-->

iklan banner

Cara Mengatasi Tombol Delete Tidak Berfungsi Di Linux Mint, Ubuntu, Debian

Cara Mengatasi Tombol Delete Tidak Berfungsi Di Linux Mint, Ubuntu, Debian - Terkadang pengguna distro Linux mengalami problem dengan tombol delete keyboard yang tidak berfungsi alias tidak sanggup digunakan. Hal ini mungkin sering terjadi pada pengguna distro Linux dengan lingkungan desktop berbasis Gnome, contohnya : Gnome, Cinnamon, Budgie, dll. Tentu saja hal ini akan sangat mengganggu terutama bagi anda yang sering melaksanakan acara mengetik memakai teks editor maupun aplikasi perkantoran.


Tidak berfungsinya tombol delete keyboard ini bukan alasannya kerusakan pada keyboard yang anda pakai, melainkan hanya problem softwarenya saja. Kita sanggup memperbaikinya dengan cara yang cukup gampang namun, terkadang problem tidak berfungsinya tombol delete ini masih sering muncul meskipun sudah diperbaiki.

Cara Mengatasi Tombol Delete Tidak Berfungsi Di Linux Mint Cara Mengatasi Tombol Delete Tidak Berfungsi Di Linux Mint, Ubuntu, Debian

Cara Mengatasi Tombol Delete Tidak Berfungsi Di Linux Mint, Ubuntu, Debian


Masalah tidak berfungsinya tombol delete keyboard di Linux memang sering muncul pada lingkungan desktop berbasis Gnome. Bila anda memakai distro Linux Debian, dengan Gnome sebagai desktop environmentnya, mungkin akan mengalami hal ini. Sementara bagi pengguna Linux Mint Cinnamon, problem ini juga sanggup saja muncul, pasalnya, Cinnamon merupakan turunan dari Gnome Desktop, begitu juga dengan Unity Ubuntu dan Budgie desktop.

Sementara bagi pengguna lingkungan desktop yang lain, contohnya : Mate, Xfce kemungkinan tidak akan mengalami problem ini. Saya sendiri selama memakai Mate dan Xfce Desktop tidak pernah mengalami problem dengan tombol Delete pada keyboard yang saya pakai. Dalam hal ini, memang terdapat bug pada Gnome desktop yang mungkin tidak terjadi pada setiap hardware komputer. Berikut ini langkah – langkah untuk memperbaiki tidak berfungsinya tombol delete keyboard di Linux Mint, Ubuntu, Debian (Gnome Desktop).

1. Install Gconf-Editor


Pertama install terlebih dahulu aplikasi gconf-editor yang merupakan aplikasi untuk mengatur konfigurasi sistem pada desktop gnome dan turunannya. Silahkan jalankan terminal Linux kemudian ketik perintah teks di bawah ini :

sudo apt install gconf-editor

2. Aktifkan Can_Change_Accels


Setelah simpulan menginstall gconf-editor, aktifkan fungsi can_change_accels melalui jendela pengaturan konfigurasi gconf-editor. Silahkan klik pada sajian komputer yang anda pakai kemudian pilih Administration → Configuration Editor.

Cara Mengatasi Tombol Delete Tidak Berfungsi Di Linux Mint Cara Mengatasi Tombol Delete Tidak Berfungsi Di Linux Mint, Ubuntu, Debian

Selanjutnya, pada jendela Configuration Editor pilih : Desktop → Gnome → Interface . Pada pengaturan interface, aktifkan can_change_accels (dengan cara centang pada tombol can_change_accels).

Bila tidak ada problem dan anda melakukannya dengan benar, tombol delete keyboard yang tadinya tidak sanggup berfungsi kini sudah sanggup berfungsi lagi dengan normal menyerupai tombol keyboard lainnya.

Namun, terkadang problem tidak berfungsinya tombol keyboard di Linux Mint, Ubuntu, Debian akan muncul lagi dikala kita menyalakan ulang komputer di lain waktu meskipun kita sudah mengaktifkan can_change_accels.

Bila ini terjadi pada anda, silahkan lakukan hal yang sama menyerupai di atas yakni dengan mengaktifkan ulang can_change_accels (jangan centang kemudian centang lagi).

Bila anda sudah melaksanakan cara menyerupai diatas namun, tombol delete keyboard tetap tidak berfungsi, kemungkinan tombol delete keyboard yang anda pakai sudah rusak dan perlu diperbaiki.

Demikian Cara Mengatasi Tombol Delete Tidak Berfungsi Di Linux Mint, Ubuntu, Debian, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan kita semuanya.
Sumber http://sobmint.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Mengatasi Tombol Delete Tidak Berfungsi Di Linux Mint, Ubuntu, Debian"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel