-->

iklan banner

√ 10 Glagat Mencurigakan Anak Ketika Berinternet

10 Glagat dan Tingkah Mencurigakan Saat Anak Berinternet - Ibarat belantara, internet sanggup menyesatkan penggunanya kalau tidak punya cukup anutan dalam menjelajahinya. Apalagi buat anak-anak. Mereka yakni kelompok yang paling potensial untuk jadi korban kejahatan dunia maya. Para orang bau tanah tentunya tidak ingin hal jelek terjadi pada anak. Untuk itu, upaya prefentif perlu dilakukan, salah satu yakni menciptakan hukum bagi belum dewasa kita dalam berinternet.

Dalam kenyataannya, sering kali belum dewasa dengan rasa keingintahuan yang tinggi mencoba mencari celah dan melanggar hukum yang telah dibuat. Sebelum anak Anda melaksanakan pelanggaran lebih jauh, kenali semenjak awal gelagat mencurigakan dari mereka. Berikut ini 10 gelagat mencurigakan yang harus kita waspadai, alasannya biasanya merupakan indikasi bahwa anak telah melanggar hukum berinternet.






1. Menerima sejumlah pesan yang tak biasa Ini sanggup menjadi menunjukan bahwa anak telah memperlihatkan informasi pribadinya. Penjaring informasi biasanya mengimingimingi dengan aneka macam hadiah mulai dari lagu-lagu MP3 gratis, piranti game, dan sebagainya. Beritahu dan peringatkan mereka ancaman yang mungkin timbul kalau mereka mengobral informasi langsung secara sembarangan. Ingatkan mereka untuk tidak memperlihatkan informasi langsung menyerupai alamat email, nomor telepon, dan alamat rumah kepada orang yang tak dikenal.

2. Menutup layar monitor dan window dengan cepat. Refleks belum dewasa biasanya akan sangat cepat ketika ia tertangkap berair melanggar aturan. Anak yang tiba-tiba menutup layar monitornya patut diselidiki lebih lanjut. Cari tahu bantalan an mereka melaksanakan itu. Mungkin sudah saatnya untuk memasang parental software security, sehingga kita sanggup memonitor kegiatan belum dewasa kita ketika berinternet dan segera memperingatkan mereka kalau mulai mencoba mengakses situs-situs yang yang berbahaya buat mereka.

3. Mengakses internet ketika larut malam Kadangkala belum dewasa khususnya yang sendirian dan kesepian di rumah, gampang terpengaruhi untuk masuk ke situs menyerupai Facebook, atau mencoba aplikasi chatting. Segeralah cari tahu siapa-siapa saja sobat mereka dan kelompok chatting apa saja yang sering dikunjungi. Jika dirasa perlu, pasanglah parental software security sehingga belum dewasa kita kondusif dari ancaman predator dunia maya yang selalu bergentayangan mencari mangsa.

4. Mengubah password dan tidak mau memberitahukan kepada orang bau tanah Orang bau tanah sebaiknya selalu mengetahui dan menyimpan password belum dewasa mereka. Jika mereka mulai merahasiakannya, segera cari tahu password mereka yang baru. Parental software security akan sangat membantu kalau mereka mulai mencoba untuk mengubah password.

5. Menggunakan komputer selain di rumah Komputer-komputer di kawasan umum, menyerupai perpustakaan ataupun warung internet biasanya memperlihatkan kanal internet yang tak terbatas. Dan kemudahan ini tidak mereka miliki di rumah, sehingga berhatihatilah kalau belum dewasa memakai kemudahan ini. Jika memungkinkan dampingilah mereka, dan kalau tidak minta mereka memberikan kegiatan dan situs-situs yang mereka kunjungi.

6. Mulai memisahkan diri dari keluarga atau teman-temannya Pelaku kejahatan secual biasanya berusaha mendekatkan korban pada mereka, dan menjauhkannya dari keluarga dan temanteman. Anak-anak kita pun sanggup menjadi korban kejahatan secual, baik yang dilakukan secara fisik maupun verbal.

7. Anda menemukan foto-foto absurd di Computer Secara acak cobalah cari file-file gambar atau foto pada komputer anak, menyerupai file .jpg, .tiff, .gif atau .bmp. Mintalah anak untuk memperlihatkan informasi mengenai foto-foto tersebut, dan catat informasinya.

8. Menerima telpon dari nomor yang tak Dikenal Banyak pelaku kejahatan biasanya menentukan memakai telepon untuk berkomunikasi dengan calon korban. Kadang mereka juga meminta calon korbannya untuk menelpon balik, dengan begitu mereka memperoleh nomor telpon si calon korban. Dengan ID tersebut pelaku sanggup memperoleh identitas dan alamat calon korbannya, sehingga memudahkan mereka dalam beraksi.

9. Menerima kiriman surat, hadiah atau paket dari orang yang tak dikenal Pelaku kejahatan kadang melaksanakan modus kejahatannya dengan mengirimkan foto atau hadiah kepada calon korban. Jika anda menjumpai insiden menyerupai ini, berhatihatilah dan segeralah ambil tindakan pencegahan segera.

10. Anda menemukan file atau gambar tak senonoh di computer Hal ini juga merupakan menunjukan yang harus segera anda sikapi. Segeralah cari sumber file tersebut. Jika file tersbut berasal dari situs-situs internet segeralah blokir alamat-alamat tersebut. Jika berasal dari orang lain, tidak ada salahnya untuk segera menghubungi pihak berwajib.



Gelagat-gelagat tersebut di atas merupakan indikasi awal dari penyalahgunaan internet yang kerap terjadi pada anak-anak. Para orang bau tanah tentunya tidak ingin anak terperosok dalam kejahatan internet. Tidak ada salahnya untuk berjagajaga, salah satunya dengan memakai parental software security di computer anak, selain dengan selalu memperlihatkan pemahaman yang benar terhadap ancaman dan manfaat di Internet.




Sumber : “Internet Sehat - www.internetsehat.org”

Sumber http://www.ssbelajar.net/

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "√ 10 Glagat Mencurigakan Anak Ketika Berinternet"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel