-->

iklan banner

Cara Install Wps Office Di Linux Mint, Ubuntu, Debian

Cara Install WPS Office Di Linux Mint, Ubuntu dan Debian – Pengguna distro Linux Mint, Ubuntu dan Debian sanggup memakai aplikasi office gratis dengan tampilan ibarat microsoft office yang berjulukan WPS Office. Sebelumnya kita harus install WPS Office di sistem Linux Mint, Ubuntu atau Debian sesuai dengan distro Linux yang anda pakai. Karena, aplikasi ini bukan merupakan aplikasi default sistem distribusi Linux Mint, Ubuntu dan Debian. Pada postingan kali ini saya akan menguraikan mengenai cara install WPS Office di Linux Mint, Ubuntu dan Debian. Cara ini juga sanggup dipakai pada distribusi Linux turunan Debian dan Ubuntu.

Pengguna distro Linux Mint, Ubuntu, Debian bahwasanya sudah mempunyai aplikasi office default sistem ialah LibreOffice, mungkin pengguna distro Linux ingin mencoba aplikasi office lainnya atau kalau anda sebelumnya sudah terbiasa memakai Microsoft Office maka, salah satu aplikasi office gratis dengan tampilan yang sangat ibarat dengan Microsoft Office ialah WPS Office For Linux. Cara install Wps Office pada sistem Linux sanggup dilakukan dengan memakai paket file .deb yang sanggup did0wnl0ad pada situs web wps-community.org

Cara install WPS Office tidak terlalu sulit dan proses installnya juga tidak memakan waktu yang lama. Yang kita perlukan ialah file installer WPS Office yang berupa file DEB (debian package) karena, kita akan melaksanakan install WPS Office di Linux Mint, Ubuntu dan Debian. Seperti kita ketahui, file jenis DEB merupakan jenis paket file standard distribusi Linux Debian.

WPS Office tidak hanya menyediakan office gratis untuk Linux saja, melainkan di aneka macam sistem operasi ibarat contohnya : Windows, Mac OS X, Android dan iOS.

Bagi yang belum mengenal atau belum pernah memakai WPS Office sebelumnya, perlu kita ketahui bahwa aplikasi perkantoran gratis ini mempunyai fiture yang cukup lengkap. Aplikasi ini tidak hanya tersedia dalam versi gratis saja, kalau anda ingin fiture yang lebih baik, anda sanggup memakai WPS Office versi berbayar. Tentu hal ini akan mendapat pinjaman penuh dari tim pengembang aplikasi.



Sementara versi WPS Office untuk Linux dikembangkan oleh komunitas WPS Office For Linux dan aplikasi ini berisi tiga (3) komponen ialah Writer, SpreadSheet, dan Presentation. Kita sanggup menggunakannya secara gratis di sistem Linux. Berikut ini selengkapnya mengenai cara install wps office di Linux Mint, Ubuntu dan Debian.

 Ubuntu dan Debian sanggup memakai aplikasi office gratis dengan tampilan ibarat micros Cara Install WPS Office Di Linux Mint, Ubuntu, Debian

Cara Install WPS Office Di Linux Mint, Ubuntu Dan Debian

Linux Mint, Ubuntu dan Debian merupakan distro Linux terkenal yang membawa LibreOffice sebagai aplikasi default sistem. Banyak pilihan yang sanggup kita peroleh di sistem Linux Mint, Ubuntu dan Debian untuk aplikasi perkantoran, salah satunya ialah WPS Office. Fiture yang ditawarkan aplikasi cukup lengkap. Anda tidak akan kecewa memakai aplikasi dengan tampilan ibarat microsoft office ini.

Kita memang tidak sanggup menemukan paket aplikasi WPS Office di repository Linux Mint, Ubuntu dan Debian. Oleh alasannya itu, kita tidak sanggup eksklusif menginstall aplikasi perkantoran ini. Kita harus d0wnl0ad file installer WPS Office untuk distribusi Linux Mint, Ubuntu dan Debian yang memakai paket DEB (standard debian package). Berikut ini cara install WPS Office di Linux Mint, Ubuntu dan Debian :

1. Download WPS Office For Linux (File DEB)

Kita sanggup melaksanakan d0wnl0ad file installer WPS Office dengan sebagai berikut :

 Ubuntu dan Debian sanggup memakai aplikasi office gratis dengan tampilan ibarat micros Cara Install WPS Office Di Linux Mint, Ubuntu, Debian

Cara Pertama :

  • Download file DEB WPS Office For Linux pada alamat situs web http://wps-community.org/d0wnl0ads.
  • Lihat pada Product Download ⇾ WPS Office For Linux ⇾ Addresses kemudian pilih salah satu link d0wnl0ad, pilih file installer WPS Office yang berekstensi .deb (pilih yang x86/32bit atau amd64/64bit, sesuaikan dengan tipe sistem operasi Linux Mint, Ubuntu dan Debian yang anda pakai). Simpan file hasil d0wnl0ad di hardisk komputer.

Cara Kedua :

  • Selain memakai cara ibarat di atas, kita juga sanggup d0wnl0ad  file installer WPS Office melalui terminal Linux dengan memakai perintah teks. Jalankan terminal kemudian ketik perintah teks di bawah ini :

Linux x86/32bit :
cd && wget -O wps-office.deb http://kdl.cc.ksosoft.com/wps-community/d0wnl0ad/a21/wps-office_10.1.0.5707 a21_i386.deb

Linux amd64/64bit :
cd && wget -O wps-office.deb http://kdl.cc.ksosoft.com/wps-community/d0wnl0ad/a21/wps-office_10.1.0.5707 a21_amd64.deb

Silahkan ganti angka "10.1.0.5707 a21 " sesuai dengan versi WPS Office yang akan kita d0wnl0ad. Kita sanggup melihat versi terbaru aplikasi ini pada alamat situs web http://wps-community.org/d0wnl0ads. File hasil d0wnl0ad akan disimpan pada direktori home (beranda) komputer. 

Jangan lupa d0wnl0ad juga font untuk WPS Office, silahkan ketik perintah teks di bawah ini pada terminal Linux :

Download Font :
wget -O web-office-fonts.deb http://kdl.cc.ksosoft.com/wps-community/d0wnl0ad/fonts/wps-office-fonts_1.0_all.deb

2. Install WPS Office Di Linux

Cara install WPS Office di Linux Mint, Ubuntu dan Debian sama ibarat melaksanakan install aplikasi memakai file .deb, silahkan lakukan ibarat di bawah ini :

Cara Pertama :

  • Install memakai aplikasi GDebi Package Installer (klik dua kali pada file DEB WPS Office), sesudah itu ikuti saja arahan yang ada di jendela GDebi. Bila memang diharapkan untuk install paket lain (dependency) maka, GDebi package installer akan melaksanakan kiprah tersebut.

Cara Kedua :

  • Install melalui terminal Linux Mint, Ubuntu atau Debian. Silahkan buka lokasi daerah menyimpan file installer WPS Office kemudian klik kanan, pilih Buka di terminal (Open in terminal)
  • Setelah itu ketik perintah teks di bawah ini :

sudo dpkg -i nama_file.deb 

Misalnya:
sudo dpkg -i wps-office.deb

Install Dependency :
Bila muncul pesang kesalahan ketika instalasi WPS Office, biasanya alasannya problem dependency. Ketik saja perintah teks di bawah ini :

sudo apt -f install

Install Font :
sudo dpkg -i wps-office-font.deb

Hapus File DEB (bila sudah tidak diperlukan) :
sudo rm wps-office.deb wps-office-font.deb

WPS Office sendiri merupakan aplikasi yang cukup banyak diminati oleh mereka yang ingin memakai aplikasi perkantoran gratis dengan tampilan ibarat microsoft office. Anda sanggup memakai WPS Office dengan baik pada distribusi Linux Mint, Ubuntu dan Debian.

Khusus Linux Debian 9 (stretch)

Pada Linux Debian 9 (stretch), kita tidak sanggup eksklusif install WPS Office. Terdapat paket aplikasi yang perlu kita install terlebih dahulu untuk mengatasi problem dependency. Silahkan lakukan cara ibarat di bawah ini  :

  • Download paket aplikasi file libpng12-0 pada alamat situs web ini : https://packages.debian.org/jessie/libpng12-0 , lihat pada bab bawah (Download libpng12-0 ), pilih arsitektur (amd64/64-bit atau i386/32-bit), kemudian pilih server d0wnl0ad (pilih yang mana saja, contohnya ftp.us.debian.org/debian), sesudah itu simpan file hasil d0wnl0ad di hardisk komputer
  • Buka direktori daerah menyimpan file libpng12-0 .deb kemudian klik kanan, pilih Buka di terminal (open in terminal), sesudah itu ketik perintah teks di bawah ini :

sudo dpkg -i libpng12-0.deb

  • Setelah itu gres install WPS Office memakai cara ibarat di atas

Bila anda tidak menginstall paket aplikasi libpng12-0, anda akan mendapat pesan kesalahan ibarat di bawah ini :

......................... Preparing to unpack wps-office.deb ... Unpacking wps-office (10.1.0.5707 a21) ... dpkg: dependency problems prevent configuration of wps-office:  wps-office depends on libpng12-0; however:   Package libpng12-0:i386 is not installed.  dpkg: error processing package wps-office (--install):  dependency problems - leaving unconfigured ...........................

Menjalankan WPS Office

Setelah proses install aplikasi selesai, kita sanggup menjalankannya melalui Menu ⇾ Office ⇾ WPS Writer, Spreadsheets, Presentations atau sanggup juga dengan cara ketik wps pada terminal Linux, nanti akan terbuka jendela aplikasi Writer. Pertama kali menjalankan WPS Office, anda akan menjumpai jendela “License Agreement” klik saja pada tombol I Accept

Tampilannya memang ibarat microsoft office windows versi 2007 ke atas yang memakai tampilan hidangan berbasis web. Hal ini berbeda dengan LibreOffice yang memakai tampilan ibarat microsoft office 2003. WPS Office cukup ringan berjalan di komputer sehingga tidak terlalu membebani kerja komputer dan ekonomis sumber daya.

Mengatasi Masalah “Some formulas symbols might not display correctly...”

Ketika pertama kali menjalankan aplikasi perkantoran yang ibarat dengan microsoft office ini, mungkin anda akan melihat pesan kesalahan (error) yang memberitahukan bahwa beberapa simbol formula mungkin tidak sanggup ditampilkan secara benar...dst.


Hal ini alasannya terdapat font tertentu yang belum terinstall di WPS Office. Lihat pada proses install sebelumnya, bahwasanya kita sudah d0wnl0ad dan install font WPS Office namun, bukan font jenis tersebut yang dibutuhkan untuk mengatasi pesan kesalahan yang ditampilkan ketika start up aplikasi perkantoran ini.  Kita memerlukan font jenis lainnya yang merupakan font untuk “Math Formula” pada WPS Office untuk Linux ini.

  • Kunjungi alamat situs web ini : https://github.com/IamDH4/ttf-wps-fonts kemudian pilih tombol Clone or Download,  simpan file hasil d0wnl0ad di hardisk komputer
  • Setelah itu ekstrak file hasil downlaod kemudian seleksi semua file dengan ekstensi .ttf (abaikan file readme.md dan install.sh). Copy paste file .ttf tersebut pada direktori usr/share/fonts/wps-office (masuk sebagai root) atau sanggup juga copy paste file tersebut pada folder .fonts di home komputer ( tekan  tombol Ctrl+h untuk menampilkan file yang tersembunyi), kalau tidak terdapat folder .fonts disana, silahkan buat folder gres dengan nama .fonts
  • Setelah itu jalankan ulang WPS Office dan kini anda tidak akan mendapati pesan kesalahan ibarat itu lagi.

WPS Office sebelumnya berjulukan Kingsoft Office. Aplikasi ini dikembangkan oleh perusahaan yang berlokasi di Palo Alto (US). WPS Office merupakan anak perusahaan Kingsoft Corporation (China).

Kesimpulan

Sampai di sini kita sudah berhasil melaksanakan install WPS Office di Linux Mint, Ubuntu dan Debian . Aplikasi perkantoran ini cocok bagi anda yang sudah terbiasa memakai Microsoft Office alasannya tampilannya sangat mirip. Anda tidak perlu waktu usang untuk terbiasa menggunakannya . Demikian cara install WPS Office di Linux Mint, Ubuntu dan Debian biar bermanfaat.
Sumber http://sobmint.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Install Wps Office Di Linux Mint, Ubuntu, Debian"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel