-->

iklan banner

√ 7 Tips Hindari Kecelakaan Privasi Di Facebook

7 Tips Hindari Kecelakan Privasi di Facebook – Adakah dongeng karena tidak berhati-hati ketika memakai fitur-fitur di Facebook, orang lain sanggup mempunyai persepsi miring wacana kita. Misalnya ketika foto-foto kita yang tidak layak tersebar di antara rekan atau teman. Atau terpajangnya konten tak pantas di wall yang sanggup menciptakan kita dianggap aneh. Bisa juga ada orang lain yang secara eksklusif maupun tidak berniat atau telah mencemarkan nama baik kita melalui update status ataupun tagging photo yang mereka lakukan.

Beberapa pengguna Facebook mungkin tidak paham, atau malas mempelajari, kiat pengaturan privasi (privacy settings). Padahal caranya mudah. Jangan hingga karena ketidaktahuan atau kemalasan, nama baik kita menjadi terkontaminasi dan sulit untuk dipulihkan. Berikut ini tips yang sanggup diikuti:




1) Manfaatkan “Friend List”.
Bagi kebanyakan orang, fitur friend list mungkin tidak dianggap penting. Namun hal ini membantu kita memanajemen sahabat Facebook yang mungkin berjumlah ratusan. Fitur ini juga memudahkan kita mencari sahabat Facebook lain yang jarang dihubungi. Friend list pun berfungsi memudahkan pengaturan spesifikasi privasi, antara kita dan seseorang.

2) Hilangkan Nama Kita di “Facebook Search”.
Bagi yang belum mengerti, kita sanggup menghilangkan nama kita di Facebook Search. Hal ini tentu untuk menjaga semoga profil kita tak gampang dicari / dilacak orang. 
Caranya:
• Cari ‘privacy settings’, pada opsi account di kanan atas.
• Pada privacy settings, pilih ’search’
• Non-aktifkan ‘publik search result’
• Klik ‘Confirm’

3) Jangan Biarkan Anda Dipermalukan Karena Foto/Video.
Seringkali foto-foto culun dan memalukan kita yang di upload teman, sanggup mencemarkan nama baik. Kalau sudah begini, rasa aib bercampur emosi niscaya muncul. Tidak usah gundah akan hal ini. Atur saja setting privasi foto/video nya.
Caranya:
• Cari ‘privacy settings’, pada opsi account di kanan atas.
• Pada privacy settings, pilih ‘Profile Information’.
• Atur pada pilihan ‘Photo Albums’ dan‘Photos and Videos of me’, untuk mengatur siapa saja yang berhak melihat foto/video kita.

4) Hilangkan “Status Relationship” Kita.
Untuk menghindari kisah pribadi asmara kita diumbar ke publik, ada baiknya menghilangkan status kekerabatan di Facebook. Tapi awas, bila kita tidak mempunyai ‘perisai’ diri, hal ini sanggup menjadikan potensi perselingkuhan. Ini semua berbalik ke diri sendiri.

5) Hindari Aplikasi Berbau Esek-esek.
Seringkali aplikasi di Facebook mempunyai konten dewasa. Misalnya kuis wacana apa gaya sec favorit Anda, atau bintang JAV yang cocok dengan Anda. Walau fungsinya sebagai hiburan, bila info ini diketahui orang yang tidak tepat, hal ini sanggup menjadikan persepsi negatif. Agar orang tidak mempunyai persepsi negatif pada diri kita, cari kondusif saja. Hindari semua aplikasi yang berbau negatif.

6) Buat “Contact Profile” Anda Lebih Privat.
Secara umum, kontak profil di Facebook menampilkan apa saja yang ada wacana diri kita. Misal status hubungan, pandangan politik, nama sanak keluarga, bahkan nomor ponsel dan e-mail. Ada kalanya, untuk menjaga privasi, kita tak harus membeberkan itu semua ke publik. Kita pun sanggup memilah-milahnya. Sebagai contoh, cukup sertakan email dan nomor ponsel saja, ketika kekerabatan Facebook kita hanya di lingkungan kerja.

7) Hanya Orang Tertentu yang Boleh Melihat Foto Anda.
Saat kita mengupload sebuah foto, sebaiknya jangan diumbar eksklusif ke publik. Atur kepada siapa saja terbaru anda boleh dilihat.
Caranya sama menyerupai tips nomor 3, namun lebih spesifik:
• Cari ‘privacy settings’, pada opsi account di kanan atas.
• Pada privacy settings, pilih ‘Profile Information’.
• Atur pada pilihan ‘Photo Albums’ dan ‘Photos and Videos of Me’, untuk mengatur siapa saja yang berhak melihat foto/video kita.


Sumber : “Internet Sehat - www.internetsehat.org”

Sumber http://www.ssbelajar.net/

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "√ 7 Tips Hindari Kecelakaan Privasi Di Facebook"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel