-->

iklan banner

Memasang Keramik Lantai Sendiri

Memasang keramik lantai ataupun dinding biasanya orang memanggil tukang untuk mengerjakan pemasangan keramik di rumah, namun bagaimana jikalau kita sendiri yang memasangnya ?, niscaya seru, namun apa saja yang harus dilakukan ?, Mari simak langkah- langkahnya berikut ini:

 Memasang keramik lantai ataupun dinding biasanya orang memanggil tukang untuk mengerjakan Memasang Keramik Lantai Sendiri
Memasang Keramik Lantai Sendiri


Sebelum memulai, pastikan selalu memakai pakaian dan peralatan yang aman. Kenakan kacamata pengaman, sarung tangan kulit tebal, dan pakaian kerja overall, terutama dikala membongkar ubin keramik yang lama. Pecahan keramik dan serpihan lain sanggup mengakibatkan kulit terluka, jikalau Anda tidak hati-hati.

Peralatan

  • Persiapkan perlatan sebagai berikut jikalau ingin hasil pemasangan lantai yang optimal :
  • Pita pengukur, tile spacer, pengukur siku, dan bubble level.
  • Palu, pisau plamur (putty knife), dan cetok (lebih baik yang bertakik), dan rubber grout float.
  • Pemotong ubin (yang sanggup disewa) dan tang ubin atau juga sanggup dengan gerinda tangan.
  • Material Mortar ibarat thin set mortar, atau pilih dari sejumlah perekat ubin yang tersedia.
  • Tiling grout dan sealant. Tiling grout tersedia dalam banyak sekali warna sehingga Anda sanggup menentukan yang cocok dengan desain Anda.

Buat Layout lantai Anda

Sebelum memasang lantau, hal pertama yang harus dilakukan di ruangan tersebut ialah mengukur panjang dan lebar lantai. Hal ini Anda akan membantu untuk menentukan bagaimana Anda memasang ubin keramik dan memperkirakan jumlah ubin keramik yang harus Anda beli.

Mulailah dengan menemukan titik sentra dari area lantai. Anda sanggup melaksanakan ini dengan mengukur ruangan dengan menyilang dari sudut ke sudut dan menandai tengah-tengahnya. Perpotongan dari kedua garis merupakan titik sentra lantai yang akan Anda pasangi ubin. Buat garis dengan kapur. Garis-garis kapur ini akan membantu Anda dalam hal posisi untuk meletakkan ubin.

Pemasangan ubin dimulai

Tempatkan ubin pertama di perpotongan dua garis tadi. Rekatkan ke subfloor dengan memakai thin set mortar, atau adhesive ubin yang Anda pilih. Penggunaan cetok bertakik untuk membubuhkan mortar ialah pilihan terbaik untuk memasang ubin keramik. Namun Anda tetap sanggup memakai cetok biasa jikalau Anda tidak memilikinya.

Untuk mengepaskan ubin pada tempatnya, tekan ke bawah sambil menggerakkannya maju mundur hingga posisi ubin mantap. Jika ada mortar atau adhesive yang meluber keluar, gunakan cetok (atau spon basah) untuk menyingkirkannya. Lakukan proses ini hingga ubin berikutnya, dan seterusnya, hingga Anda final memasang.

Mengisi sela-sela ubin

Setelah ubin keramik terpasang, waktunya mengisi sela-sela ubin dengan grout. Grout ialah material terbuat dari semen, pasir, air, dan sedikit warna. Ia dipakai untuk mengisi sela-sela ubin dan merekatnya.

Grout tersedia dalam banyak sekali warna dan Anda sanggup menentukan yang sesuai dengan warna ubin. Gunakan rubber grout float dan masukkan grout ke sela-sela ubin. Gunakan grout float pada sudut sedemikian rupa sehingga Anda sanggup mengisi celah dengan sebanyak mungkin grout.

Demikian prosesnya semoga bermanfaat untuk anda bila memasang kramik sendiri dirumah biar anda sanggup mengkreasikan harapan anda, temukan informasi menarik tentang.

Credits :
aciknadzirah.blogspot.com/search?q=tahap-memasang-keramik-sendiri



Sumber http://www.arsitur.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Memasang Keramik Lantai Sendiri"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel