-->

iklan banner

Tanaman Herbal Untuk Gagal Ginjal

Ginjal merupakan organ badan yang berfungsi mem-filter (melakukan proses penyaringan) produk beracun dalam darah. Ginjal juga dibutuhkan untuk mengatur tekanan darah, keseimbangan elektrolit, dan produksi sel darah merah dalam tubuh. Gagal ginjal merupakan sebutan bagi keadaan di mana ginjal tak berfungsi sebagaimana harusnya, terjadi alasannya ialah penumpukan produk racun dalam tubuh. Gejala awal yang perlu diwaspadai ialah nafas yang pendek dan badan lesu.


Ginjal terletak di penggalan abdomen (perut) menuju penggalan punggung, di penggalan kiri dan kanan tulang belakang. Aliran darah ke ginjal diantarkan melalui aorta, dan dibawa ke jantung dengan pembuluh darah dari ginjal menuju penggalan vena cava jantung. Ginjal mempunyai kemampuan memonitor jumlah cairan tubuh, cairan elektrolit menyerupai sodium dan potassium, dan keseimbangan asam dalam tubuh. Produk racun yang dikeluarkan dari badan antara lain ialah urea dari metabolisme protein dan uric acid dari pemecahan DNA. Sedangkan racun dalam darah umumnya diukur dari urea nitrogen darah dan creatinine.


Ginjal yang sehat berfungsi mengeluarkan kelebihan cairan, mineral dan zat limbah, juga memproduksi hormon yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tulang dan darah. Ketika ginjal tak berfungsi sebagaimana mestinya (gagal), zat limbah yang erbahata menumpuk di tubuh, tekanan darah meningkat, dan badan akan menyimpan kelebihan cairan dan tak memproduksi darah merak yang cukup. Ketika terjadi, Anda memerlukan perawatan yang menggantikan pekerjaan yang tak bisa dilakukan oleh ginjal.


Perawatan gagal ginjal yang paling dikenal ialah hemodialysis, atau yang umum disebut basuh darah. Cara kerjanya memakai filter khusus yang disebut dialyzer, yang berfungsi sebagai ginaj buatan untuk membersihkan darah Anda. Proses basuh darah mem-filter limbah tubuh, kelebihan garam, dan kelebihan cairan. Cuci darah membantu mengontrol tekanan darah dan membantu badan Anda mempertahankan keseimbangan dari materi kimia yang penting menyerupai potassium, sodium, kalsium, dan bicarbonate.


Alternatif perawatan bisa dilakukan dengan obat-obatan, baik obat modern atau alternatif/herbal. Berikut ialah tanaman herbal yang bisa dipakai untuk perawatan gagal ginjal.


Daun Sukun


Ginjal merupakan organ badan yang berfungsi mem Tanaman Herbal untuk Gagal Ginjal


Untuk materi makanan sehari-hari, sukun mungkin tak seberapa gampang diolah. Namun, daun sukun sebenarnya mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan, salah satunya untuk perawatan gagal ginjal. Daun sukun mengandung banyak sekali senyawa yang mempunyai fungsi penyembuh, mulai dari asam hidrosianat, tannin, dan flavoid. Selain itu, ada pula asetic0l1n dan riboflavin.


Dalam pengolahannya menjadi minuman, ambil dua daun sukun yang masih melekat di pohon (jangan gunakan yang sudah jatuh ke tanah). Iris-iris daun dan letakkan di bawah sinar matahari sampai kering betul. Setelahnya, gunakan panci stainless steel untuk mengolahnya, jangan aluminium, alasannya ialah sifat bahannya akan bercampur dengan daun sukun.


Rebus daun sukun yang sudah kering dengan beliau liter air, sampai setengah airnya berkurang. Kemudian, tambahkan lagi air sampai mencapai jumlah 2 liter, dan rebus sampai mendidih lagi. Setelahnya, biarkan sampai mendingin. Hasilnya ialah cairan teh berwarna merah dengan rasa pahit (sehingga direkomendasikan menambahkan madu atau stevia sebelum diminum, namun jangan gula tebu. Dalam penyimpanan, tampung teh dalam toples dan simpan dalam kulkas.


Ginjal merupakan organ badan yang berfungsi mem Tanaman Herbal untuk Gagal Ginjal
Salah satu produk teh daun sukun yang bisa pribadi diseduh dan dikonsumsi secara praktis.

Namun, penggunaan daun sukun untuk perawatan gagal ginjal hendaknya dikonsultasikan terlebih dahulu dengan hebat herbal. Terlalu banyak mengonsumsinya akan mengakibatkan efek jelek untuk kesehatan. Selain itu, teh daun sukun dilarang dikonsumsi oleh bawah umur atau ibu hamil.


Crataeva Nurvela/Varun/Jaranan


Ginjal merupakan organ badan yang berfungsi mem Tanaman Herbal untuk Gagal Ginjal


Tanaman Crataeva Nurvela disebut varun dalam bahasa India, dan jaranan dalam bahasa Indonesia. Tanaman berbunga ini juga mempunyai manfaat dalam kesehatan ginjal dalam pengobatan Ayurvedic. Bagian yang berfungsi untuk kesehatan antara lain ialah kulit kayu, daun, dan kulit dari akar. Jaranan berfungsi dalam merawat pembengkakan prostat dan gangguan kanal kencing, juga bisa menghancurkan kerikil ginjal. Pada pasien gagal ginjal, senyawa yang terkandung dalam jaranan berfungsi membuang urea yang terdapat dalam ginjal dan berpotensi merusak. Jaranan yang sudah diolah sebagai obat herbal tersedia dalam bentuk kaplet, namun dalam penggunaannya, harus dikonsultasikan dengan hebat herbal.


Punarnava/Daun Cakaran


Ginjal merupakan organ badan yang berfungsi mem Tanaman Herbal untuk Gagal Ginjal


Dalam bahasa sanskrit, “punarnava” berarti “kembali baru”, dan sesuai namanya, tumbuhan ini memperbarui sel-sel rusak dan organ badan menyehatkan kembali organ badan yang ‘sekarat’. Punarnava mempunyai senyawa dengan fungsi diuretik dan anti-pembengkakan, sehingga bisa membantu merawat fungsi ginjal. Selain itu, punarnava juga membantu membuang kelebihan cairan dan menghambat pembentukan kerikil ginjal, juga mengandung senyawa zat besi, yang berfungsi ganda membantu mengatasi anemia yang kerap terjadi pada pasien gagal ginjal. Dalam penggunaannya, punarnava dikonsumsi dalam bentuk suplemen.


Parsley


Ginjal merupakan organ badan yang berfungsi mem Tanaman Herbal untuk Gagal Ginjal
Parslye jenis Moss Curled.

Dalam pembuatan jus sayuran, parsley seringkali dipilih alasannya ialah teksturnya yang renyah basah dan kandungannya yang kaya serat. Parsley atau peterseli dan manfaatnya memang sudah mulai diketahui masyarakat. Dalam perawatan gagal ginjal, parsley mempunyai fungsi mengontrol limbah badan dan racun. Parsley merupakan sumber yang kaya untuk vitamin A, B, C, zat thiamin, riboflavin, dan pottasium, sehingga amat bermanfaat dalam perawatan gangguan ginjal. Sayuran ini juga mempunyai fungsi diuretik, yang bisa membantu menghilangkan racun dalam ginjal. Sebagai pengobatan, rebus daun parsley dalam sepanci air. Setelah mendingin, minumkan pada pasien.


Selain ketiga tumbuhan yang telah disebut dan dijelaskan di atas, ada 8 tumbuhan obat pembersih ginjal yang juga sanggup mendapatkan amanah dalam merawat organ ginjal kita. Untuk klarifikasi lengkapnya. Silahkan baca disini.


Demikian klarifikasi singkat mengenai macam-macam tumbuhan herbal untuk gagal ginjal, semoga bermanfaat.


Jika Anda ingin membeli bibit tanamannya, silahkan klik disini.



Sumber https://bibitbunga.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tanaman Herbal Untuk Gagal Ginjal"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel