Pengertian Dan Prinsip Kerja Motor Dc
Pengertian dan Prinsip Kerja Motor DC - Motor listrik DC yaitu suatu perangkat yang mengubah energi listrik menjadi energi kinetik atau gerakan (motion). Motor DC ini juga sanggup disebut dengan motor arus searah. Seperti namanya, DC motor memiliki dua terminal dan memerlukan tegangan arus searah atau DC (Direct Current) untuk sanggup menggerakannya. Pada motor listrik ini biasanya dipakai pada perangkat-perangkat elektronik dan listrik yang memakai sumber listrik DC menyerupai Vibrator ponsel, kipas DC dan Bor listrik DC.
Pada motor listrik DC menghasilkan sejumlah putaran per menit atay biasanya di sebut dengan istilah RPM dan sanggup dibentuk berputar searah jatum jam maupun berlawanan arah dengan jarum jam apabila polaritas pada motor DC di ubah arusnya. Kebanyakan motor listrik DC memperlihatkan kecepatan rotasi berkisar 3000 RPM sampai 8000 RPM dengan tegangan operasional dari 1.5 Volt sampai 24 Volt. Jika tegangan yang diberikan ke motor listrik DC lebih rendah dari tegangan operasionalnya, maka akan sanggup memperlambat rotasi motor DC tersebut, Begitu juga sebaliknya. Jika tegangan yang diberikan ke motor listrik DC lebih tinggi dari tegangan operasionalnya, maka akan mempercepat rotasi motor DC tersebut.
Ketika motor DC berputar tanpa beban, hanya sedikit arus listrik yang digunakan, namun pada ketika diberikan dengan jumlah arus yang dipakai akan meningkat sampai ratusan persen bahkan sampai 1000% atau lebih (tegangan jenis yang diberikan). Oleh alasannya yaitu itu, produsen motor DC biasanya akan mencantumkan Stall Current pada motor DC. Stall Current adalah arus pada ketika poros dari motor DC berhenti alasannya yaitu mengalami beban maksimal.
Bentuk dari Simbol Motor DC
Prinsip Kerja Motor DC
Pada dasarnya terdapat dua bab utama pada sebuah motor listrik DC, yaitu Stator dan Rotor. Stator adalah bab motor yang tidak bekerja, bab ini terdiri dari rangkaian dan kumparan medan, sedangkan Rotor adalah bab yang berputar, bab rotor ini terdiri dari kumprana jangkar. Dua bab utama tersebut sanggup dibagi menjadi beberapa komponen penting yaitu yaitu Yoke (kerangka Magnet), Poles (Kutub Motor), Field Winding (kumparan medan magnet), Armature EWinding (kumparan jangkar), Commutator (komputer), dan Brushes (Kuas/Sikat arang).
Prinsip dasar dari motor ini memakai fenomena elektromagnetik untuk mengerakkanya, pada ketika arus listrik diberikan ke kumparan, permukaan yang bersifat utara akan bergerak menghadap ke magnet yang berkutub selatan atau kumparan yang bersifat selatan akan bergerak menghadap ke utara magnet. Saat ini, alasannya yaitu kutub utara kumparan bertemu dengan kutub selatan magnet ataupun kutub selatan kumparan bertemu dengan kutub utara magnet maka akan menjadi saling tarik menarik yang mengakibatkan pergerakan kumparan berhenti.
Untuk menggerakkannya lagi, pada ketika kutub kumparan berhadapan dengan kutub magnet, arah arus pada kumparan dibalik. Dengan demikian, kutub utara kumparan akan bermetamorfosis kutub selatan dan kutub selatannya akan bermetamorfosis kutub utara. Pada ketika perubahan kutub tersebut terjadi, kutub selatan kumparan akan berhadap dengan kutub selatan dan kutub utara kumparan akan berhadap ke kutub utara pada magnet. Karena kutub yang berhadapan sama, maka akan terjadi tolak menolak sehingga kumparan berhadapan dengan utara magnet. Pada ketika ini, atus yang mengalir ke kumparan dibalik lagi dan kumparan akan berputar lagi alasannya yaitu adanya perubahan kutub. siklus ini akan berulang-ulang sampai arus yang di aliri pada kumparan terputus.
Sumber http://siddix.blogspot.com
Untuk menggerakkannya lagi, pada ketika kutub kumparan berhadapan dengan kutub magnet, arah arus pada kumparan dibalik. Dengan demikian, kutub utara kumparan akan bermetamorfosis kutub selatan dan kutub selatannya akan bermetamorfosis kutub utara. Pada ketika perubahan kutub tersebut terjadi, kutub selatan kumparan akan berhadap dengan kutub selatan dan kutub utara kumparan akan berhadap ke kutub utara pada magnet. Karena kutub yang berhadapan sama, maka akan terjadi tolak menolak sehingga kumparan berhadapan dengan utara magnet. Pada ketika ini, atus yang mengalir ke kumparan dibalik lagi dan kumparan akan berputar lagi alasannya yaitu adanya perubahan kutub. siklus ini akan berulang-ulang sampai arus yang di aliri pada kumparan terputus.
***
0 Response to "Pengertian Dan Prinsip Kerja Motor Dc"
Posting Komentar