-->

iklan banner

Cara Menambah Applets Cinnamon Di Linux Mint

Cara Menambah Applets Cinnamon Di Linux Mint – Linux Mint Cinnamon merupakan salah satu distro Linux dengan pengguna yang cukup banyak. Linux Mint sendiri menempati ranking 1 di situs web distrowatch sebagai distro Linux yang paling banyak di cari atau digunakan. Cinnamon mempunyai salah satu elemen yang berjulukan Applets, sebagai pengguna Linux Mint Cinnamon anda harus tahu bagaimana cara menambah applet di Cinnamon Desktop Environment supaya sanggup memakai Cinnamon secara maksimal terutama untuk penggunaan  applets Cinnamon.


Linux Mint Cinnamon mempunyai sejumlah applets default yang sudah terinstall bersamaan ketika anda menginstall distro Linux Mint Cinnamon. Namun, jika anda kurang puas dengan applets yang tersedia secara default, anda sanggup menambahkan sejumlah applet yang tersedia di cinnamon spices.

Cara Menambah Applets Cinnamon Di Linux Mint


Linux Mint Cinnamon terintegrasi baik dengan cinnamon spices. Anda sanggup menambahkan applet Cinnamon dengan cara d0wnl0ad applet pribadi melalui pengaturan applet Linux Mint Cinnamon atau install applet secara manual dengan cara d0wnl0ad applet di situs web : https://cinnamon-spices.linuxmint.com/ ,  kemudian tambahkan applet secara manual di Cinnamon Desktop. Berikut ini Cara Menambah Applet Di Cinnamon Linux Mint Secara Online Dan Offline.

1. Cara Menambah Applets Cinnamon Secara Online

Bila komputer yang anda pakai terhubung dengan jaringan internet, anda sanggup d0wnl0ad applets Cinnamon  pribadi melalui jendela pengaturan Applets Linux Mint Cinnamon. Cara ibarat ini biasa disebut dengan Cara Menambah Applet Cinnamon secara Online :

Cara Menambah Applets Cinnamon Di Linux Mint  Cara Menambah Applets Cinnamon Di Linux Mint

  • Buka jendela pengaturan Applets Cinnamon melalui Menu > Preferences > Applets
  • Terdapat dua tombol sajian ialah Manage dan Download,  klik pada sajian Download
  • Akan terdapat pesan untuk memperbarui cache, klik saja pada tombol “Yes”, kemudian tunggu beberapa ketika hingga proses update cache selesai.
  • Terdapat juga sajian kategori applet pada tombol Download ialah : Name (nama), Popularity (popularitas), Date (tanggal) dan Install (terpasang). Anda sanggup memakai sajian kategori ini untuk menyortir applet.
  • Setelah itu, pilih applet yang akan ditambahkan, kemudian klik pada tombol Install.

Sampai disini anda sudah sanggup menambah applets Cinnamon secara Online melalui jendela pengaturan Applets Linux Mint Cinnamon.

2. Cara Menambah Applets Cinnamon Secara OffLine

Cara lain untuk sanggup menambah applets di Cinnamon Desktop ialah dengan cara d0wnl0ad applet kemudian install secara manual. Cara ibarat ini biasa disebut dengan Cara Menambah Applet Cinnamon secara OffLine :

Cara Menambah Applets Cinnamon Di Linux Mint  Cara Menambah Applets Cinnamon Di Linux Mint

  • Buka alamat situs web https://cinnamon-spices.linuxmint.com/applets
  • Pilih applets yang akan di tambahkan ke Cinnamon Desktop Linux Mint, kemudian klik pada tombol Download. Simpan file hasil d0wnl0ad pada hardisk komputer.
  • File hasil d0wnl0ad biasanya berupa file terkompresi, silahkan ekstrak file memakai aplikasi manajer arsip atau klik kanan pada file kemudian pilih “Extract Here”.
  • Setelah itu pindahkan file hasil ekstrak pada folder (direktori) /usr/share/cinnamon/applets (masuk sebagai root) atau sanggup juga pada direktori home .local/share/cinnamon/applets (gunakan tombol ctrl+h untuk menampilkan file yang tersembunyi).

Sampai disini anda sudah berhasil menambah applets di Linux Mint Cinnamon secara manual atau Offline.

3. Cara Menambah Applets Ke Panel Cinnamon

Setelah berhasil menambahkan applets di Cinnamon Desktop, kini anda sanggup memakai applets tersebut untuk ditambahkan atau dipasang di Panel Cinnamon dengan cara sebagai berikut :

Cara Menambah Applets Cinnamon Di Linux Mint  Cara Menambah Applets Cinnamon Di Linux Mint

  • Masih dalam jendela pengaturan Applet, klik pada tombol Manage
  • Pilih applets yang akan kita tambahkan kemudian klik pada tombol “(+)”

Sekarang anda sudah sanggup menambahkan applets di Cinnamon Desktop dan memakai applets tersebut dengan cara menambahkannya di Panel Cinnamon.

Demikian Cara Menambah Applets Cinnamon Desktop Di Linux Mint, agar bermanfaat dan menambah pengetahuan kita semuanya.
Sumber http://sobmint.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Menambah Applets Cinnamon Di Linux Mint"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel