-->

iklan banner

√ 9 Taktik Pelaksanaan Konservasi


Versi bahan oleh Dibyo S dan Ruswanto


Beberapa taktik dalam pelaksanaan konservasi antara lain sebagai berikut.

1. Evaluasi secara menyeluruh daerah konservasi sehingga benar-benar mencerminkan keanekaragam an tumbuhan dan fauna, kekhasan, keunikan, dan keindah an sumber daya alam.

2. Untuk lebih menjamin keberadaan dan keterwakilan tipe-tipe ekosistem dan juga alam lainnya, perlu di kembangkan kawasan-kawasan konservasi gres yang dinilai memenuhi persyaratan, baik dalam daerah hutan maupun di luar daerah hutan.

3. Peningkatan training satwa liar, baik yang dilindungi maupun tidak dilindungi melalui peningkatan acara inventarisasi populasi satwa liar, penang kar an, pengawasan jual beli satwa liar, dan training habitat guna menjamin kelestarian populasi dan pe manfaatannya.

4. Peningkatan training daerah suaka alam melalui evaluasi keunikan dan keasliannya serta pengembangan pengelolaannya melalui model pe ngelolaan yang memadai.

5. Peningkatan pembangunan dan pengelolaan taman nasional, taman wisata, taman buru, taman hutan ra ya, dan taman maritim untuk mendorong pengembangan industri pariwisata alam baik daratan maupun perairan/lautan.

6. Peningkatan keterpaduan pembangunan daerah konservasi dengan pembangunan wilayah, terutama peningkatan kesejahteraan dan kepedulian masya rakat sekitar kawasan.

7. Penerapan analisis mengenai imbas lingkungan (amdal) secara ketat bagi semua acara pem ba ngun an kehutanan dan kegiatan-kegiatan lain di dalam daerah hutan guna menghindari ataupun menekan imbas negatif yang akan ditimbulkannya.

8. Pemantapan acara kontribusi hutan melalui pe ningkatan acara operasi pengamanan hutan terpadu, training cinta alam, penyuluhan serta pe ningkatan jumlah dan mutu polisi khusus kehutan an/Jagawana, dan penyuluhan kehutanan bidang konservasi sumber daya alam.

9. Peningkatan pengelolaan hutan lindung, mencakup model pengelolaan, perencanaan, inventarisasi, pe nga manan kawasan, termasuk kawasankawasan lindung di dalam maupun di luar daerah hutan.

Sumber http://www.ssbelajar.net/

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "√ 9 Taktik Pelaksanaan Konservasi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel