-->

iklan banner

Cara Mengatasi Wifi Tidak Konek Di Linux Mint, Ubuntu, Debian

Cara Mengatasi Wifi Tidak Konek Di Linux Mint, Ubuntu, Debian – Pengguna distro Linux Mint, Ubuntu atau Debian mungkin akan mengalami duduk masalah yang satu ini yaitu “Tidak Bisa Terhubung Wifi” atau “Tidak Konek Wifi” yang diakibatkan alasannya ialah wireless LAN mengalami “block” atau terbloking oleh acer-wireless. Namun, tidak semua pengguna distro Linux mengalami hal tersebut, mungkin hanya beberapa pengguna saja yang kebetulan mengalaminya, termasuk saya.

Ketika saya ingin memakai kanal internet wireless melalui jaringan wifi, ternyata tombol jaringan wifi tidak sanggup konek (aktif). Ketika saya mencoba untuk mengaktifkannya, tetap tidak sanggup dan wifi akan kembali menjadi disconnect. Tentu saja hal ini menjadi salah satu duduk masalah pengguna distro Linux Mint, Ubuntu atau Debian.


Bila anda ialah pengguna distro Linux dan mengalami hal duduk masalah dengan koneksi wifi atau “Tidak Bisa Konek Wifi Linux” , anda sanggup melaksanakan cara yang akan saya uraikan di bawah ini untuk mengatasi duduk masalah tidak sanggup terhubung dengan wifi/wireless.

Cara Mengatasi Wifi Tidak Konek Di Linux Mint Cara Mengatasi WiFi Tidak Konek Di Linux Mint, Ubuntu, Debian

Cara Mengatasi Wifi Tidak Konek Di Linux Mint, Ubuntu, Debian


Setelah anda mencoba untuk menghubungkan atau mengaktifkan jaringan wifi namun, tetap tidak bisa, anda sanggup melaksanakan cara menyerupai di bawah ini. Dalam keadaan menyerupai ini, tentu anda tidak sanggup menikmati jaringan internet wifi melalui sistem operasi Linux Mint, Ubuntu atau Debian. Untuk mengatasi hal tersebut, lakukan beberapa langkah di bawah ini :

Pertama - Jalankan terminal Linux Mint (Ctrl+Alt+T) kemudian ketik perintah teks di bawah ini :

sudo rfkill list

0: acer-wireless: Wireless LAN
    Soft blocked: yes
    Hard blocked: no
1: phy0: Wireless LAN
    Soft blocked: no
    Hard blocked: no
2: hci0: Bluetooth
    Soft blocked: yes
    Hard blocked: no

Kedua - Anda lihat pada bab acer-wireless: Wireless LAN , inilah yang menciptakan sistem komputer yang anda pakai tidak sanggup terhubung ke jaringan wifi yaitu pada setelan: Soft blocked: yes

Ketiga - Sebenarnya jikalau kita mendapati pengaturan wireless dalam kondisi terbloking “Soft blocked: yes”, kita sanggup melepaskan block tersebut dengan mengetikan perintah di bawah ini :

sudo rfkill unblock 0

Angka 0 mengacu pada nomor yang terdapat di daftar (0, 1, 2) 0 = untuk acer-wireless, 1 = untuk phy0 (wireless) dan 1 = untuk hci0 (bluetooth)

Ke empat - Namun, saat kita mencoba melaksanakan cara tersebut, ternyata tidak ada perubahan alias masih tetap terblock. Untuk itulah kita perlu melaksanakan blacklist pada acer-wireless.

Masih dalam terminal Linux Mint ketik perintah teks di bawah ini :

sudo tee /etc/modprobe.d/blacklist-acer-wmi.conf

Atau sanggup juga anda setting secara manual dengan cara menciptakan file gres memakai teks editor (Xed, Gedit, Pluma) :
  1. Pada terminal Linux ketik sudo xed
  2. Lalu tambahkan perintah berikut pada teks editor : blacklist acer_wmi
  3. Simpan file tersebut dengan nama blacklist-acer-wmi.conf pada direktori (folder) /etc/modprobe.d/
  4. Reboot (jalankan ulang) komputer     *ketik sudo reboot
Setelah itu, anda sanggup memakai jaringan wifi tanpa perlu khawatir akan terblock oleh acer_wireless lagi. Untuk lebih memastikan, silahkan anda ketik perintah sudo rfkill list lagi menyerupai di atas, kini acer_wireless sudah tidak terlihat lagi dan anda sanggup memakai jaringan WiFi dengan baik dan lancar.

Wi-Fi atau sanggup juga disebut dengan waifai, wifi atau WiFi merupakan teknologi yang memanfaatkan peralatan elektronik untuk bertukar data secara nirkabel (tanpa kabel) dengan memakai gelombang radio melalui sebuah jaringan komputer dan termasuk dalam koneksi internet berkecepatan tinggi - https://id.wikipedia.org/wiki/Wi-Fi.

Demikian mengenai Cara Mengatasi WiFi Tidak Konek Di Linux Mint, Ubuntu, Debian. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan kita semuanya.
Sumber http://sobmint.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Mengatasi Wifi Tidak Konek Di Linux Mint, Ubuntu, Debian"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel