-->

iklan banner

√ 12 Praktek Keamanan Pengguna Pc

12 Praktek Keamanan Pengguna PC dan Internet – Pernahkan anda benar benar memperhatikan keamanan dalam praktek penggunaan PC ?  Kita tahu PC sangat banyak manfaatnya, sebab itu banyak hal yang dapat kita lakukan dengan perangkat yang satu ini. Siapa sangka bila kita terlalu asik dapat bisa kita melalaikan hal penting menyerupai halnya keamanan.





Keamanan bagi pengguna PC sangatlah penting sebab kini aneka macam hal negatif yang dapat timbul dari PC. Langsung saja, bagaimana praktek keamanan yang dapat kita lakukan ?


1. Lakukan investasi dengan membeli solusi keamanan internet yang menggabungkan antivirus, firewall, deteksi penyusupan dan administrasi kelemahan untuk mendapat sumbangan maksimum dari malware dan ancaman lainnya.

2. Pastikan bahwa patch keamanan yang paling gres telah terpasang dan diterapkan segera untuk semua aplikasi yang mempunyai kelemahan.

3. Pastikan bahwa password yang dipakai ialah adonan aksara dan angka, dan seringseringlah mengubahnya. Password tak seharusnya mengandung kata-kata dari kamus.

4. Jangan pernah membuka, melihat atau menjalankan attachment email kecuali memang attachment itu sudah diketahui tujuannya dan dikirimkan sepengetahuan penerima.

5. Update definisi virus secara rutin. Dengan mempunyai definisi virus yang terbaru, Anda dapat melindungi komputer dari virus terbaru yang sedang menyebar.

6. Cek secara rutin apakah sistem operasi yang dipakai mempunyai kelemahan. Ini dapat dilakukan dengan memanfaatkan Symantec Security Check yang dapat diakses lewat http:// www.symantec.com/ securitycheck.

7. Gunakan solusi anti phishing. Dan, jangan pernah memberitahukan informasi rahasia, eksklusif atau finansial, kecuali jikalau dapat dipastikan bahwa undangan informasi itu benar-benar resmi.

8. Terlibatlah dengan melacak dan melaporkan upaya serangan. Dengan layanan tracking dari Symantec Security Check, pengguna dapat segera mengidentifikasi lokasi serangan potensial dan meneruskan informasi itu ke ISP penyerang atau pihak berwajib.

9. Waspadalah sebab ancaman keamanan dapat secara otomatis terpasang pada komputer yang memakai kegiatan menyebarkan file, d0wnl0ad gratisan dan software versi freeware atau shareware tertentu.

10. Hindarilah mengklik tautan atau attachment pada email atau pesan instan, hal-hal ini mungkin membuka komputer pada risiko yang tidak perlu.

11. Baca end-user license agreements (EULA) secara hati-hati dan pastikan semua persyaratannya dipahami sebelum menyetujuinya. Beberapa risiko keamanan tertentu dapat dipasang ketika pengguna menyetujui EULA atau akhir pengguna menyetujuinya.

12. Waspadai piranti lunak yang menampilkan iklan pada tampilannya. Banyak kegiatan spyware yang melacak bagaimana pengguna merespons iklan semacam ini, kehadiran kegiatan semacam ini ialah tanda bahaya. Iklan yang muncul dapat jadi ialah spyware.


Sumber : “Internet Sehat - www.internetsehat.org”

Sumber http://www.ssbelajar.net/

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "√ 12 Praktek Keamanan Pengguna Pc"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel