Laporan Praktikum Pemanenan Hasil Hutan Taksiran Produktivitas Transportasi
Laporan Praktikum Pemanenan Hasil Hutan Taksiran Produktivitas Transportasi
Tujuan
Mempelajari waktu dengan “formula speed”Menaksir produksi acara transportasi bedasarkan waktu acara angkutan
Dasar Teori
Manfaat dari adanya transportasi sanggup dibagi dalam dua penggalan yaitu:- Nilai guna tempat (Place Utility) Yaitu kenaikan atau perhiasan nilai ekonomi atau nilai guna dari suatu barang atau komoditi yang diciptakan dan mengangkutnya dari suatu tempat ke tempat lainnya yang memiliki nilai kegunaan yang lebih kecil, ke tempat atau kawasan dimana barang tersebut mempunyainilai kegunaan yang lebih besara yang biasanya diukur dengan uang (interens of money).
- Nilai guna waktu (Time Utility)Yaitu kesanggupan dari barang untuk memenuhi kebutuhan insan dengan menyediakan barang-barang, tidak hanya dimana mereka membutuhkan, tetapi dimana mereka perlukan.
Pemindahan barang dengan angkutan yaitu untuk bertujuan menaikkan atau membuat nilai ekonomi dari suatu barang, dengan demikian pengangkutan dilakukan sebab nilai suatu barang lebih tinggi di tempat tujuan dari pada tempat asalnya. Transportasi diartikan sebagai pemindahan barang dari suatu tempat ke tempat lainnya, hal ini terlihat bahwa :
- Adanya muatan yang diangkut.
- Tersedianya kendaraan sebagai alat angkut.
- Adanya jalan yang sanggup dilalui oleh alat angkut tersebut (Kamalusin, 1986).
Faktor yang mensugesti pengangkutan pada kayu antara lain:
- Letak dan topografi lapangan
- Keadaan tanah dan iklim
- Luas kawasan yang akan dieksploitasi
- Jumlah dan ukuran kayu
- Keadaan jalan
- Jarak angkutan
- Biaya angkutan (Junus, 1989).
Kegiatan pengangkutan kayu dimulai sesudah acara memuat kayu ke atas truk tamat dilakukan di tempat pengumpulan kayu sementara di tepi hutan ke tempat pengolahan kayu lebih lanjut atau ke TPK. Kegiatan pengangkutan kayu merupakan acara yang memilih sebab biaya pengangkutan kayu merupakan penggalan terbesar, yaitu sekitar 50–90% dari biaya pembalakan (Sukadaryati, 2009).
Alat dan Bahan
- Rencana tebangan suatu perusahaan
- Spesifikasi kendaraan angkutan
- Alat tulis dan kalkulator
Cara Kerja
Pertama, menghitung WR, WN, dan WS. Lalu, menghitung PK1 dan PK2 untuk bongkar dan muat. Selanjutnya, menghitung kecepatan kendaraan. Keempat, menghitung waktu/trip dan ditotalkan. Selanjutnya, menghitung produktivitas transportasiDaftar Pustaka
Kamaludin, Rustian. 1986. Ekonomi Transportasi. Ghalia Indonesia. Jakarta.Junus, M., A.R. Warasaka, J.J. Franz, M. Rusmaedy, Sudirman, S.N. Digut, M. Sila. 1989. Dasar Umum Ilmu Kehutanan. Buku II. Badan Kerjasama PTN Indonesia penggalan timur. Lembaga Penerbitan Universitas Hasanuddin. Ujung Pandang.
Sukadaryati. 2009. Pengangkutan Kayu Menggunakan Lima Jenis Truk di Dua Hutan Tanaman Industri di Sumatera. Jurnal Penelitian Hasil Hutan. Vol 27 (3), hal 3.
0 Response to "Laporan Praktikum Pemanenan Hasil Hutan Taksiran Produktivitas Transportasi"
Posting Komentar