-->

iklan banner

Pengertian Reklamasi, Tujuan, Efek Dan Contohnya

A. Pengertian Reklamasi


Pernahkah kita mendengar wacana reklamasi, akhir-akhir ini di indonesia banyak beredar informasi wacana planning reklamasi yang dilakukan di beberapa pulau di indonesia. Namun apakah reklamasi itu sebenarnya? Mari kita simak beberapa pengertian sebagai berikut:

Secara bahasa indonesia, reklamasi berasal dari bahasa inggris yaitu reclaim yang artinya ialah memperbaiki sesuatu yang telah rusak. Namun di beberapa kamus bahasa indonesia sebutkan bahwa reklamasi merupakan pekerjaan memperoleh tanah.

Dalam Undang-undang Nomor 27 tahun 2007 disebutkan bahwa reklamasi merupakan kegiatan yang dilakukan oleh orang-orang dalam rangka meningkatkan manfaat sumber daya lahan, ditinjau dari sudut lingkungan sosial ekonomi dengan cara pengurugan, pengeringan lahan atau drainase.

Reklamasi juga diartikan suatu pekerjaan atau perjuangan memanfaatkan tempat atau lahan yang tidakberguna, masih kosong dan basah menjadi suatu lahan yang lebih berkhasiat dengan cara dikeringkan.

Jadi pada dasarnya reklamasi merupakan upaya yang dilakukan oleh insan untuk merubah suatu lingkungan alami menjadi lingkungan buatan dengancara mengubah wilayah perairan pantai menjadi daratan.   Reklamasi dimaksudkan untuk mengubah permukaan tanah yang rendah ( yang biasanya terpengaruh oleh genangan air ).

B. Tujuan Reklamasi

Tujuan utama reklamasi tiada lain ialah untuk menjadi tempat basah yang belum termanfaatkan menjadi suatu tempat darat yang lebih bermanfaat. Lahan reklamasi nantinya sanggup dipakai untuk banyak sekali keperluan ekonomi maupun untuk tujuan strategis lainnya menyerupai pemukiman, perindustrian, bisnis dan rekreasi  serta manfaat lainnya.

Menurut ensiklopedi nasional indonesia tahun 1990, menyebutkan bahwa tujuan reklamasi ialah untuk memperbaiki daerah atau areal yang tidak terpakai menjadi daerah yang sanggup dimanfaatkan untuk banyak sekali keperluan insan diantaranya lahan pertanian, permukiman, tempat rekreasi dan industri.

Sementara berdasarkan Undang-undang Nomor 27 tahun 2007 menyebutkan bahwa reklamasi dilakukan dalam rangka meningkatkan sumber daya lahan yang ditinjau dari sudut lingkungan dan sosial ekonomi dengan cara pengurugan, pengeringan atau drainase.

Selanjutnya berdasarkan Max Wagiu ( 2011 ),  adapun tujuan dari reklamasi ialah sebagai berikut :
  1. Untuk mendapat kembali tanah yang hilang akhir gelombang laut.
  2. Untuk memperoleh tanah gres di tempat depan garis pantai untuk mendirikan bangunan yang akan difungsikan sebagai benteng pinjaman garis pantai.
  3. Untuk alasan ekonomis, pembangunan atau untuk mendirikan konstruksi bangungan dalam skala yang lebih besar.

C. Manfaat Reklamasi

Secara umum reklamasi bermanfaat untuk memperluas wilayah daratan sehingga sanggup dibangun lebih banyak akomodasi untuk menunjang kebutuhan sebuah kawasan. Kebutuhan ini sanggup dilihat dari aspek tata guna lahan, aspek pengelolaan pantai maupun aspek ekonomi.

Untuk pantai yang diorientasikan untuk pelabuhan industri wisata dan pemukiman yang perairan pantainya dakal cocok dilakukan reklamasi untuk sanggup dimanfaatkan. Apalagi untuk memfasilitasi pelabuhan besar dengan kapal kapal barang yang sangat menunjang kegiatan ekonomi di tempat tersebut.

D. Tahapan Reklamasi

Menurut Maskur ( 2008 ) menyebutkanada tiga tahap dalam sebuah kegiatan reklamasi yaitu sebagai berikut:

 

1. Tahap Pra Konstruksi

Pada tahap kegiatan yang dilakukan antara lain survei teknis dan lingkungan, pemetaan dan pembuangan pra rencana, perizinan, pembuatan planning detail atau teknis.

 

2. Tahap Konstruksi

Pada tahap ini hal yang dilakukan ialah kegiatan mobilisasi tenaga kerja reklamasi, pengambilan material untuk pengurugan,  transportasi material dan proses pengurugan itu sendiri.

 

3. Tahap Pasca Konstruksi

Pada tahap ini kegiatan yang dilakukan antara lain kegiatan demobilisasi peralatan dan tenaga kerja, pematangan lahan dan pemeliharaan lahan reklamasi.

 

E. Dampak Positif Reklamasi

Maskur ( 2008 ) menyebutkan ada laba reklamasi pesisir pantai yaitu sebagai berikut :
  1. Ada embel-embel daratan buatan hasil pengurugan pantai sehingga sanggup dimanfaatkan untuk bermacam kebutuhan.
  2. Daerah yang dilakukan reklamasi menjadi kondusif terhadap erosi alasannya ialah konstruksi pengaman sudah disiapkan sekuat mungkin untuk sanggup menahan gempuran ombak laut.
  3. Daerah yang ketinggianya dibawah permukaan air bahari sanggup kondusif terhadap banjir apabila dibentuk tembok penahan air bahari di sepanjang pantai.
  4. Tata lingkungan yang elok dengan perletakan taman sesuai perencanaan, sehingga sanggup berfungsi sebagai area rekreasi yang sangat memikat pengunjung.

F. Dampak Negatif Reklamasi

Masih dalam maskur ( 2008 ) menyebutkan ada beberapa wilayah yang kemungkinan terkena dampak reklamasi ini yaitu sebagai berikut :

 

1. Wilayah pantai

Wilayah pantai yang tadinya merupakan ruang bagi publik akan hilang alasannya ialah dimanfaatkan untuk kegiatan private.  Dari segi lingkungan akan ada banyak gangguan terhadap ekosistem bahari dengan banyaknya biota bahari yang mati, tanaman maupun fauna yang mati alasannya ialah terkena urugan tanah.

2. Sistem Hidrologi Gelombang Air Laut

Gelombang air bahari yang jatuh ke pantai akan berubah dari kondisi alamiahnya. Berubahnya pedoman inilah yang sanggup mengakibatkan adanya limpahan air kepada pantai-pantai di sebelah pulau reklamasi ini.  Hal ini sanggup mengakibatkan adanya erosi pada pantai-pantai lain yang terkadang juga menimbulkan banjir akhir genangan air yang banyak dan dalam waktu yang lama.

3. Aspek Sosial

Kegiatan masyarakat di sekitar wilayah reklamasi yang tadinya banyak menjadi petani tambak,  nelayan maupun petani  rumput bahari akan terpengaruh.  Kegiatan reklamasi akan menghipnotis acara ikan yang ada di bahari dan berakibat pada menurunnya pendapatan para nelayan.

 

G. Contoh Reklamasi

Berikut merupakan contoh-contoh reklamasi yang pernah dilakukan oleh beberapa negara untuk memperluas daratannya :

 

1. Reklamasi Palm Island Dubai

Pernahkah kita mendengar wacana reklamasi Pengertian Reklamasi, Tujuan, Dampak dan Contohnya
Contoh reklamasi di dubai

 

2. Reklamasi di Shenzen, Hongkong

Pernahkah kita mendengar wacana reklamasi Pengertian Reklamasi, Tujuan, Dampak dan Contohnya
Contoh Reklamasi di Hongkong

 

3. Reklamasi Perluasan Negara Singapura

Pernahkah kita mendengar wacana reklamasi Pengertian Reklamasi, Tujuan, Dampak dan Contohnya
Contoh Reklamasi di Singapura

 

 

Pernahkah kita mendengar wacana reklamasi Pengertian Reklamasi, Tujuan, Dampak dan Contohnya
Contoh Reklamasi di Singapura

Demikianlah wacana reklamasi biar bermanfaat


Sumber http://www.arsitur.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian Reklamasi, Tujuan, Efek Dan Contohnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel