-->

iklan banner

Cara Install Dan Memakai Applet Di Budgie Desktop

Cara Install Dan Menggunakan Applet Di Budgie Desktop – Bagi anda pengguna gres distro Linux dengan Budgie sebagai lingkungan desktop yang anda pakai, mungkin belum tahu mengenai cara install dan menggunakan Applets di Budgie desktop. Seperti yang kita ketahui bahwa, Linux mempunyai banyak desktop environment dan pada setiap lingkungan desktop, mempunyai applet (aplikasi desktop) sendiri yang biasanya hanya sanggup dipakai pada lingkungan desktop tersebut.

Hal ini juga sanggup anda temui di Budgie desktop, lingkungan desktop yang dimiliki oleh distro Linux Solus ini mempunyai sejumlah applet yang merupakan khas Budgie desktop. Kita sanggup menambahkan (install) dan menghapus (remove) applet dengan cara yang cukup mudah. Applet ini ibarat sebuah paket aplikasi namun, hanya sanggup dipakai pada Panel Desktop Linux. Kita sanggup melaksanakan install applet dengan cara yang sama ibarat ketika kita melaksanakan install paket aplikasi di sistem Linux.


Kita sanggup menggunakan Budgie desktop tidak hanya pada distro Linux Solus saja, pengguna distro Linux Ubuntu juga sanggup menikmati lingkungan desktop Budgie dengan menggunakan edisi Ubuntu Budgie atau dengan menginstallnya bersamaan dengan lingkungan desktop lainnya. Bila anda tidak menggunakan distro Linux Ubuntu Budgie, anda perlu menambahkan ppa: budgie desktop ke dalam sistem Ubuntu yang anda pakai, sesudah itu gres install budgie desktop.

Cara Install Applet Di Budgie Desktop


Kembali mengenai cara menggunakan applet di budgie desktop, kini silahkan anda buka jendela Budgie Welcome melalui Menu Komputer. Pada jendela Budgie Welcome, klik pada tombol sajian Install Software , kemudian pilih Budgie Applets.

Cara Install Dan Menggunakan Applet Di Budgie Desktop  Cara Install Dan Menggunakan Applet Di Budgie Desktop

Setelah itu kita akan dibawa ke jendela install/remove Budgie applets, tersedia beberapa applet yang siap untuk di install atau ditambahkan ke dalam sistem komputer. Applets yang terdapat di sini bukan termasuk applets default yang terinstall bersamaan dengan proses instalasi Ubuntu Budgie (Budgie-Remix). Jadi, applets yang terdapat di jendela install/remove applets yaitu applets pemanis yang sanggup kita gunakan untuk memudahkan kita ketika menggunakan Budgie Desktop.

Berikut ini daftar applet yang sanggup kita tambahkan di Ubuntu Budgie untuk Budgie Desktop versi 10.4 :

  • Auto-Keyboard Switcher Applets
  • Brightness Control Applets
  • Calendar Applets
  • Countdown Applets
  • Desktop Showtime Applets
  • Haste Applets
  • Hot Corner Applet
  • Previews Applet
  • Quick Note Applet
  • Screen Rotation Lock Applet
  • Screenshot Applet
  • System Monitor Applet
  • Window Mover Applet
  • Wokspace Overview Applet
  • Workspace Wallpaper Applet

Cukup tidak mengecewakan banyak-kan applet pemanis yang tersedia di Budgie Desktop ;) meskipun tidak sebanyak Gnome atau Cinnamon. Ya, memang Budgie desktop ini merupakan lingkungan desktop yang tergolong masih baru, mulai dipakai oleh Solus OS pada tahun 2015. Mudahan-mudahan seiring dengan perkembangan Budgie Desktop, jumlah applet juga akan semakin bertambah dengan fitur yang lebih menarik lagi.

Setelah mengetahui apa saja applet pemanis yang sanggup kita install di Budgie Desktop, kita sanggup menentukan satu, dua, tiga dst applet yang terdapat di Budgie desktop. Silahkan klik pada tombol Install Applet untuk menambahkan applet tersebut pada sistem komputer yang anda gunakan.

Untuk menerapkan atau menggunakan applet yang gres saja kita install, kita memerlukan logout kemudian login kembali ke sistem komputer. Setelah itu buka pengaturan Panel untuk menambahkan applet tersebut di Panel Budgie Desktop.

  1. Buka Budgie Welcome, Menu > System Tools > Budgie Welcome
  2. Klik pada tombol Install Software > Budgie Applets
  3. Pilih applet yang akan kita install kemudian klik tombol Install Applet
  4. Logout (keluar sesi) kemudian Login (masuk) lagi
  5. Tambahkan applet ke panel melalu jendela pengaturan panel Budgie desktop


Cara Menggunakan Applet Di Budgie Desktop


Setiap Applet yang terinstall di sistem komputer sanggup kita pakai untuk memudahkan kita dalam menggunakan lingkungan desktop Budgie. Sebelum menggunakannya, applet tersebut perlu kita tambahkan ke Panel Budgie sehingga sanggup kita akses.

Cara Install Dan Menggunakan Applet Di Budgie Desktop  Cara Install Dan Menggunakan Applet Di Budgie Desktop

  1. Buka pengaturan Panel Budgie Desktop, melalui Raven Triger > Settings atau sanggup juga melalui sajian komputer, ketik Budgie Desktop Settings pada pencarian aplikasi di Menu Budgie.
  2. Pilih Panel yang akan kita tambahkan Applet, kemudian klik pada tombol Add Applet +
  3. Pada jendela obrolan yang muncul, pilih salah satu applet yang akan kita tambahkan, kemudian klik tombol Add Applet
  4. Setelah itu, kita atur letak (posisi) applet pada sebelah kiri, tengah atau atas. Silahkan gunakan tombol anak panah (atas/bawah) untuk memindahkan applet di sepanjang Panel Budgie.
  5. Setelah selesai, tutup jendela Budgie Settings.

Sekarang kita sudah sanggup menginstall dan menggunakan applet di Budgie Desktop. Silahkan gunakan applet-applet tersebut untuk memudahkan kita dalam menggunakan Budgie Desktop. Bila anda tidak tahu fungsi masing-masing applet, anda sanggup mencoba satu persatu setiap applet tersebut.

Solus OS merupakan salah satu distro Linux independen dikembangkan eksklusif dari kernel Linux. Sedangkan Budgie Desktop merupakan lingkungan desktop default Solus OS yang menggunakan teknologi ibarat dengan Gnome Desktop. Budgie desktop dikembangkan untuk menghasilkan lingkungan desktop yang modern, simple, elegan namun ringan berjalan di sistem komputer.

Demikian Cara Install Dan Menggunakan Applet Di Budgie Desktop, agar bermanfaat dan menambah pengetahuan kita semuanya.
Sumber http://sobmint.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Install Dan Memakai Applet Di Budgie Desktop"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel