 32-bit.

3. Download Oracle Java

Download (unduh) file Oracle Java JDK di situs oracle, pilih yang sesuai dengan tipe sistem operasi komputer.

 apakah perangkat komputer anda sudah terpasang j4va didalamnya Cara Install Oracle JAVA (JDK) di Linux Mint, Ubuntu, Debian

4. Memindahkan Oracle Java JDK ke dalam folder /opt/Java

Kita sanggup memakai manajer file atau terminal Linux untuk memindahkan file Oracle Java yang gres kita d0wnl0ad. Paling gampang yaitu dengan memakai manajer file default sistem, contohnya nautilus, caja atau nemo. Pastikan sistem komputer sudah terinstal "gksu" , ketik sudo apt-get install gksu di terminal Linux. Selanjutnya kita tinggal buka manajer file memakai kanal "root" :

a) Buka terminal Linux kemudian ketik gksu caja (kita bisa mengganti caja dengan manajer file yang ada di dalam sistem komputer, nemo, nautilus atau yang lainnya)

b) Pilih File Oracle Java hasil downlaod tadi, kemudian ekstrak file hasil d0wnl0ad dengan memakai 'Manager Arsip'. Klik kanan file, pilih ekstrak disini

c) Sekarang kita menuju ke direktori /opt , buat folder gres dengan nama j4va

d) Salin dan Tempel folder hasil ekstrak tadi ke folder j4va

e) Tutup manajer file dan selanjutnya kita atur Oracle Java sebagai aplikasi j4va default sistem

Kita sanggup melihat bahwa folder j4va yang gres saja kita buat hanya sanggup diakses oleh pengguna sebagai root, kita akan melihat tanda "kunci gembok" pada folder "opt".

Selain memakai cara di atas, anda juga sanggup memindahkan file Oracle Java melalui terminal Linux dengan memakai perintah teks :

a) Klik kanan pada direktori daerah menyimpan file oracle j4va jdk kemudian pilih buka "open in terminal". Masuk sebagai root dengan cara ketik su, kemudian masukan password root. Selanjutnya Ekstrak file hasil d0wnl0ad dengan memakai perintah berikut ini:

tar -xzvf -nama_file.tar.gz

Misalnya nama file j4va jdk hasil d0wnl0ad yaitu jdk-8u101-linux-x64.tar.gz :
tar -xzvf -jdk-8u101-linux-x64.tar.gz

b) Buat folder gres dengan mengetikan perintah berikut ini di terminal (masuk sebagai root '#') :

mkdir -p /opt/j4va

c) Pindahkan folder hasil ekstrak di folder /opt/j4va

mv jdk1.8.0_101 /opt/j4va

5. Menyetel Oracle Java JDK sebagai sistem Java default Linux Mint


Supaya Oracle Java sanggup aktif dan dipakai sebagai aplikasi j4va default sistem, Buka terminal linux, kemudian ketik perintah teks berikut ini (masuk sebagai root '#'>:

update-alternatives --install "/usr/bin/j4va" "j4va" "/opt/j4va/jdk1.8.0_101/bin/j4va" 1

Selanjutnya, ketik perintah di bawah ini :

update-alternatives --set j4va /opt/j4va/jdk1.8.0_101/bin/j4va

6. Cek versi j4va


Untuk memastikan apakah proses instalasi Oracle Java berhasil atau tidak, ketik perintah di bawah ini pada terminal Linux :

j4va -version

Hasilnya :
j4va version "1.8.0_101"
Java(TM) SE Runtime Environment (build 1.8.0_101-b13)
Java HotSpot(TM) 64-Bit Server VM (build 25.101-b13, mixed mode)

Kesimpulan


Aplikasi yang dibentuk dengan bahasa pemrograma Java sanggup berjalan di aneka macam platform (semua jenis komputer), dengan syarat, komputer tersebut telah terinstal j4va. Java tidak hanya sanggup berjalan pada komputer desktop, melainkan pada smartphone dan perangkat (gadget) lainnya. Hal ini sesuai dengan slogan j4va yaitu "write once run anywhere" yang dalam Bahasa Indonesia mempunyai arti "Tulis sekali, jalankan dimanapun". Jadi, pastikan komputer yang kita gunakan telah terinstal 'j4va' di dalamnya. Demikian cara instal oracle j4va jdk di Linux Mint, biar bermanfaat.
Sumber http://sobmint.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Install Oracle Java (Jdk) Di Linux Mint, Ubuntu, Debian"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel