-->

iklan banner

√ Memori Ram Dan Rom Komputer

Versi  materi oleh FKT UNY


Jenis Memori didalam Komputer yaitu RAM dan ROM, berikut penjelasannya



(1) Random Access Memory (RAM)

Semua data dan aktivitas yang dimasukkan melalui alat input akan disimpan terlebih dahulu di memori utama, khususnya RAM, yang sanggup diakses secara acak (dapat diisi/ditulis, diambil, atau dihapus isinya) oleh pemrogram.

Struktur RAM terbagi menjadi empat bab utama, yaitu:
a. Input storage, dipakai untuk menampung input yang dimasukkan melalui alat input.
b. Program storage, dipakai untuk menyimpan semua instruksiinstruksi aktivitas yang akan diakses.
c. Working storage, dipakai untuk menyimpan data yang akan diolah dan hasil pengolahan.
d. Output storage, dipakai untuk menampung hasil final dari
pengolahan data yang akan ditampilkan ke alat output.

Input yang dimasukkan melalui alat input akan ditampung terlebih dahulu di input storage. Bila input tersebut berupa aktivitas maka akan dipindahkan ke aktivitas storage, dan kalau berbentuk data maka akan dipindahkan ke working storage. Hasil dari pengolahan juga ditampung terlebih dahulu di working storage dan kalau akan ditampilkan ke alat output maka hasil tersebut dipindahkan ke output storage.


Jenis Memori didalam Komputer yaitu RAM dan ROM √ MEMORI RAM DAN ROM KOMPUTER




(2) Read Only Memory (ROM)

Dari namanya, ROM hanya sanggup dibaca sehingga pemrogram tidak sanggup mengisi sesuatu ke dalam ROM. ROM sudah diisi oleh pabrik pembuatnya berupa sistem operasi yang terdiri dari program-program pokok yang diharapkan oleh sistem komputer, menyerupai contohnya aktivitas untuk mengatur penampilan abjad di layar, pengisian tombol kunci papan ketik untuk keperluan kontrol tertentu, dan bootstrap program. Program bootstrap diharapkan pada ketika pertama kali sistem komputer diaktifkan. Proses mengaktifkan computer pertama kali ini disebut dengan booting, yang sanggup berupa cold booting atau warm booting.

Cold booting merupakan proses mengaktifkan sistem computer pertama kali untuk mengambil aktivitas bootstrap dari keadaan listrik komputer mati (off) menjadi hidup (on). Sedangkan warm booting merupakan proses pengulangan pengambilan aktivitas bootstrap pada ketika komputer masih hidup dengan cara menekan tiga tombol tombol pada papan ketik sekaligus, yaitu Ctrl, Alt, dan Del. Proses ini biasanya dilakukan kalau sistem komputer macet, daripada harus mematikan pedoman listrik komputer dan menghidupkannya kembali.

Instruksi-instruksi yang tersimpan di ROM disebut dengan microinstruction atau firmware alasannya yaitu hardware dan software dijadikan satu oleh pabrik pembuatnya. Isi dari ROM ini dihentikan hilang atau rusak alasannya yaitu kalau terjadi demikian, maka sistem komputer tidak akan sanggup berfungsi. Oleh alasannya yaitu itu, untuk mencegahnya maka pabrik pembuatnya merancang ROM sedemikian rupa sehingga hanya sanggup dibaca, tidak sanggup diubah-ubah isinya oleh orang lain. Selain itu, ROM bersifat non volatile biar isinya tidak hilang kalau listrik komputer dimatikan.

Pada kasus yang lain memungkinkan untuk merubah isi ROM, yaitu dengan cara memprogram kembali instruksi-instruksi yang ada di dalamnya. ROM jenis ini berbentuk chip yang ditempatkan pada rumahnya yang memiliki jendela di atasnya. ROM yang sanggup diprogram kembali yaitu PROM (Programmable Read Only Memory), yang hanya sanggup diprogram satu kali dan selanjutnya tidak sanggup diubah kembali. Jenis lain yaitu EPROM (Erasable Programmable Read Only Memory) yang sanggup dihapus dengan sinar ultraviolet serta sanggup diprogram kembali berulang-ulang. Disamping itu, ada juga EEPROM (Electrically Erasable Programmable Read Only Memory) yang sanggup dihapus secara elektronik dan sanggup diprogram kembali.


Itulah klarifikasi singkat mengenai memori RAM dan ROM pada suatu kompiuter

Sumber http://www.ssbelajar.net/

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "√ Memori Ram Dan Rom Komputer"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel