-->

iklan banner

Cara Install Simplenote Di Linux Mint, Ubuntu, Debian

Cara Install Simplenote Di Linux Mint, Ubuntu, Debian – Membuat catatan di komputer sanggup kita lakukan dengan pertolongan aplikasi penyunting teks, notes atau sanggup juga memakai website yang menyediakan layanan untuk menyimpan catatan secara online.  Sebagian dari mereka mungkin sering memakai aplikasi penyunting teks atau word presesor untuk menyimpan sejumlah catatan yang dibuatnya. Namun, akan lebih baik dan ringkas kalau kita memakai aplikasi khusus untuk menciptakan catatan, ibarat contohnya : simplenote.

Pada postingan kali ini saya akan menyebarkan mengenai cara install dan memakai simplenote di Linux Mint, Ubuntu dan Debian. Bagi pengguna distro Linux lainnya sanggup menyesuaikan. Simplenote tersedia untuk sistem operasi komputer Linux, Windows, Mac OS, Android dan iOS


Yang menarik dari simplenote yakni kita sanggup memakai aplikasi ini secara offline dan online. Jadi, simplenote tersedia dalam bentuk aplikasi dan website. Kita sanggup melaksanakan sinkronasi akun simplenote untuk penggunaan di banyak sekali alat (device) yang berbeda. Dengan melaksanakan sinkronasi, kita sanggup melihat catatan (note) yang kita buat di simplenote di semua perangkat komputer yang kita gunakan. Simplenote juga tersedia dalam versi website jadi, kita sanggup login kapanpun, dimanapun dan apapun alat (komputer, smartphone) yang kita pakai melalui sebuah web browser.

Bagi yang berminat untuk memakai simplenote di sistem komputer yang anda pakai, silahkan d0wnl0ad file installer simplenote di alamat situs web https://simplenote.com/ atau install pribadi melalui Google Play Store dan App Store bagi pengguna smartphone Android dan IOS.

Cara Install Simplenote Di Linux Mint, Ubuntu, Debian


Saya akan menguraikan mengenai cara install simplenote di sistem operasi Linux berbasis Ubuntu dan Debian. Dimana, kita sanggup memakai paket aplikasi dengan format DEB (.deb) yang merupakan paket standard untuk Linux Debian.

 Membuat catatan di komputer sanggup kita lakukan dengan pertolongan aplikasi penyunting teks Cara Install Simplenote Di Linux Mint, Ubuntu, Debian
  1. Pertama d0wnl0ad file installer simplenote pada alamat situs web https://simplenote.com/ . Klik pada tombol Download for Linux (.deb), kemudian simpan file hasil d0wnl0ad pada hardisk komputer.
  2. Install simpenote dengan memakai aplikasi Gdebi package installer, Klik kanan file .deb kemudian pilih Open with Gdebi (grafis) atau buka lokasi daerah menyimpan file .deb (klik kanan kemudian pilih Buka di terminal) kemudian ketik perintah sudo dpkg -i nama_file.deb, contohnya : sudo dpkg -i simplenote.deb
Setelah proses instalasi simplenote selesai, kita sanggup pribadi menjalankannya melalui hidangan komputer.

Selain memakai cara ibarat diatas, kita juga sanggup install simplenote melalui snap Ubuntu (snappy). Silahkan install snap Ubuntu terlebih dahulu (untuk pengguna Debian dan Linux Mint), bagi pengguna distro Linux Ubuntu, snap sudah terinstall bersamaan dengan proses instalasi Ubuntu. Buka terminal Linux kemudian ketik perintah teks di bawah ini :

sudo apt install snapd sudo snap install core

Setelah itu install simplenote melalui snap Ubuntu :
sudo snap install simplenote


Membuat Akun Simplenote


Bila kita belum pernah menciptakan akun simplenote sebelumnya, buat terlebih dahulu akun simplenote memakai alamat email yang kita miliki.

 Membuat catatan di komputer sanggup kita lakukan dengan pertolongan aplikasi penyunting teks Cara Install Simplenote Di Linux Mint, Ubuntu, Debian
  1. Pastikan kita sudah mempunyai akun email (Gmail, Ymail, Microsoft Outlook atau yang lainnya).
  2. Saat menjalankan simplenote, klik pada tombol Sign Up (bisa juga dilakukan melalui website simplenote).
  3. Setelah itu masukan alamat email yang akan kita gunakan untuk menciptakan akun simplenote, kemudian buat password simplenote, masukan sebanyak dua kali untuk komfirmasi password, terakhir klik pada tombol SIGN UP.
Sekarang kita sudah berhasil menciptakan akun simplenote dan kita sanggup menggunakannya untuk login simplenote di banyak sekali perangkat komputer atau ponsel. Dengan login di simplenote, kita sanggup melaksanakan sinkronasi, sehingga catatan yang kita buat pada aplikasi simplenote sanggup dilihat dimanapun dan kapanpun kita berada asalkan ada koneksi internet.

Menggunakan Simplenote


Simplenote cukup gampang dipakai sesuai dengan namanya, yaitu simpel. Jalankan simplenote, login dan kita akan melihat tampilan halaman utama dari simplenote.

 Membuat catatan di komputer sanggup kita lakukan dengan pertolongan aplikasi penyunting teks Cara Install Simplenote Di Linux Mint, Ubuntu, Debian
  1. Untuk menciptakan catatan baru, silahkan klik pada tombol New Note (1), sehabis itu buatlah catatan pada halaman yang tersedia. Secara otomatis catatan akan ditambahkan ke dalam daftar catatan di simplenote (sebelah kiri).
  2. Semua fungsi dan pengaturan simplenote sanggup kita temukan pada hidangan yang tersedia di simplenote (2), silahkan gunakan hidangan tersebut untuk mengatur dan menciptakan catatan di simplenote.
  3. Melalui hidangan kafetaria simplenote, ibarat yang terlihat pada gambar (3), kita sanggup melihat history (riwayat), melaksanakan share (berbagi), trash (hapus notes/sampah) dan melihat isu wacana simplenote.
Sampai disini kita sudah sanggup memakai simplenote untuk menciptakan catatan yang sanggup kita simpan secara online dan sanggup kita susukan diberbagai perangkat komputer dan smartphone.

Simpel Note merupakan salah satu aplikasi pembuat catatan terbaik gratis yang tersedia untuk banyak sekali sistem operasi komputer. Selain simplenote, terdapat banyak aplikasi lainnya dengan fungsi yang sama, misalnya: Notes, Xpad, Tomboy Note, GNote dll, namun, sebagian besar dari mereka tidak mempunyai fitur sinkronasi dan penyimpanan online. Jadi, kita hanya sanggup menyimpan catatan pada sistem lokal komputer saja, pada aplikasi tersebut.

Demikian Cara Install Simplenote Di Linux Mint, Ubuntu dan Debian. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan kita semuanya.
Sumber http://sobmint.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Install Simplenote Di Linux Mint, Ubuntu, Debian"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel