-->

iklan banner

Cara Ganti Tema Budgie Desktop, Widget, Ikon, Kursor Mouse

Cara Ganti Tema Budgie Desktop – Linux merupakan sistem operasi komputer yang mempunyai banyak lingkungan desktop, mulai dari yang ringan dan simpel hingga lingkungan desktop yang modern dan elegan. Budgie desktop merupakan salah satu lingkungan desktop modern yang dimiliki oleh sistem Linux. Meskipun demikian, Budgie dirancang dengan tampilan yang simpel dan ringan. Budgie sanggup kita jumpai pada distribusi Linux Solus, Ubuntu Budgie dan beberapa distro Linux lainnya yang membawa budgie sebagai salah satu desktop environmentnya.

Kali ini saya akan menguraikan sedikit mengenai Cara Ganti Tema Budgie Desktop pada distribusi Linux Ubuntu Budgie. Sebenarnya sama saja, baik itu pada distro Linux Ubuntu Budgie maupun Solus, selama lingkungan desktop yang digunakan ialah Budgie Desktop, dalam mengganti tema Budgie akan memakai cara yang sama, asalkan budgie yang kita pakai memakai versi yang sama juga.


Linux Solus merupakan distro Linux yang tergolong masih gres dikala ini (2018), dibandingkan dengan distro Linux Mint, Ubuntu dan Debian. Solus merupakan distro Linux independent yang pribadi memakai kernel Linux dan tidak berbasis pada distro Linux lainnya. Solus OS mulai diperkenalkan pada tanggal 20 September 2015 dengan aba-aba nama Shannon oleh Ikey Doherty melalui solus-project yang dikembangkannya.

Solus memakai Budgie Desktop sebagai lingkungan desktop default Solus. Tampilannya yang menarik, menciptakan beberapa distro Linux lainnya menyertakan Budgie sebagai desktop environment yang mereka bawa termasuk pada distro Linux Ubuntu. Selain Budgie, Solus juga menyertakan Gnome dan Mate sebagai pilihan desktop lain di SOLUS OS.

Keberadaan Budgie desktop menambah satu lagi desktop environment di sistem Linux dan hal ini menciptakan kita sebagai pengguna Linux mempunyai banyak pilihan dalam hal penggunaan desktop environment. Soal tampilan Budgie desktop tidak kalah dengan lingkungan desktop modern yang lain, menyerupai contohnya : Gnome, KDE, Cinnamon, Pantheon (Eos) dll. Bahkan Budgie desktop terlihat lebih simpel dan minimalis.

Budgie juga dirancang untuk berjalan ringan di sistem komputer, sehingga tidak membebani kerja memori RAM dan Prosesor. Pada Budgie Desktop, kita akan menjumpai sebuah tools (alat) yang berjulukan Raven Trigger (Raven Sidebar Control) yang berfungsi untuk mengatur banyak sekali tema budgie.

Cara Ganti Tampilan Tema Budgie Desktop


Silahkan install budgie desktop pada distro Linux yang anda gunakan. Bagi pengguna distro Linux Ubuntu, kita sanggup menginstall beberapa lingkungan desktop dalam satu sistem komputer. Bila sebelumnya kita tidak memakai distro Ubuntu Budgie (Budgie-Remix), kita sanggup menginstall budgie desktop dengan cara sebagai berikut :

Tambahkan PPA : BUDGIE :
sudo add-apt-repository ppa:budgie-remix/ppa

UPDATE Repository :
sudo apt update

Install Budgie Desktop :
sudo apt install budgie-desktop

Sebagai tambahan, install applet berikut ini :
sudo apt install budgie-screenshot-applet budgie-haste-applet budgie-weather-applet budgie-indicator-applet

Setelah berhasil menginstall budgie desktop pada distro Linux Ubuntu yang anda pakai, gunakan pengaturan pada jendela login untuk berganti desktop environment, pilih Budgie desktop. Setelah itu mari kita lihat tema yang terdapat di Budgie Desktop. Cara Mengganti tema di budgie desktop cukup mudah, anda niscaya tidak akan mengalami kesulitan untuk melakukannya.
  1. Pertama klik pada tombol Raven Trigger (Raven Sidebar Control) di sebelah kanan Panel Budgie Desktop (ikon anak panah).
  2. Klik pada tombol pengaturan tema (ikon roda gigi pada sebelah kiri bawah), sesudah itu kita akan melihat jendela pengaturan tema Budgie Desktop. Terdapat tiga bab utama pada pengaturan tema Budgie Desktop yaitu : Appearance (Tampilan), Panel dan Session (sesi).
  3. Silahkan gunakan jendela pengaturan tersebut untuk mengganti tema Budgie Desktop.

Kita juga sanggup mengakses jendela pengaturan Budgie desktop melalui Menu > System Tools > Budgie Desktop Settings

Appearance (Tampilan)

Pada artikel ini saya hanya akan menguraikan sedikit mengenai pengaturan tema untuk Appearance atau tampilan Budgie desktop. Sementara untuk pengaturan Panel dan Session akan saya uraikan pada artikel lainnya.

Pada pengaturan tampilan tema budgie desktop, kita sanggup mengubah empat elemen yang kuat terhadap tampilan Budgie yaitu Gaya (Style), Desktop, Font (Huruf) dan Jendela (Windows).

 Linux merupakan sistem operasi komputer yang mempunyai banyak lingkungan desktop Cara Ganti Tema Budgie Desktop, Widget, Ikon, Kursor Mouse

  1. Gaya (Style) : Tema gaya atau style ini sanggup kita pakai untuk mempercantik tampilan lingkungan desktop Budgie, kita sanggup mengganti tema untuk Widget, Ikon, Kursor mouse dan Animasi. Budgie mempunyai beberapa tema build-in (bawaan) dan tema bernuansa gelap (dark theme) yang sanggup kita aktifkan/nonaktifkan melalui pengaturan Style Ubuntu Budgie.
  2. Desktop : Pengaturan desktop digunakan untuk menampilkan bagian-bagian tertentu yang sanggup ditampilkan pada desktop komputer, antara lain : Ikon Desktop, Folder Home, Network server, Trash (Sampah) dan Mounted volumes.
  3. Font (Huruf) : Digunakan untuk mengatur karakter (jenis dan ukuran font) yang akan kita gunakan. Mulai dari Windows title, Dokument, Interface hingga Monospace.
  4. Windows (Jendela) : Kita sanggup mengatur beberapa kegiatan pada jendela aplikai yang kita jalankan di Budgie desktop, termasuk layout pada tombol kontrol jendela.

Budgie-desktop --version #perintah teks untuk melihat vesi budgie-desktop
budgie-desktop 10.4 #versi budgie
Copyright © 2014-2017 Budgie Desktop Developers #versi budgie

Projek pengembangan Budgie desktop dimulai pada tahun 2013, dengan memakai teknologi yang sama menyerupai Gnome Desktop. Budgie desktop dikembangkan oleh Ikey Doherty dan Solus-Projek. Budgie dirancang untuk menghasilkan desktop environment yang efisien, simplicity, elegan dan gampang digunakan.

Itulah kiranya beberapa elemen yang terdapat di tema tampilan budgie desktop. Mudah-mudahan sanggup membantu anda dalam mengenal Budgie desktop, terutama bagi yang gres memakai sistem Linux dengan lingkungan desktop Budgie. Demikian mengenai Cara Ganti Tema Di Budgie-Desktop, supaya bermanfaat dan menambah pengetahuan kita semuanya. Selanjutnya Baca : Pengaturan Panel Budgie Desktop environment
Sumber http://sobmint.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Ganti Tema Budgie Desktop, Widget, Ikon, Kursor Mouse"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel