-->

iklan banner

Cara Mengetahui Font Pada Website Beserta Propertinya

Sobmint – Bagi pengembang perangkat lunak dan designer web mungkin sering berkunjung ke aneka macam website untuk mencari materi referensi, ide atau kerperluan lainnya. Salah satu elemen yang tidak luput dari pengamatan para developer dan designer web adalah jenis font. Ya, kita akan sering memakai jenis font untuk keperluan menciptakan rancangan produk, terutama dalam merancang sebuah website.  Berikut ini Cara Mengetahui Font Pada Website Beserta Propertinya.

Dalam menentukan jenis font, kita akan dihadapkan pada pilihan font yang jumlahnya sangat banyak. Memilih font yang tepat, tentu membutuhkan kejelian, pengalaman dan pengetahuan akan jenis font atau huruf. Anda sanggup melihat font yang dipakai pada sebuah website dengan rancangan yang baik untuk dijadikan materi rujukan anda.

Bila anda masih awam atau anyar dalam dunia design, terutama dalam merancang website, sanggup memakai cara ini untuk menentukan jenis font yang sempurna yang akan anda gunakan pada website/blog yang anda buat. Tidak semua font akan cocok atau sempurna jika dipakai pada sebuah website, untuk itulah kiranya kita perlu melihat-lihat website milik orang lain dan mungkin kita akan tertarik dengan font yang dipakai pada website (situs web) tersebut.

Cara Mengetahui Font Pada Sebuah Website sanggup kita lakukan dengan cukup gampang dengan atau tanpa dukungan add-ons atau ekstensi. Kita juga sanggup memakai aplikasi web browser sesuai selera kita masing-masing.  Dari aneka macam cara untuk mengetahui jenis font pada sebuah website, silahkan gunakan cara yang berdasarkan anda paling gampang dan anda suka.

Pada artikel ini saya akan memakai salah satu cara untuk mengetahui jenis font yang dipakai pada sebuah website dengan memakai aplikasi web browser Google Chrome dan extensions yang berjulukan Font Finder.

Cara Mengetahui Font Pada Website Beserta Propertinya


Bila anda tidak memakai Google Chrome sebagai aplikasi web browser, anda sanggup install Google Chrome terlebih dahulu atau silahkan gunakan ekstensi yang sama yaitu Font Finder yang terdapat di peramban situs web yang anda pakai.

Font Finder juga terdapat pada peramban situs web Mozilla Firefox dan Opera Browser


Install Font Finder Di Google Chrome

Untuk sanggup memakai ekstensi Font Finder, tentu kita harus menambahkannya ke web browser Google Chrome. Berikut ini cara install Font Finder di Google Chrome :
  1. Pertama jalankan Google Chrome atau Chromium web browser yang terinstall di sistem komputer yang anda gunakan.
  2. Setelah itu login (sign in) di Google Chrome dengan akun Gmail yang anda miliki.
  3. Lalu buka Web Store Chrome, dengan cara ketik chrome://apps pada address kafe Chrome kemudian pilih Web store.
  4. Pada jendela chrome web store, pilih tombol extension kemudian ketik font finder di kolom pencarian extension.
  5. Setelah itu, pada ekstensi Font Finder, klik tombol +ADD TO CHROME atau +TAMBAHKAN KE CHROME untuk menambahkan ekstensi Font Finder di Google Chrome.

     Bagi pengembang perangkat lunak dan designer web mungkin sering berkunjung ke aneka macam we Cara Mengetahui Font Pada Website Beserta Propertinya

  6. Setelah proses instalasi font finder selesai, kita sanggup melihat ikon font finder di toolbar Google Chrome.

Melihat Jenis Font Pada Website Dengan Font Finder Chrome

Setelah berhasil menambahkan ekstensi Font Finder di Google Chrome, kita sanggup pribadi menggunakannya untuk melihat jenis font yang dipakai pada sebuah website. Berikut ini Cara Mengetahui Jenis Font Pada Website dengan Font Finder.

 Bagi pengembang perangkat lunak dan designer web mungkin sering berkunjung ke aneka macam we Cara Mengetahui Font Pada Website Beserta Propertinya

  1. Buka alamat situs web (website) yang akan kita lihat jenis font-nya.
  2. Klik pada ikon Font Finder yang terdapat di toolbar Google Chrome.
  3. Setelah itu, arahkan kursor mouse ke area halaman website yang akan kita lihat jenis font-nya.
  4. Klik pada area tersebut dan sesudah itu akan muncul properti font, antara lain : Warna (Color), Jenis Huruf (Font),  Spasi (space), Dekorasi (decoration) dan Detail (detail element).
Tools ini sangat bermanfaat untuk melihat jenis font beserta propertinya yang sanggup kita gunakan dalam merancang sebuah website atau blog. Cara penggunaanya juga gampang dan pastinya anda tidak akan mengalami kesulitan berarti dikala memakai Font Finder untuk mencari jenis karakter yang dipakai di sebuah website.

Selain memakai dukungan add-ons/ekstesi, kita juga sanggup melihat jenis font pada website dengan memakai Inspect Element yang merupakan fungsi bawaan web browser Chrome, Firefox dan Opera. Namun, dengan cara yang berbeda dan sedikit lebih sulit.

Demikian mengenai Cara Mengetahui Font Pada Website Beserta Propertinya, supaya bermanfaat dan menambah pengetahuan kita semuanya – sobmint.blogpsot.co.id – 22 February 2018
Sumber http://sobmint.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Mengetahui Font Pada Website Beserta Propertinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel