-->

iklan banner

Cara Memakai Ekstensi Cinnamon Di Linux Mint

Cara Menggunakan Ekstensi Cinnamon Di Linux Mint - Pengguna distro Linux Mint Cinnamon sanggup menggunakan sejumlah ekstensi (extension) untuk menambah pengalaman anda dalam menggunakan Cinnamon Desktop. Ekstensi di Linux Mint Cinnamon berbeda dengan applets. Kita sanggup menggunakan ekstensi ini untuk menambah rasa dan variasi dari Cinnamon Desktop Environment.

Kita sanggup mengunjungi alamat situs web : https://cinnamon-spices.linuxmint.com/ untuk melihat banyak sekali tema, applet, desklet dan ekstensi Cinnamon Desktop. Kita sanggup melaksanakan d0wnl0ad pada setiap tema, applet, desktop dan ekstensi tersebut untuk kita install (pasang) di Linux Mint Cinnamon secara manual (Offline).


Selain menggunakan cara manual, kita juga sanggup menggunakan cara yang lebih gampang ialah install tema, applets, desklet dan ekstensi Cinnamon secara Online melalui jendela pengaturan tema, applet , desklet dan ekstensi Linux Mint Cinnamon. Kita tinggal update “cache” kemudian klik pada tombol install.

Cara Menggunakan Ekstensi Cinnamon Di Linux Mint  Cara Menggunakan Ekstensi Cinnamon Di Linux Mint 
Install Dan Menggunakan Ekstensi Cinnamon

Cara Menggunakan Ekstensi Cinnamon Di Linux Mint


Menggunakan ekstensi Cinnamon di Linux Mint hampir sama ketika kita menggunakan applet dan desklet. Kita sanggup menggunakan pengaturan ekstensi Linux Mint Cinnamon untuk mengatur setiap ekstensi yang terdapat di Cinnamon Desktop. Pada pengaturan ini terdapat juga hidangan untuk install ekstensi secara Online.

Linux Mint Cinnamon memang mempunyai antarmuka yang user friendly yang akan memudahkan pengguna Cinnamon dalam menggunakan sistem operasi komputer berbasis Linux dengan lingkungan desktop Cinnamon.

Berikut ini Cara Menggunakan Ekstensi Cinnamon Di Linux Mint :

1. Menambah Ekstensi Di Cinnamon

Ada dua cara untuk menambahkan ekstensi di Cinnamon ialah secara Offline (manual) dan Online.

Ofline :

  • Download ekstensi yang terdapat di alamat website : https://cinnamon-spices.linuxmint.com/extensions
  • Biasanya file hasil d0wnl0ad berupa file terkompresi, ekstrak file hasil d0wnl0ad menggunakan aplikasi Manajer Berkas atau Klik kanan pada file kemudian pilih “Extract here”
  • Setelah itu salin atau pindahkan ekstensi (folder hasil ekstrak) pada direktori home .local/share/cinnamon/extensions (gunakan ctrl+h untuk menampilkan file yang tersembunyi)

Online :

  • Buka pengaturan ekstensi : Klik Menu > Preferences > Extensions
  • Pada jendela pengaturan extensions, pilih tombol hidangan Download
  • Pada pesan yang muncul untuk melaksanakan update cache, pilih “Yes”
  • Setelah itu, pilih ekstensi yang akan kita tambahkan ke Cinnamon Desktop, kemudian klik pada tombol Install

2. Mengaktifkan Ekstensi Cinnamon

Setelah proses install ekstensi Cinnamon selesai, aktifkan ekstensi tersebut dengan cara sebagai berikut :

  • Masih dalam jendela pengaturan ekstensi Cinnamon,  klik pada tombol hidangan Manage
  • Pilih ekstensi yang akan diaktifkan kemudian klik pada tombol “(+)”
  • Setelah itu, klik pada hidangan pengaturan ekstensi (ikon roda gigi yang terdapat di sebelah kanan ekstensi) untuk melaksanakan pengaturan pada ekstensi yang sedang aktif.

Sampai ketika artikel ini dibentuk (Maret 2018),  ekstensi di Cinnamon Desktop belum terlalu banyak. Hanya terdapat beberapa ekstensi saja dan tidak semua ekstensi sanggup berjalan dengan baik di Linux Mint Cinnamon 18.3 Sylvia.

Silahkan pilih ekstensi yang anda suka dan sanggup berjalan dengan baik pada distro Linux Mint Cinnamon yang anda pakai. Linux Mint Cinnamon sendiri belum menyertakan ekstensi secara default system

Demikian Cara Menggunakan Ekstensi Di Cinnamon Linux Mint, biar bermanfaat dan menambah pengetahuan kita semuanya.
Sumber http://sobmint.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Memakai Ekstensi Cinnamon Di Linux Mint "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel