-->

iklan banner

3 Jenis Materi Bakar Yang Sering Dipakai Pada Kendaraan

 Jenis Bahan Bakar yang Sering Digunakan Pada Kendaraan 3 Jenis Bahan Bakar yang Sering Digunakan Pada Kendaraan

3 Jenis Bahan Bakar yang Sering Digunakan Pada Kendaraan - Semua orang sudah tahu bensin merupakan materi bakar utama untuk mesin mobil. Pada siklus kerjanya, bensin akan dimasukkan ke dalam mesin dalam volume tertentu (tergantung kapasitas tangki dan mesin), kemudian akan dilakukan reaksi pembakaran antara udara, bensin dan percikan api pada mesin. Sehingga terjadilah pembakaran yang menjadikan ekspansi, energi yang ada pada perluasan pembakaran ini nantinya akan di ubah ke gerakan memutar melalui prosedur poros engkol yang ada di mesin.

Namun, Bahan bakar yang dipakai bukan hanya bensin saja. Karena mesin pada kendaraan ada beberapa tipe, setidaknya ada tiga jenis mesin kendaraan beroda empat kalau dilihat dari jenis materi bakarnya. Yaitu mesin bensin, mesin diesel dan BBG (Bahan Bakar Gas). Lalu apa saja klarifikasi dari masing-masing materi bakar tersebut?

1. Mesin Bensin (Gasoline)

 Jenis Bahan Bakar yang Sering Digunakan Pada Kendaraan 3 Jenis Bahan Bakar yang Sering Digunakan Pada Kendaraan

Jenis materi bakar ini merupakan materi bakar yang umum digunakan, banyak kendaraan beroda empat yang memakai materi bakar ini sebagai sumber pelopor pada mesin mobil. Rata-rata yang memakai materi bakar ini ialah mobil-mobil kecil. Apalagi kalau bukan mesin bensin, mesin bensin memakai materi bakar bensin atau biasa dikenal dengan (gasoline).

Penggunaan materi bakar ini dipilih alasannya salah satu minyak bumi yang gampang dibakar dan hasil pembakarannya juga tidak terlalu meninggalkan emisi yang buruk. Sehingga, untuk penggunaan sehari-hari secara masif pada kendaraan rasanya bensin masin cocok digunakan.

Kelebihan yang terdapat pada penggunaan materi bakar ini yaitu bisa mendapat RPM mesin yang sangat tinggi. Ini alasannya rasio kompresi pada mesin bensin tidak terlalu tinggi, sekitar (10 atau 9 : 1 saja sudah sanggup membuat bensin terbakar). Sehingga, langkah piston tidak terlalu berat. Hasil putaran mesin yang akan lebih maksimal. Namun, untuk urusan torsi mesin bensin ini masih kalah dari mesin yang berbahan bakar solar.

2. Mesin Diesel (Solar)

 Jenis Bahan Bakar yang Sering Digunakan Pada Kendaraan 3 Jenis Bahan Bakar yang Sering Digunakan Pada Kendaraan

Mesin diesel banyak ditemui pada kendaraan yang besar menyerupai truk, bus dan alat-alat berat lainnya termasuk lokomotif. Sementara pada kendaraan beroda empat penumpang, ada beberapa MPV yang memakai mesin diesel namun masih sedikit yang memakai mesin ini, Mengapa mesin diesel lebih banyak dipakai pada kendaraan berat?

Ini masih bekerjasama pada torsi dan power (HP) mesin. Mesin ini ternyata memiliki torsi yang lebih besar dari pada mesin bensin TOP RPM. Mesin diesel tidak bisa secepat mesin bensin. Ini bisa terjadi alasannya pada mesin diesel sudah memakai metode self combustion. Metode ini ialah pembakaran yang terjadi secara otomatis alasannya tekanan kompresi.

Nemun, semoga kompresi bisa membuat pembakaran, maka tekanan kompresi harus dinaikan sehingga lebih dari 15 : 1. Ini akan membuat langkah piston lebih berat, imbas yang didapat pengaruhnya pada top RPM yang rendah.

3. BBG (Bahan Bakar Gas)

 Jenis Bahan Bakar yang Sering Digunakan Pada Kendaraan 3 Jenis Bahan Bakar yang Sering Digunakan Pada Kendaraan

Bahan bakar jenis ini merupakan penemuan gres yang ada untuk mengurangi emisi gas buang yang ada pada kendaraan. Sekarang sudah ada yang memakai materi bakar jenis ini, salah satunya yaitu bajai biru yang ada di jakarta. Sekarang bajai biru sudah tidak memakai mesin 2 tak yang berisik dan gas buangnya cukup tinggi. Namun sudah memakai materi bakar gas LPG. Apakah gas LPG bisa dijadikan materi bakar pada mesin kendaraan? Jawabannya tentu saja bisa.

Karena intinya mesin yang memakai materi bakar gas proses pembakarannya antara materi bakar dan api. Penggunaan gas LPG juga sama-sama materi bakar yang memiliki sifat gampang terbakar. Penggunaan gas ini akan meringankan penarikan pada bajai alasannya harga gas yang lebih murah dari pada bensin. Namun mesin berbahan bakar gas belum dipakai pada kendaraan eksklusif alasannya alasan efektifitas dan keamanan pengisian materi bakar,

 Jenis Bahan Bakar yang Sering Digunakan Pada Kendaraan 3 Jenis Bahan Bakar yang Sering Digunakan Pada Kendaraan

Coba bayangkan kalau banyak kendaraan memakai gas, bisa terjadi kelangkaan gas alasannya rumah tangga dan rumah makan juga membutuhkan gas LPG. Selain itu kalau harus mengganti tabung pada ketika pengisian materi bakar itu sangat merepotkan alasannya harus bolak balik mengotong tabung gas. Sedangkan bensin masih gampang untuk membuka tutup tangki pada ketika melaksanakan pengisina

***

Sumber http://siddix.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "3 Jenis Materi Bakar Yang Sering Dipakai Pada Kendaraan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel