-->

iklan banner

√ Nilai Un 2014 Syarat Masuk Ptn

UN 2014 Menjadi Syarat Masuk PTN - " Mulai tahun ini, nilai ujian nasional (UN) akan menjadi salah satu syarat untuk masuk perguruan tinggi tinggi negeri (PTN). Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh mengatakan" Masih wacana UN yang teringat dipikiran admin sebab tahun kemudian juga mengikuti UN. Tahun kemudian nilai UN sama sekali tidak ada gunanya kecuali untuk memilih kata "LULUS" kenapa ? Karena dalam SNMPTN untuk masuk perguruan tinggi tinggi juga risikonya dengan penentuan nilai raport semester 1 - 6 dan piagam prestasi ( jika ada ).

Namun tahun 2014 ini nilai UN harus benar benar kita perjuangkan sebab akan digunakan untuk syarat masuk perguruan tinggi tinggi negeri. Alasannya ialah salah satunya adanya "Integrasi Vertikal, Nilai UN Kaprikornus Syarat Masuk PTN" Seperti informasi dari Kemdikbud dibawah ini ;




Jakarta, Kemdikbud --- Mulai tahun ini, nilai ujian nasional (UN) akan menjadi salah satu syarat untuk masuk perguruan tinggi tinggi negeri (PTN). Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh mengatakan, sehabis dilakukan pendekatan dengan perguruan tinggi tinggi negeri, tahun 2013 kemudian dicapai janji untuk memakai nilai UN sebagai salah satu syarat penerimaan masuk PTN.

“Konsep dasar yang kami siapkan mulai tahun 2010, yaitu integrasi vertikal, di mana hasil pendidikan dasar dapat digunakan untuk masuk di pendidikan menengah, dan hasil pendidikan menengah dapat digunakan untuk masuk perguruan tinggi tinggi negeri. Sehingga dengan demikian ada integrasi secara vertikal,” jelasnya di Gedung A Kemdikbud, Jakarta, (24/2/2014).

Ia mengatakan, integrasi vertikal tersebut mempunyai makna yang luar biasa, sebab ada legalisasi terhadap prestasi yang dicapai seseorang di jenjang pendidikan sebelumnya. Pengakuan itu, katanya, menjadi hal yang sangat mendasar. Menyatunya konsep integrasi vertikal memunculkan rasa saling percaya antarjenjang pendidikan.

“Kita dapat membayangkan jika antarjenjang pendidikan di antara kita satu sama lain tidak mengakui apa yang dihasilkan jenjang di bawahnya. Ketidakpercayaan akan menimbulkan pemborosan biaya finansial maupun biaya nonfinansial,” ujar Mendikbud.

Namun dia menegaskan, tidak ada hukum baku mengenai komposisi nilai UN dan nilai rapor sebagai persyaratan masuk PTN. Penerimaan mahasiswa gres menjadi kewenangan masing-masing perguruan tinggi tinggi, sehingga Kemdikbud tidak mengeluarkan hukum baku mengenai komposisi nilai UN dan rapor untuk syarat masuk PTN. Meskipun begitu, jelasnya, setiap perguruan tinggi tinggi mempunyai common sense atau budi umum dalam memilih komposisi tersebut.

“Tidak mungkin misalnya, nilai UNnya 10 persen kemudian nilai rapornya 90 persen. Tapi ada sesuatu yang namanya common sense. Oleh sebab itu saya tidak buka itu,” tutur Mendikbud.

Apalagi, tambahnya, ada variasi nilai di mana setiap sekolah mempunyai indeks nilai masing-masing. Ia mencontohkan, nilai rapor 7 di Sekolah Menengan Atas X dapat berbeda dengan nilai rapor 7 di Sekolah Menengan Atas Y. Karena itulah Kemdikbud tidak mengeluarkan ketentuan baku mengenai komposisi antara nilai UN dan nilai rapor sebagai syarat masuk PTN. (Desliana Maulipaksi)


Sumber  : FB Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI

Sumber http://www.ssbelajar.net/

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "√ Nilai Un 2014 Syarat Masuk Ptn"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel