-->

iklan banner

Cara Menambahkan Equalizer Di Rhythmbox Musik Player

Cara Menambahkan EQUALIZER Di Rhythmbox Musik Player – Pengguna distro Linux Mint, Ubuntu dan Debian akan menjumpai aplikasi pemutar musik yang berjulukan Rhythmbox. Ya, Rhythmbox merupakan aplikasi music player default system distro Linux Mint, Ubuntu dan Debian.  Selain itu, banyak distro Linux terkenal lainnya yang memakai Rhythmbox sebagai aplikasi pemutar musik default system.

Setelah sebelumnya aku sudah memposting mengenai cara memutar musik di Rhythmbox untuk pemula, kali ini aku akan menyebarkan mengenai cara menambahkan plugin EQUALIZER di Rhythmbox atau Cara Install Equalizer Di Rhythmbox. Secara default Rhythmbox memang belum memakai Equalizer, bagi yang suka mendengarkan musik dengan gaya Equalizer yang berbeda, anda sanggup menambahkan Equalizer di Rhythmbox menyerupai yang akan aku uraikan di bawah ini.


Ada beberapa cara yang sanggup kita pakai untuk install Equalizer di Rhythmbox Musik Player.  Bisa memakai ppa: (Ubuntu dan Linux Mint) atau sanggup juga dengan menambahkan plugin Equalizer secara manual. Saya akan memakai cara yang kedua adalah Install Equalizer di Rhythmbox secara Manual. Cara ini sanggup anda pakai pada distribusi Linux Mint, Ubuntu, Debian dan turunannya.

Cara Menambahkan EQUALIZER Di Rhythmbox Musik Player  Cara Menambahkan EQUALIZER Di Rhythmbox Musik Player

Cara Menambahkan EQUALIZER Di Rhythmbox Musik Player


Kita tidak perlu menambahkan ppa pihak ke-3, cukup d0wnl0ad plugin Equalizer untuk Rhythmbox kemudian tambahkan secara manual pada sistem operasi komputer yang kita gunakan. Berikut selengkapnya mengenai Cara Menambahkan Equalizer Di Rhythmbox Musik Player.

1. Download Plugin Equalizer Rhythmbox

Silahkan kunjungi alamat situs web berikut ini : https://github.com/luqmana/rhythmbox-plugins kemudian klik pada tombol Clone or Download. Simpan file hasil d0wnl0ad pada hardisk komputer. Biasanya file hasil d0wnl0ad berupa file terkompresi, ekstrak file tersebut memakai aplikasi manajer berkas atau klik kanan pada file kemudian pilih “extract here”.

2. Install Equalizer Di Rhythmbox Secara Manual

Setelah itu pindahkan atau salin dan tempel file hasil ekstrak pada direktori home ./local/share/rhythmbox/ (gunakan tombol keyboard ctrl+h untuk menampilkan file dan folder yang tersembunyi).

Bila tidak salah file hasil ekstrak berupa folder dengan nama “rhythmbox-plugins” di dalam folder tersebut berisi beberapa plugin Rhythmbox termasuk Equalizer. Jadi, dengan d0wnl0ad plugin ini, kita tidak hanya menambahkan Equalizer saja, melainkan ada beberapa plugin lainnya.

Selain memakai cara diatas, anda juga sanggup memakai cara menyerupai ini :

Buka direktori home .local/share/rhythmbox kemudian klik kanan pilih Open in terminal, sehabis itu ketik perintah teks di bawah ini :

git clone https://github.com/luqmana/rhythmbox-plugins

3. Menjalankan Plugin Equalizer di Rhythmbox

Setelah tamat menambahkan plugin Equalizer di Rhythmbox Musik Player, install dua paket aplikasi berikut ini : gir1.2-gconf-2.0 dan python-lxml.

Silahkan buka terminal kemudian ketik perintah teks di bawah ini :

sudo apt install gir1.2-gconf-2.0 python-lxml

Setelah itu, tambahkan plugin Equalizer pada daftar plugin Rhythmbox dengan cara sebagai berikut :

  • Buka folder plugin Equalizer, home./local/share/rhythmbox/rhythmbox-plugins/equalizer .
  • Lalu klik kanan pada area kosong dan pilih Open in terminal.
  • Setelah itu, pada terminal Linux ketik perintah ./install.sh --rb3 untuk Rhythmbox versi 3.0 keatas atau ./install.sh untuk Rhythmbox versi 2.96 – 2.99 (tidak perlu masuk sebagai root). Anda sanggup melihat versi Rhythmbox pada Menu About.
  • Jalankan Rhythmbox Musik Player kemudian buka Menu Plugin, jikalau tidak ada kesalahan maka, plugin Equalizer sudah terlihat di Menu Plugin Rhythmbox. Silahkan klik (centang) pada plugin yang akan kita aktifkan.

4. Menggunakan Equalizer

Equalizer mempunyai fungsi yang sama pada setiap aplikasi musik player adalah untuk Membagi Frekuensi Suara dari High, Midle dan Low frekuensi. Dengan pengaturan Equalizer yang sempurna kita sanggup memperoleh kualitas bunyi yang bagus, lezat didengar dan sanggup juga menhilangkan noise (bising) pada suara.

Setelah mengaktifkan Equalizer di Rhythmbox Musik Player, anda sanggup melihat jendela pengaturan equalizer, silahkan atur sesuai yang anda suka atau sanggup juga memakai setelan yang ada adalah :  default,  ballad, classic, clube, dance, more bass, more bass and treble, more treble, party, pop, reggae, rock, ska, soft dan techno.

Klik pada Menu Tools > Equalizer untuk menampilkan jendela Equalizer.

Demikian Cara Menambahkan EQUALIZER Di Rhythmbox Musik Player, biar bermanfaat dan menambah pengetahuan kita semuanya.
Sumber http://sobmint.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Menambahkan Equalizer Di Rhythmbox Musik Player"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel