-->

iklan banner

Alternative Group By Postgresql Di Codeigniter

Alternative group by postgreSQL di codeigniter Alternative group by postgreSQL di codeigniter

Beberapa waktu kemudian aku mengalami error ketika group by data postgreSQL di codeigniter. Ada beberapa kondisi di mana terjadi error, tapi disini aku tidak membahas itu, kini aku hanya akan membahas perihal alternative group by postgreSQL di codeigntier.

Kode normal untuk group by :
 $this->db->select("*"); $this->db->from("my_table"); $this->db->group_by("field_name"); 

Namun aku pernah beberapakali memakai cara di atas error terus. Lalu untuk mengatasi hal itu ada alternative-nya, berikut ialah alternative-nya :
 $this->db->select("DISTINCT ON (field_name) field_name, ... field_name[N]", FALSE); $this->db->from("my_table");

Query biasa :
 SELECT DISTINCT ON (field_name) field_name, ... field_name[N] FROM my_table ORDER BY field_name; 

Fungsi distinct gunanya untuk menghilangkan rocord yang ganda, gak beda jauh dengan group by.

Agar makin paham, aku punya kasus kecil, di mana aku punya tabel dengan nama "siswa". Tabel siswa ini memiliki 4 field yaitu : id_siswa, nama_lengkap, umur, alamat.

Kasus : aku ingin meng-group data umur, kemudian di order menurut id_siswa, dan field yang di tampilkan ialah field id_siswa, nama_lengkap dan umur saja.

Query Codeigniter :
 $this->db->select("DISTINCT ON (umur) id_siswa, nama_lengkap, umur", FALSE); $this->db->from("siswa"); $this->db->order_by("id_siswa","ASC"); 

Query biasa :
 SELECT DISTINCT ON (umur) id_siswa, nama_lengkap, umur FROM siswa ORDER BY id_siswa ASC; 

Mungkin cukup sekian pembahasan kali ini, komen yah bila ada yang tidak paham :)

Auf wiedersehen :)



Sumber http://www.kang-cahya.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Alternative Group By Postgresql Di Codeigniter"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel