-->

iklan banner

Cara Install Chromium Browser Di Linux Mint, Ubuntu, Debian

Chromium web browser merupakan peramban situs web berbasis open source yang identik dengan google chrome. Chromium dan chrome menggunakan basic yang sama, dimana chrome mengambil dasar sistem yang dikembangkan oleh Chromium project. Kita sanggup install Chromium di sistem Linux Mint, Ubuntu dan Debian dalam bebeberapa cara. Kali ini aku akan menyebarkan mengenai cara install Chromium di Linux menggunakan 2 cara yaitu pertama menggunakan paket aplikasi Chromium yang terdapat di repository system dan yang kedua melalui Snap Ubuntu.

Sebagian pengguna Linux mungkin akan lebih menentukan menggunakan Chromium daripada google chrome karena, aplikasi ini terintegrasi dengan baik pada sistem Linux. Sementara bagi pengguna sistem operasi komputer lain (windows, mac os)  mungkin akan lebih bahagia menggunakan google chrome.

Chromium web browser merupakan peramban situs web berbasis open source yang identik dengan Cara Install Chromium Browser Di Linux Mint, Ubuntu, Debian

Cara Install Chromium Web Browser Di Linux Mint, Ubuntu, Debian

Pengguna distro Linux sanggup install aplikasi Chromium web browser dengan cukup mudah. Hampir setiap distro Linux menyertakan aplikasi ini pada repository system yang mereka gunakan. Bila anda ingin menggunakan paket aplikasi yang independent, tidak tergantung pada paket aplikasi lainnya (dependency), anda sanggup menggunakan aplikasi yang terdapat di Snap Ubuntu (Snappy).

A. Install Chromium Melalui Repository System

Cara klasik untuk install aplikasi di sistem Linux yaitu menggunakan paket aplikasi yang terdapat di repository sistem. Bagi pengguna sistem Linux pastinya sudah terbiasa untuk install aplikasi menggunakan cara ibarat ini. Kita sanggup menggunakan perintah teks apt install atau apt-get install di terminal Linux atau bagi pengguna gres sistem Linux mungkin akan lebih gampang untuk install aplikasi menggunakan software manager yang menggunakan perintah berbasis grafis.


Misalnya, aku akan install Chromium menggunakan perintah teks. Buka terminal Linux kemudian ketik perintah teks di bawah ini :

Mint, Ubuntu
sudo apt install chromium-browser

Pada Linux Debian :
sudo apt install chromium

Install juga paket bahasa untuk Chromium browser
sudo apt install chromium-l10n

B. Install Chromium Menggunakan Snap Ubuntu

Install aplikasi menggunakan Snap Ubuntu merupakan cara lain untuk menggunakan aplikasi di sistem Linux. Sekarang Snappy sudah mendukung banyak aplikasi dan sanggup dipakai di banyak distro Linux populer. Bagi anda yang belum pernah menggunakan Snap Ubuntu, silahkan baca artikel aku mengenai cara menggunakan aplikasi di Snap Ubuntu.


Aplikasi yang terdapat di Snappy ini merupakan tipe aplikasi independent, tidak tergantung pada dependency jadi, hanya ada satu paket file yang akan kita d0wnl0ad ketika melaksanakan proses instalasi melalui Snap Ubuntu ini.  Yang lebih menariknya lagi, Snap Ubuntu sanggup di install di aneka macam sistem Linux yang sudah mendukung Snappy. Banyak yang menyampaikan ini ialah model aplikasi masa depan Linux. Bila anda menyukai cara ini, silahkan ketik perintah teks di bawah ini untuk install Chromium di sistem Linux melalui Snap Ubuntu.

Install Snap Ubuntu
sudo apt install snapd

Install Snap core
sudo snap install core

Install Chromium
sudo snap install chromium

Aplikasi yang di install melalui Snap Ubuntu akan menempati sajian aplikasi ibarat aplikasi yang diinstall melalui repository sistem, jadi yang berbeda hanya proses instalasinya saja.

Selain Chromium web browser kita sanggup menggunakan banyak aplikasi web browser yang berbasis open source atau yang bukan open source, ibarat contohnya mozilla firefox, gnome web, midori, qonkueror, arora dan masih banyak lagi. Kita juga sanggup install google chrome dan opera browser di sistem Linux Mint, Ubuntu dan Debian menggunakan file .deb yang kita d0wnl0ad dari masing-masing situs web.


Chromium browser sanggup kita jadikan sebagai alternatif untuk Mozilla Firefox di sistem Linux Mint, Ubuntu dan Debian. Banyak yang suka menggunakan Chromium/Chrome alasannya ialah browser ini terkenal ringan, cepat dan kaya akan fiture.

Kesimpulan

Peramban internet merupakan salah satu aplikasi yang paling banyak dipakai oleh pengguna komputer. Fungsi aplikasi ini yaitu untuk mengakses sejumlah alamat situs web yang sanggup kita gunakan dalam aneka macam keperluan. Demikian cara install Chromium di Linux Mint, Ubuntu dan Debian, biar bermanfaat dan menambah pengetahuan kita semuanya.
Sumber http://sobmint.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Install Chromium Browser Di Linux Mint, Ubuntu, Debian"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel